Ide Investasi Untuk Jangka Panjang

21 November 2022

Investasi Dengan Mudah & Praktis

Cara Buka Investasi Reksadana

Mulailah berinvestasi dari sekarang. Lalu, tunggu hasilnya kelak di kemudian hari. Makin lama jangka waktunya, keuntungannya bakal bertambah besar. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu beberapa ide investasi jangka panjang yang dapat dipilih.

Investasi sering hanya dimengerti sebagai penanaman uang untuk modal usaha. Namun, menurut Investopedia, investasi dapat pula dipahami sebagai pembelian aset atau barang dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau peningkatan nilai.

Maka dari itu, investasi bisa berupa finansial maupun fisik. Satu hal yang pasti, investasi berkaitan dengan pengeluaran sejumlah modal dengan harapan akan mendapat hasil yang lebih besar pada masa depan. Dengan kata lain, uang atau aset akan dikembangkan sedemikian agar memberikan keuntungan di masa mendatang.

Manfaat investasi sangat banyak. Ambil contoh investasi jangka panjang. Biasanya ini akan menghasilkan kenaikan nilai baik modal maupun aset. Pertumbuhannya bahkan bisa lebih tinggi dari nilai bunga tabungan.

Bukan hanya itu, investasi dapat pula memberikan penghasilan tambahan buat investor. Khusus buat investasi jangka panjang, efek compounding atau bunga bergulung akan memberikan imbal hasil yang menggiurkan.

Tertarik untuk mulai berinvestasi? Ini beberapa ide investasi jangka panjang yang dapat Anda pilih. Sesuai namanya, hasil jenis investasi ini baru mulai dinikmati paling cepat di atas tiga tahun. Biasanya justru di kisaran lima tahun atau puluhan tahun.

Saham

Saham dapat diartikan sebagai bukti kepemilikan nilai perusahaan atau bukti penyertaan modal. Investor bisa membelinya di pasar modal untuk memperoleh saham sebuah perusahaan terbuka.

Saham merupakan salah satu contoh investasi jangka panjang yang memberi imbal hasil tinggi. Investor bisa memperoleh profit dari kenaikan nilai saham serta dividen. Namun, karena return yang didapat besar, risiko berinvestasi saham juga tinggi.

Logam Mulia

Termasuk sebagai investasi fisik, logam mulia seperti emas merupakan pilihan menarik untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Dibanding saham, risikonya lebih rendah, sehingga pas buat investor konservatif.

Namun, dibandingkan saham, hasil yang didapat juga akan lebih kecil. Meski begitu, harga emas dalam jangka panjang cenderung naik. Investor dapat mengambil keuntungan dari sini.

Properti

Properti merupakan contoh investasi jangka panjang yang aman. Risikonya terbilang rendah karena harga properti cenderung naik. Investor pun dapat mendapat keuntungan dari hasil sewa properti.

Meski begitu, investor harus mampu memilih properti yang tepat supaya nilainya berkembang. Selain itu, akan ada biaya perawatan yang mesti dikeluarkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kejelian sebelum memutuskan berinvestasi ke properti.

Deposito

Deposito merupakan simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

Ini adalah pilihan investasi jangka panjang dengan risiko terendah. Anda bisa menyimpan sejumlah uang ke deposito dengan tujuan mendapatkan hasil berupa bunga.

Dibanding simpanan biasa, bunga deposito memang lebih tinggi. Namun, nilainya masih mungkin kalah dari inflasi.

Reksa Dana

Menurut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Reksa Dana merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi. Hasilnya kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Reksa Dana merupakan pilihan pas bagi investor yang ingin meraup imbal hasil tinggi, namun tidak mau menanggung risiko tinggi seperti saham. Selain itu, dibanding saham, reksa dana lebih terjangkau. Cocok untuk investor pemula yang ingin berinvestasi jangka panjang.

Beberapa ide investasi jangka panjang itu dapat Anda pilih. Namun, dari semuanya, investasi reksa dana paling direkomendasikan apabila Anda belum memiliki pengalaman dalam berinvestasi. Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang menarik dengan risiko yang dapat dikelola, misalnya dengan melakukan diversifikasi investasi ke beberapa kelas aset reksa dana yang berbeda untuk meminimalisasi risikonya.

Selain itu, Anda tidak perlu memantau investasi dari hari ke hari. Ada Manajer Investasi berpengalaman yang akan melakukannya secara profesional. Tidak perlu khawatir dengan transparansi, Harga unit penyertaan reksa dana dapat dilihat di sejumlah media. Selain itu, investasi tersebut juga disimpan pada Bank Kustodian (BK), bukan pada Manajer Investasi, sehingga keamanannya terjamin.

Investasi reksa dana juga bisa dimulai dari Rp100 ribu dan terbilang likuid. Jika mau, Anda bisa menjual unit penyertaan reksa dana sewaktu-waktu karena Manajer Investasi wajib membeli kembali unit penyertaannya dari investor.

Tertarik untuk berinvestasi reksa dana? Segera pilih Reksa Dana dari Maybank Investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional untuk memberikan imbal hasil menguntungkan. Selain itu, Anda pun bisa membelinya dengan mudah hanya dalam genggaman melalui M2U ID App

Tunggu apa lagi? Investasi Reksa Dana untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.