Berbagai Pilihan Ide Usaha dengan Modal Kecil di Tahun 2023

30 Januari 2023

Wujudkan Ide Usaha Bisnis Anda

Maybank KUR

Ingin memulai usaha pada tahun 2023? Tidak perlu bingung dan takut. Anda bisa memulai merintisnya mulai sekarang. Banyak ide usaha modal kecil yang dapat Anda pilih dan lakukan.

Memulai usaha tidak harus selalu dengan modal besar. Anda dapat mengawalinya dengan modal kecil terlebih dulu. Baru setelah dirasa berjalan baik, Anda bisa mengembangkannya.

Ada beberapa ide usaha dengan modal kecil yang dapat Anda jalankan. Ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya, sehingga layak Anda coba pada tahun 2023. Berikut ini perinciannya:

1.  Usaha Makanan Ringan

Kuliner merupakan bidang usaha yang akan selalu memiliki pelanggan. Anda bisa menekuninya. Banyak jenis usaha kuliner yang dapat dipilih. Salah satunya makanan ringan.

Anda bisa membuat makanan ringan yang disukai oleh banyak orang atau yang sedang naik daun, seperti: keripik, kue atau tart, frozen food, pudding, dan sebagainya.. Buatlah seenak mungkin dengan harga bersaing. Sebab, biar bagaimanapun, kunci sukses usaha kuliner ada rasa yang nikmat.

Lalu, Anda bisa menjualnya mulai dari rumah dan juga titip di warung atau toko. Namun, Anda juga dapat membuka penjualan di toko online sehingga pelanggan Anda bisa semakin banyak dan mudah terjangkau.

2.  Usaha Kerajinan Tangan

Jangan sia-siakan keterampilan Anda dalam membuat kerajinan tangan. Jadikan itu sebagai bisnis yang akan Anda tekuni pada tahun 2023.

Kerajinan tangan selalu diminati oleh pelanggan. Anda hanya perlu memilih jenis craft yang Anda kuasai sekaligus disukai oleh banyak orang. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menjualnya.

Lalu, jika Anda memproduksi barang sendiri, Anda bisa menggunakan material yang murah dan mudah diperoleh. Hal ini akan menekan ongkos produksi sehingga modalnya bisa lebih kecil. Contoh-contoh kerajinan tangan yang bisa mulai dibikin: tas dari bahan daur ulang atau dari bahan alami, vas bunga dengan kreasi lukisan, dan lain sebagainya.

3.  Usaha Otomotif

Kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, Anda bisa membuka usaha di bidang otomotif karena banyak orang membutuhkannya.

Dari berbagai jenis bidang usaha otomotif, bengkel sepeda motor bisa menjadi pilihan. Dibanding bengkel mobil, modal yang diperlukan lebih kecil karena tempat yang dibutuhkan tidak terlalu luas.

Kalau memiliki keterampilan sebagai mekanik, Anda bisa mengerjakannya sendiri. dengan memilih lokasi yang strategis agar banyak calon pelanggan yang tahu keberadaan bengkel yang Anda kelola. Jika Anda mempunyai rekan yang bisa diajak kerjasama, Anda juga bisa melakukan usaha bersama sehingga bisa menekan modal yang akan dikeluarkan.

4.  Usaha Garment

Pakaian menjadi kebutuhan dasar manusia. Maka, peluang usaha dalam bidang ini selalu ada. Salah satunya usaha pembuatan kaos.

Anda bisa memulainya dengan modal kecil dulu. Misalnya dengan menjualnya sesuai pesanan. Anda dapat menawarkan desain kaos kepada calon pelanggan. Lalu, jika berminat, Anda bisa membuatkannya.

Untuk menekan biaya, Anda harus mencari supplier kain dan konveksi yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Selain itu, tentukan bahan kaos sesuai dengan modal yang Anda miliki, dan tak lupa juga Anda harus selalu mengikuti tren fesyen yang ada, sehingga bisa selalu up to date untuk tren dari kaos yang akan Anda jual.

Beberapa ide usaha modal kecil di atas bisa Anda jalankan. Namun jangan lupa, sebelum Anda melakukannya harus melalukan riset atau survey pasar terlebih dahulu agar tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen yang akan kita tuju. Lalu, jika siap untuk menjalankan usaha dan melakukannya dengan baik, Anda perlu mengembangkannya supaya semakin bertumbuh.

Untuk mengembangkan usaha, Anda memang memerlukan dukungan modal. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengajukan kredit kepada bank untuk bisa lebih membuat usaha Anda maju. Ajukan saja sesuai dengan rencana pengembangan bisnis yang Anda rancang.

Saat ini sudah tersedia Kredit Usaha Rakyat yang dapat Anda manfaatkan.  Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Dalam rangka ikut mendukung program pemerintah tersebut, Maybank juga turut andil dengan memberikan akses pembiayaan modal kerja maupun investasi dengan biaya dan bunga yang ringan. Anda bisa mengajukan Maybank KUR sebagai modal pengembangan usaha.

Banyak keunggulan Maybank KUR yang bisa Anda manfaatkan. Pertama, bunganya ringan. Tentu dengan bunga yang ringan tersebut akan memudahkan dalam mengelola keuangan usaha Anda. Selain itu, nilai kreditnya cukup besar, hingga mencapai Rp500 juta. Kebetulan jangka waktu pembiayaan Maybank KUR terbilang panjang, detailnya: untuk pembiayaan modal kerja, tenor maksimal empat tahun. Sedangkan untuk pembiayaan investasi, Anda bisa mendapat tenor hingga lima tahun.

Persyaratan yang diperlukan pun mudah. Setidaknya Anda mempunya usaha yang sudah berjalan minimal tiga tahun . Lalu kredit digunakan untuk tujuan produktif. Selain itu, jaminan yang diberikan bisa berupa tanah, bangunan, atau uang tunai. Untuk informasi lebih detail, silakan kunjungi tautan berikut ini

Mudah bukan? Yuk segera wujudkan ide usaha modal kecil yang dijelaskan sebelumnya jadi nyata. Lalu ajukan pembiayaan modal usaha ke Maybank KUR. Klik di sini jika ingin mengembangkannya agar semakin besar.