5 Tricks to Grow You Business

29 January 2019

5 Trik agar Bisnis Kian Besar dan Mapan

Hampir tidak ada seorang pun pengusaha  di dunia ini yang ingin usahanya mundur atau bahkan malah gagal sama sekali. Semuanya senantiasa mendambakan bisnisnya tumbuh, serta makin mapan dari hari ke hari.

Bagaimana Cara Buka Maybank Tabungan melalui M2U ID App?

  1. Download M2U ID di Play Store atau App Store
  2. Sediakan eKTP, foto selfie dan Ikuti 5 langkah mudah buka Maybank Tabungan.
  3. Kartu Debit akan langsung di kirimkan ke alamat korespodensi.  Segera lakukan aktivasi melalui M2U ID App jika Kartu Debit sudah diterima.

Panduan Pembukaan Rekening Maybank

Namun, bukan berarti demi tercapainya cita-cita tersebut, pengusaha lantas langsung mengambil langkah-langkah ceroboh atau tanpa perhitungan. Alih-alih usaha tambah besar, yang ada malah bisnis bisa terancam karam.


Untuk itu, perlu strategi jitu untuk mengembangkan peluang bisnis agar tidak malah terjerumus ke jurang kegagalan bisnis. Ini dia 5 trik yang dapat dilakukan agar bisnis kian besar dan mapan.

1. Menambah jenis produk/jasa


Meski produk atau jasa yang ditawarkan telah mendapat respons positif pasar, bukan berarti Anda boleh berpuas diri. Terobosan-terobosan selayaknya dilakukan agar bisnis dapat terus menanjak.


Salah satu caranya misalkan dengan menambah produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen.


Tentu saja, ini bukan berarti Anda langsung menambah produk atau jasa tanpa perhitungan sama sekali. Perlu dilakukan riset terlebih dahulu terhadap konsumen maupun masyarakat luas mengenai prospek produk atau jasa baru tersebut.

2. Memperluas jangkauan distribusi

Memperluas jangkauan bisnis berarti membuka peluang mendapatkan konsumen baru di lokasi-lokasi yang selama ini belum pernah atau jarang Anda garap. Calon-calon konsumen bisa jadi selama ini tidak membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda hanya karena jarak yang dirasa terlalu jauh.

Dengan mendekatkan jarak antara bisnis Anda pada calon konsumen, akan memudahkan mereka membeli produk Anda. Ini bisa dicapai dengan misalnya membuka cabang baru, menambah titik-titik layanan baru di luar kota, atau memperbanyak jumlah petugas pengantaran.

3. Membidik target konsumen baru


Langkah ini juga perlu diawali dengan riset pasar yang hati-hati dan memadai. Itu bertujuan agar Anda bisa mengungkap tipe konsumen seperti apa yang potensial.


Cobalah menawarkan produk perawatan tubuh pada para pria, perlengkapan kegiatan outdoor bagi perempuan, atau jenis gadget kekinian bagi ibu rumah tangga. Langkah-langkah tersebut merupakan contoh bagaimana sebuah produsen berusaha membidik target konsumen baru yang selama ini belum tergarap.

4. Menambah kanal pemasaran

Langkah ini jadi pilihan banyak pengusaha guna meningkatkan nilai bisnis mereka. Ditambah dengan perkembangan teknologi digital, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan cara-cara kekinian.

Jika sebelumnya pemasaran bisnis yang Anda jalankan hanya secara konvensional atau offline, saat ini sudah saatnya merambah dunia online. Ini tidak hanya terbatas dengan membuat website atau memasang produk di marketplace, aktifkan pula media sosial untuk promosi lebih maksimal.

Namun jangan sampai terlewat ketika go online, Anda juga mesti memerhatikan sejumlah hal. Misalnya, dengan menerapkan search engine optimization (SEO) atau metode optimalisasi pemasaran lain.


5. Diversifikasi usaha

Melakukan diversifikasi usaha juga salah satu trik yang bisa dilakukan guna membesarkan bisnis Anda. Bisa jadi ada calon konsumen lain yang sudah mengenal bisnis Anda, namun karena jenis usahanya bukan yang mereka butuhkan, maka belum banyak transaksi bisnis yang terjadi.

Jika Anda memiliki bisnis agen perjalanan, misalnya, tidak ada salahnya melakukan diversifikasi dengan juga membuka restoran.

Trik bisnis apapun yang akan diambil, tentunya Anda membutuhkan dana tambahan untuk mewujudkannya.


Namun jangan bingung, karena hal tersebut bukanlah masalah besar lagi. Maybank bisa menjadi partner tepat bagi Anda dalam meraup peluang bisnis.


Terlebih lagi, dengan berbagai macam layanan perbankan dan finansial yang ditawarkannya. Sebut misalnya, KPM Niaga atau Kredit Pemilikan Mobil Niaga yang memfasilitasi pembiayaan kala Anda ingin membeli kendaran baru untuk aktivitas bisnis.

Ada lagi opsi lainnya bertajuk SEMARAK (Solusi Elektronik Mata Rantai Keuangan), yang menyediakan pembiayaan untuk distributor, dealer, dan supplier. Bahkan, ada juga layanan cash management. Ini sangat tepat untuk Anda yang ingin membangun rantai jaringan penyedia barang dari hulu sampai hilir.

Anda juga patut melirik layanan pembiayaan Maybank lainnya, seperti Solusi Jaringan Perdagangan Ritel (SINERGI). Ini adalah layanan pembiayaan usaha yang bisa menjangkau usaha mikro atau kecil, terutama agen, reseller, dan retailer yang berada di daerah- daerah.

Melalui berbagai fasilitas pembiayaan yang disediakan Maybank untuk pengembangan bisnis, kini tinggal seberapa cepat Anda mau memanfaatkannya. Salam sukses!