5 Tips Mengelola Keuangan untuk Generasi Sandwich

18 Februari 2022

Generasi Sandwich

Buka Tabungan U via M2U ID App

Panduan Buka Tabungan U

Menjadi generasi sandwichpasti tidak mudah. Generasi sandwich pada umumnya terjadi pada milenial yang baru memiliki keluarga. Sebagian besar orang yang sedang masuk usia produktif ini harus menanggung hidup keluarga kecil seperti istri dan anak sekaligus orang tua yang sudah lagi tidak produktif. Banyaknya beban tanggung jawab para generasi sandwich harus segera mulai diurai dengan cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

Agar bisa mengurangi beban dan bisa mengelola keuangan dengan baik, 5 tips dalam mengelola keuangan untuk para generasi sandwich ini bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Berbagi Beban

Memenuhi kebutuhan orang tua dan keluarga sendiri memang berat. Jika Anda memiliki saudara, hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba berkomunikasi tentang masalah ini dengan mereka. Anda bisa tanyakan apakah bisa berbagi beban untuk menanggung orang tua atau tidak.

2. Catat Pengelolaan keuangan

Jika tidak bisa berbagi beban dengan saudara, Anda harus merinci pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Selain itu, Anda harus mencatat tanggungan setiap bulan terhadap orang lain yang sudah menjadi tanggung jawab. Mengetahui alur keluar masuk biaya hidup adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan.

3. Buat Rencana Keuangan

Setelah Anda mencatat pengelolaan keuangan, buatlah rencana keuangan dengan baik dengan melihat kebutuhan mana yang bisa Anda hemat. Jika penghasilan dan pengeluaran minus, mulailah berpikir untuk menormalkan arus kas bulanan sampai akhirnya menjadi positif atau tidak lagi minus. Agar lebih mudah mengatur rencana keuangan Anda bisa buka tabungan digital yang memberikan banyak keuntungan seperti Maybank Tabungan U diantaranya:

  • Bebas biaya transaksi tarik tunai di Bank lain.
  • Bebas biaya transfer online ke Bank lain melalui M2U ID App atau M2U ID Web.
  • Bebas biaya admin setiap bulannya.

Untuk detail produk Maybank Tabungan U, bisa Anda klik disini

4. Jeli Memanfaatkan Promo Bank

Nasabah dapat menikmati penawaran spesial di berbagai merchant yang menjalin kerjasama dengan Maybank sehingga Generasi Sandwich bisa hemat setiap hari walaupun belanja atau melakukan transaksi.

5. Pisahkan Rekening Transaksi dan Rekening untuk Tabungan

Miliki Maybank Tabungan U atau U iB yang berfungsi sebagai rekening utama untuk bertransaksi sehari-hari seperti, belanja, bayar tagihan bulanan, transfer antar bank hingga top up e-wallet. Dan aktivasi rekening U Goal Saver / U Goal Saver iB yang berfungsi sebagai rekening untuk menabung. Tersedia pilihan nabung rutin mulai dari Rp100.000,-/bulan dengan beragam pilihan periode menabung yang cocok bagi Generasi Sandwich.

5 tips di atas bisa kamu lakukan mengingat pentingnya bijak dalam mengelola keuangan agar beban sebagai generasi sandwich bisa sedikit demi sedikit diatasi. Bersama Maybank Indonesia, Anda bisa mengelola keuangan dalam menjalankan hidup yang baik serta menyiapkan dana untuk masa depan dengan mudah dalam satu genggaman melalui M2U ID App