Imlek, Kota-Kota Ini Punya Perayaan Paling Meriah di Dunia

09 January 2019

Tahun Baru Cina atau yang juga dikenal dengan Imlek di Indonesia adalah salah satu perayaan terbesar di dunia. Nuansa karnaval yang penuh warna merah dan emas bisa membuat liburan kita semakin semangat. Mumpung perayaan Imlek baru akan datang di Februari, rasanya sekarang waktu yang tepat untuk mempersiapkan. Mari dimulai dari menentukan kota mana yang ingin Anda tuju.

Sydney

Dulunya, perayaan Imlek di Sydney dimulai dari event komunitas kecil, dan sekarang telah berubah menjadi salah satu perayaan Imlek paling meriah di dunia. Saat Imlek, kita akan melihat Sydney menjelma menjadi kota yang penuh warna dan lampu. Lampion-lampion menghiasi banyak sudut kota, banyak pertunjukan seni jalanan, dan yang paling penting, banyak berdiri pedagang makanan!

Pusat perayaan tentu saja ada di Chinatown dan salah satu kegiatan yang paling ramai ditonton adalah dragon boat race. Para pendayung akan beradu kecepatan dalam sampan naga sepanjang 12 meter dilengkapi tabuhan drum di setiap sampan. Acara ini akan diadakan di Darling Harbor.

San Francisco & Los Angeles

California adalah negara bagian yang paling tepat untuk dikunjungi kalau ingin merayakan Imlek di Amerika Serikat (AS). Pusatnya ada di San Francisco (SF) dan Los Angeles (LA), dua kota dengan jumlah masyarakat keturunan Tionghoa paling banyak di AS. Kedua kota ini akan menjelma menjadi lokasi yang paling meriah ketika Imlek.

Di LA, perayaan biasanya akan dimulai dari salah satu kelenteng pada tengah malam tahun baru. Kemudian seluruh LA akan menjadi tempat pesta dimana kita bisa melihat festival. Pengunjung akan bisa bermain games-games seru, melihat penampilan tarian tradisional Cina, makan-makan dengan berbagai menu street food yang dahsyat, sampai main petasan.

Sementara di SF, kita bisa melihat salah satu parade malam hari khas Imlek. Parade ini disebut sebagai salah satu yang paling meriah di dunia. Jangan lupa untuk bawa kamera karena kita akan bisa melihat parade barongsai dengan naga yang sangat panjang, dragon boat yang diarak keliling kota, juga pemandangan khas karnaval lainnya.

London

London mungkin terhitung baru sebagai kota yang merayakan Imlek dengan festival khusus. Namun, kota ini mengklaim perayaan Imleknya sebagai yang paling meriah di luar Asia. Pusat perayaan Imlek di London ada di Trafalgar Square, Chinatown, dan Shaftesbury Avenue. Siap-siap untuk bingung memilih pergi kemana.

Acara utama akan mulai sekitar pukul 12 siang di Trafalgar Square dimana ada panggung utama yang menampilan tarian dan pertunjukan music tradisional Cina, juga beberapa pertunjukan kontemporer, plus penampilan beberapa artis dari Cina. Untuk menikmati makanan, di Trafalgar Square tersedia banyak food truck, sementara untuk restoran Cina dengan menu yang spesial ada di daerah China town. Jangan lupa untuk lebih dulu membuat reservasi jauh hari karena restoran-restoran di sana selalu sudah fully booked ketika Imlek. Di Leicester Square, kita bisa melihat berbagai kegiatan yang lebih cocok untuk keluarga dengan anak. Misalnya pertunjukan pembuatan kaligrafi, pertunjukan musik, dan juga bisa foto-foto menggunakan pakaian tradisional Cina. Untuk yang lebih menantang, datang ke Shaftesbury Avenue di mana kita bisa menonton pertunjukan seni bela diri tradisional Cina.

Singkawang dan Medan

Di negara kita tercinta Indonesia, perayaan Imlek juga tidak kalah meriah. Beberapa kota yang paling heboh merayakannya adalah Singkawang di Kalimantan Barat dan juga Medan, Sumatera Utara. Coba mulai pesan tiket pesawat dan mereservasi tempat tinggal sekarang karena kedua kota ini akan sangat sibuk melayani pengunjung dari berbagai kota, bahkan dari mancanegara.

