Perhatikan Prinsip Berikut Saat Berinvestasi

29 January 2019

Perhatikan Prinsip Berikut Saat Berinvestasi

Mereka yang melakukan investasi keuangan biasanya menyimpan keinginan memaksimalkan aset yang dimiliki, agar semakin berkembang di kemudian hari.


Meski memberi potensi keuntungan berlipat di masa mendatang, penting berhati-hati sebelum mengambil keputusan soal investasi. Alih-alih mendapatkan untung, tidak sedikit yang justru merugi karena salah mengambil langkah atau tidak benar-benar paham dalam melakukan kegiatan satu ini.

Investasi Dengan Praktis dan Mudah di M2U ID App

Panduan Pembukaan Rekening Maybank

Tanamkan dalam benak, tujuan berinvestasi memang untuk meraih hasil maksimal, namun perlu juga menyadari bahwa investasi pun ada potensi resikonya. Namun, risiko tersebut bisa diminimalkan bila Anda menerapkan strategi yang tepat.


Sebagai referensi, Anda dapat mengikuti jurus sosok termasyhur dunia investasi, misalnya Warren Buffett. Berikut beberapa hal yang perlu dipahami saat terjun ke dunia investasi:


Meniru Prinsip Bijak


Salah satu prinsip berinvestasi yang diyakini Warren Buffett adalah tidak perlu menunggu menjadi orang yang mahir. Menurutnya, berinvestasi adalah soal memanfaatkan peluang.


Lebih lanjut, investor bijak adalah sosok yang tegas dan mampu selalu fokus dalam mengembangkan investasinya.


Bersabarlah dalam Investasi


Kesalahan yang acap kali terjadi pada investor mula adalah terlalu terburu-buru ingin mendapatkan keuntungan. Padahal, kita memerlukan waktu untuk dapat mencapai target keuntungan investasi keuangan yang telah ditetapkan. Pelajari dengan cermat pilihan investasi supaya Anda meraih keuntungan maksimal.


Kembali pada prinsip utama, tidak ada hasil instan dalam berinvestasi. Semakin panjang waktu investasi, maka bisa semakin tinggi pula nilai investasinya. Seperti itulah prinsip investasi yang mesti dipahami terlebih dahulu.


Instrumen lain, seperti kondisi pasar, sentimen positif maupun negatif, juga turut mempengaruhi seberapa lama jangka waktu perolehan keuntungan investasi Anda.


Jangan Mudah Panik saat Harga Saham Turun


Meskipun hal ini selalu menjadi momok menakutkan di dunia investasi, tetapi seorang investor yang bijak justru mampu melihatnya sebagai peluang. Sebab, pasar saham akan senantiasa bertumbuh dalam jangka panjang.


Sebagai contoh sederhana, ketika Anda menaruh investasi saham pada perusahaan berkualitas yang tengah berkembang maka nilai sahamnya berpotensi terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tidak jarang pula nilai saham suatu perusahaan justru melambung lebih tinggi dibandingkan nilai awalnya, meski sempat mengalami fluktuasi.


Kuncinya adalah jangan gegabah sewaktu mengambil keputusan dan hindarkan rasa takut yang bisa jadi terlalu menguasai pikiran Anda.


Menentukan Wadah Investasi


Selain kecermatan dan keyakinan dalam diri seseorang, wadah investasi pun menjadi hal penting. Prinsipnya tidak sulit, Anda bisa memilih wadah investasi yang telah dipercaya banyak orang.


Salah satu wadah yang bisa Anda percayakan, misalnya investasi di bank Maybank Indonesia. Lembaga finansial itu menyediakan aneka ragam solusi investasi bagi Anda.


Melalui Maybank Premier Wealth, misalnya, Anda dapat merasakan investasi dengan dukungan optimal menuju kemapanan finansial pribadi. Maybank pun memiliki serangkaian produk investasi yang dapat disesuaikan dengan rencana keuangan Anda.


  • Produk investasi yang pertama adalah Reksa Dana. Di tengah banyaknya pilihan produk investasi, Maybank menghadirkan Reksa Dana dari berbagai asset class dan dikelola secara profesional oleh manajer investasi yang teruji dan memiliki latar belakang mumpuni dalam bidang pengelolaan investasi.


  • Maybank memiliki produk investasi lain, contohnya surat utang negara (SUN) dengan denominasi mata uang IDR dan USD, baik konvensional maupun berbasis syariah. Perlu diketahui, obligasi pemerintah merupakan instrumen investasi yang dilindungi oleh undang-undang dan Maybank telah dipercaya pemerintah untuk menjadi salah satu mitra perbankan penyedia investasi tersebut sejak 2007.


Jadi, sudah siapkah Anda menjalankan investasi keuangan? Mari tumbuhkan investasi Anda bersama Maybank.