Maybank Indonesia Berbagi Tanggap Bencana

 

Jakarta, 9 Maret 2021 – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) melalui inisiatif corporate social responsibility (CSR) Maybank Indonesia Berbagi memberikan bantuan bagi korban bencana alam yang belakangan terjadi di Indonesia.

Bantuan kepada korban gempa bumi Mamuju telah diserahterimakan melalui karyawan Maybank KCP Mamuju, yang dipimpin Ahmad, Branch Manager Kantor Cabang Induk Maybank Indonesia Mamuju kepada Gubernur Sulawesi Barat  Drs H Andi Ali Baal Masdar, M. Si pada akhir Februari 2021.  Total bantuan Maybank Indonesia untuk korban bencana di daerah ini mencapai Rp60 juta dan menyasar kepada 250 penerima manfaat.

Donasi tersebut kemudian dikemas dalam paket yang berisi barang-barang yang bermanfaat untuk membantu para korban bencana yang membutuhkan pasokan makanan, minuman, obat-obatan dan logistik lain yang diperlukan.

Selain bantuan tersebut, Maybank Indonesia bersama-sama pelaku industri perbankan juga turut serta dalam penggalangan dana yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan bantuan bagi korban bencana alam termasuk tanah longsor di Sumedang, banjir di Kalimantan Selatan, gempa bumi di Sulawesi Barat, gunung meletus di JawaTimur (Gunung Semeru) dan Yogyakarta (Gunung Merapi). Untuk kelima area ini, Maybank Indonesia menyerahkan bantuan sebesar Rp120 juta.  Bantuan diserahkan OJK bersama pelaku industri perbankan kepada korban bencana melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berdasarkan data BNPB, longsor di Sumedang pada 9 Januari 2021 telah menelan korban sebanyak 36 orang meninggal dunia dan 1.020 orang harus mengungsi.  Sementara dua kali gempa bumi  5,9  dan 6,2 magnitudo di Majene Sulawesi Barat pada 14-15 Januari 2021 telah mengakibatkan 81 orang meninggal dunia, 1.150 rumah rusak dan 15 sekolah terdampak ,serta 27 ribu orang mengungsi.  Dan banjir di Kalimantan Selatan pada 12 Januari 2021 telah menelan korban sebanyak 15 orang meninggal dunia, 39.549 orang terdampak banjir serta 3.571 rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

"Selaras dengan misi humanising financial services, kami memiliki komitmen untuk selalu berada di tengah masyarakat di sekitar wilayah operasi Maybank Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam dengan ikut meringankan beban para korban bencana, dimana karyawan kami ikut menjadi saksi dan ikut ambil bagian dalam penyerahan donasi," kata Irvandi Ferizal, Direktur Maybank Indonesia.  “Komitmen ini selaras dengan salah satu pilar CSR Maybank Indonesia Berbagi, yang memiliki kepekaan terhadap situasi yang terjadi di tanah air khususnya ketika terjadi bencana alam,” jelasnya.

“Kami bersama jajaran industri perbankan dan OJK bermaksud ikut ambil bagian dalam upaya-upaya meringankan beban dan penderitaan saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana di kelima area tersebut.  Kami yakin sumbangsih ini akan bermakna besar bagi saudara-saudara kita yang membutuhkannya,” lanjut Irvandi. 
Pelaksanaan CSR Maybank Indonesia Berbagi merupakan bagian dari itikad baik perusahaan sebagai good corporate citizen untuk menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, sejalan dengan makna berbagi (sharing) yang merupakan wujud nyata dari itikad baik untuk peduli kepada sesama.

********

Catatan untuk Editor

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U ID App Mobile Banking, Maybank2u Internet Banking dan berbagai saluran lainnya.

Per Desember 2020, Maybank Indonesia memiliki 361 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 Mobil Kas Keliling dan 1.428 ATM termasuk 79 CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei.  Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp115,0 triliun dan memiliki total aset senilai Rp173,2 triliun pada akhir Desember 2020.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Dimas Tjahjono Dradjat, Media Relations & Management, Head
Email: CCommunications@maybank.co.id
Telp: +6221 2922-8888