Perayaan Imlek di Singkawang biasanya akan makin meriah pada 15 hari setelah Imlek, yaitu pada perayaaan Cap Go Meh. Nuansa Singkawang akan sanga berbeda dengan kota lain karena akan penuh dihiasi lampion dan pernak-pernik khas Imlek. Salah satu pertunjukan yang banyak dibicarakan orang adalah parade Imlek-nya. Selain barongsai dengan gerakan tarian yang menantang, kita bisa melihat berbagai macam seni bela diri di Singkawang. Termasuk, yang paling terkenal, ketika para peserta parade menyayatkan pedang dan senjata tajam lainnya ke tubuh mereka tanpa ada satu tetes pun darah yang keluar. Perayaan ini sudah menjadi salah satu festival yang banyak didatangi turis mancanegara.

Untuk Medan, salah satu kegiatan paling penting merayakan Imlek di sana adalah dengan pesta kuliner! Medan sebagai salah satu pusat makanan khas Cina yang paling dahsyat di Indonesia akan menyajikan festival kuliner yang memuaskan perut. Selain itu, ada juga berbagai penampilan seni dan barongsai. Semakin malam, acara-acara ini juga akan semakin meriah.

Beijing

Sebagai ibu kota Cina, Beijing tentu saja menjadi ibu dari seluruh perayaan Imlek di dunia. Namun bagi masyarakat setempat atau mereka yang memiliki keluarga di Cina, perayaan Imlek adalah tentang keluarga. Maka kebanyakan akan menghabiskan waktu bersama keluarga, berdoa pada leluhurnya. Bagi Anda yang memiliki darah keturunan Tionghoa, coba cari tahu dari mana asal leluhur Anda. Mungkin, Beijing bukan tempat yang paling menarik untuk dikunjungi, melainkan justru ke kota tempat asal leluhur Anda, sehingga makna Imlek akan lebih terasa.

Meski demikian, bagi yang tidak memiliki keluarga di sana, Beijing tentu tetap akan menarik dikunjungi. Salah satu perayaan yang khas dan tidak ada di tempat lain berlokasi di Ditan Temple Fair. Di sini, kita bisa melihat replikasi upacara tradisional dan suci khas era dinasti Qing (1636-1911). Upacara ini dilakukan untuk berdoa memohon atas kemakmuran dan kedamaian. Acara biasanya diakadan selama lima hari pertama Imlek dan setiap harinya akan ada dua orang pengunjung yang secara acak dipilih untuk bisa bergabung mengikuti upacara tersebut.

Hong Kong

Terakhir, jangan lupa untuk mempertimbangkan Hong Kong sebagai tempat yang paling fun untuk merayakan Imlek. Pada perayaan tahun baru Cina, setiap sudut Hong Kong yang khas metropolitan akan menjelma bernuansa Imlek. Di sini kita bisa melihat bagaimana Imlek dirayakan dengan perpaduan nuansa kontemporer. Di Disney Land pun, kita akan merasakan para tokohnya merayakan Imlek.

Pusat perayaan Imlek di Hongkong akan ada di dua lokasi utama, yaitu Victoria Harbor dan jalanan Tsim Sha Tsuji. Di Victoria Harbor, kita akan bisa melihat pertunjukan khas kawasan ini, lampu dan kembang api. Namun, di saat Imlek, pertunjunkan yang dilakukan di antara gedung-gedung bertingkat dan diatur sistematis dengan mesin tersebut, akan menjadi jauh lebih cantik. Jangan lupa cek jadwal pertunjukan terlebih dahulu, sebelum pergi ke sana, dan pastikan datang lebih awal agar dapat tempat yang strategis. Sementara di Tsim Sha Tsuji, kita akan melihat parade khas Imlek dengan berbagai pertunjukan tarian, seni bela diri, juga penampilan artis-artis lokal, sembari tentu saja menikmati makanan dari kedai-kedai pinggir jalan. (*)