Cara Menabung di Bank dengan Dua Rekening atau Lebih

20 December 2019

Cara-Mengatur-Keuangan

Kebutuhan transaksi keuangan masa kini menuntut hampir semua orang untuk memiliki tabungan di bank. Sebagai salah satu cara untuk menyimpan uang bagi berbagai kebutuhan hidup baik saat ini maupun yang akan datang, manfaat menabung di bank benar-benar tidak bisa diremehkan dan harus dibiasakan sejak dini.

Tidak jarang, kebutuhan transaksi era modern membuat seseorang perlu memiliki lebih dari satu rekening tabungan untuk membagi penyimpanan uang. Cara membuka rekening tabungan lebih dari satu akun tidaklah sulit, asal Anda tahu syarat membuka tabungan kedua dengan baik dan memenuhinya.

Menabung di bank memberikan begitu banyak keuntungan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Adanya bunga dan bagi hasil.
  2. Keamanan dana terjamin.
  3. Praktis untuk bertransaksi.
  4. Memudahkan pengelolaan keuangan
  5. Tersedia pilihan untuk berinvestasi.

Cara-Mengatur-Keuangan

Kebutuhan untuk Membuat Lebih dari Satu Rekening di Bank

Lantas, dengan begitu banyak keuntungan dari menabung di bank, perlukah Anda membuat lebih dari satu rekening? Jika Anda memiliki satu atau lebih alasan di bawah ini, maka Anda perlu membuat lebih dari satu rekening di bank.

  1. Ingin memisahkan keuangan bisnis dan pribadi
  2. Ingin tidak terlihat beruang banyak untuk bisa berhemat
  3. Ingin menggunakan satu rekening khusus untuk kebutuhan tertentu.

Tidak dapat disangkal, banyak yang enggan memiliki lebih dari satu rekening karena alasan biasa administrasi, keruwetan mengatur dana, bingung mengalokasikan penggunaan, dan banyak lainnya. Agar Anda tidak terjebak dalam situasi tersebut, ini dia beberapa tips cara menabung di bank dengan lebih dari satu rekening.

  • Cek Dana dan Pisahkan Sesuai Kebutuhan Saat Gajian

    Saat gajian tiba, pisahkan dana yang ada sesuai kebutuhan dan tujuan rekening Anda. Memiliki catatan mana yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan tujuan khusus akan sangat membantu pengaturan keuangan dengan dua rekening.
  • Batasi Penggunaan ATM Hanya untuk Kebutuhan yang Benar-benar Penting
    Kemudahan penggunaan ATM untuk bertransaksi atau mengambil uang tunai bisa jadi senjata makan tuan. Batasi agar Anda tidak berlebihan menguras satu rekening sementara berpikir bahwa masih memiliki dana di rekening lainnya. Jika memungkinkan, bawa satu ATM saja untuk keperluan sehari-hari.
  • Cukup 1 (Satu) Akun m-Banking yang Digunakan Secara Aktif

    Tidak masalah memiliki akun m-banking untuk kedua rekening yang Anda miliki, hanya saja tetap dibatasi penggunaannya sebagaimana Anda menggunakan ATM. Jangan mencampur transaksi m-banking kedua rekening tersebut. Cukup gunakan secara aktif satu m-banking saja. Jika ingin sedikit ekstrim, hanya buat akun m-banking di satu rekening saja. Dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda untuk menahan diri untuk berbelanja.
  • Disiplin dalam Menabung

    Tidak ada yang lebih baik untuk mengatur keuangan selain niat menahan diri dan mengetahui cara menabung uang yang baik. Jangan habiskan semua dana yang Anda miliki adalah cara menabung yang benar. Tabunglah di satu rekening dan tidak digunakan apa-apa kecuali sangat dibutuhkan.

Cara-Mengatur-Keuangan

Kapanpun Anda membutuhkan dua rekening untuk mengelola keuangan Anda, Maybank Tabungan siap menjadi andalan untuk berbagai transaksi. Maybank Tabungan juga hadir dengan berbagai kemudahan seperti pembukaan rekening secara online melalui M2U ID App atau Maybank2u.

Cara membuka tabungan yang mudah ini membuat Anda tidak perlu antri di bank hanya untuk membuka rekening baru di tengah jam sibuk Anda. Dengan beragam fitur masa kini, Buka tabungan via M2U ID App bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan pengelolaan dana Anda.

Bagaimana Cara Buka Maybank Tabungan melalui M2U ID App?

  1. Download M2U ID di Play Store atau App Store
  2. Sediakan eKTP, foto selfie dan Ikuti 5 langkah mudah buka Maybank Tabungan.
  3. Kartu Debit akan langsung di kirimkan ke alamat korespodensi.  Segera lakukan aktivasi melalui M2U ID App jika Kartu Debit sudah diterima.

Panduan Pembukaan Rekening Maybank

Source:
https://www.cermati.com/artikel/inilah-kelebihan-dan-kekurangan-menabung-di-bank
https://economy.okezone.com/read/2018/03/11/320/1871119/menabung-dengan-pakai-tips-dua-rekening-inilah-caranya
https://www.cermati.com/artikel/mau-menabung-di-dua-rekening-berbeda-ikuti-tips-berikut
https://gaya.tempo.co/read/1169496/mana-lebih-baik-punya-banyak-tabungan-di-bank-atau-cukup-satu
https://journal.sociolla.com/lifestyle/dua-rekening-bank
https://personalfinance.kontan.co.id/news/perlukah-memiliki-banyak-rekening-tabungan