05 Januari 2024

PEMBERITAHUAN

IMPLEMENTASI ONE DEVICE BINDING - M2U ID APP


Nasabah yang terhormat,

Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan Nasabah dalam bertransaksi melalui M2U ID App (mobile banking), PT Bank Maybank Indonesia, Tbk mewajibkan penggunaan M2U ID App hanya melalui 1 perangkat saja (One Device Binding) dengan kondisi fitur Secure2u yang sudah aktif.

  1. Apa itu One Device Binding dan apakah saya terdampak dengan adanya implementasi ini?
    Implementasi M2U ID App – One Device Binding adalah sebagai berikut:
    Kondisi Dampak
    Nasabah mengakses M2U ID App hanya melalui 1 perangkat saja, dengan kondisi Secure2u sudah aktif Nasabah dapat langsung login M2U ID App dan hanya akan terdampak jika Nasabah melakukan penggantian perangkat
    Nasabah mengakses M2U ID App melalui lebih dari 1 perangkat, dengan salah satu perangkat saja yang sudah aktivasi Secure2u Nasabah akan diarahkan untuk login menggunakan perangkat dengan Secure2u yang aktif, sedangkan perangkat lainnya akan dihapus sebagai perangkat terdaftar M2U ID App
    Nasabah mengakses M2U ID App melalui lebih dari 1 perangkat, dan belum pernah melakukan aktivasi Secure2u Nasabah akan diarahkan untuk mengaktifkan Secure2u pada perangkat yang lebih dulu digunakan untuk login M2U ID App. Perangkat lainnya akan dihapus sebagai perangkat terdaftar M2U ID App setelah Nasabah berhasil melakukan aktivasi Secure2u dan login pada perangkat dengan Secure2u yang telah aktif tersebut
  2. Apa manfaat dari implementasi One Device Binding M2U ID App?
    Penggunaan M2U ID App yang kini hanya dapat diakses melalui 1 perangkat saja semakin meningkatkan keamanan bertransaksi bagi Nasabah dan dapat meminimalisir potensi account takeover oleh fraudster, pihak yang tidak bertanggung jawab, maupun tindak kejahatan lainnya. Penggunaan 1 perangkat mewajibkan Secure2u yang aktif sebagai salah satu faktor otentikasi yang bersifat “What you know”.
  3. Apakah terdapat biaya dalam implementasi One Device Binding M2U ID App?
    Tidak ada biaya yang dikenakan kepada Nasabah dalam implementasi One Device Binding M2U ID App.
  4. Apa saja yang perlu diantisipasi dari implementasi One Device Binding M2U ID App?
    Antisipasi keamanan penggunaan 1 perangkat M2U ID App:
    1. Jaga kerahasiaan Secure2u passcode / password / PIN Anda.
    2. Hindari mengakses M2U ID App menggunakan perangkat dengan nomor handphone yang tidak sesuai dengan nomor handphone yang terdaftar di sistem Bank.
    3. Saat melakukan aktivasi Secure2u dan pindah perangkat berhasil, Anda akan menerima notifikasi melalui email, SMS, maupun push notifikasi. Pastikan notifikasi Anda dalam keadaan menyala. Jika Anda tidak merasa melakukannya, maka Anda dapat langsung menghubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau +622178869811 (dari luar negeri).
    4. Selalu aktifkan kunci perangkat untuk menghindari diaksesnya perangkat oleh pihak lain.
  5. Bagaimana bila mengalami kendala terkait One Device Binding?
    Nasabah dapat menghubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau +622178869811 (dari luar negeri), atau melalui email ke customercare@maybank.co.id (Senin – Jumat pukul 08:00 – 20:00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08:00 – 17:00 WIB), atau kunjungi Kantor Cabang Maybank terdekat untuk bantuan lebih lanjut.

Panduan Aktivasi Secure2u

Terima kasih

Hormat kami
Maybank Indonesia