Cara Menghitung Bunga Deposito yang Mudah

27 Desember 2021

Deposito merupakan salah satu produk simpanan yang dikeluarkan sebuah perbankan. Berbeda dengan tabungan, deposito adalah sebuah produk investasi bagi investor dengan risiko paling rendah diantara produk investasi lainnya. Karenadeposito sebuah investasi, para pemilik deposito akan mendapatkan bunga deposito dari uang yang mereka simpan. Anda harus tahu bagaimana cara menghitung bunga deposito agar bisa menjadi acuan nilai uang yang bisa Anda dapatkan ketika ingin melakukan deposito disebuah bank.

Sebelum Anda melakukan deposito, Anda wajib tahu bahwa akan ada beban pajak bunga deposito sebesar 20%. Besarnya jumlah pajak bunga  deposito yang akan dibebankan pada Anda sudah tercatat dalam PPh Pasal 4 Ayat 2. Agar Anda bisa lebih mudah melihat profit saat menyimpan uang deposito, berikut cara menghitung bunga deposito yang bisa dengan mudah Anda pahami:

Bunga deposito = Dana deposito x Suku bunga deposito x Tenor (dalam satuan bulan)/ 12 (Bulan) x 80% (100% - 20% pajak bunga deposito)

Contoh menggunakan suku bunga deposito Maybank Indonesia dengan minimal simpanan sebesar Rp 10.000.000 dengan tenor 12 bulan. Bunga posito = Rp 10.000.000 x 3,25% x 12 / 12 x 80%, maka Anda akan dapatkan profit sebesar Rp 260.000 per tahun.

Besaran bunga deposito biasanya lebih besar dari tabungan. Besar kecilnya bunga deposito tergantung pada dana yang Anda simpan, jadi semakin besar dana yang akan Anda simpan maka semakin besar juga bunga deposito yang akan Anda terima. Selain itu, setiap bank memiliki penawaran bunga deposito yang berbeda.

Anda bisa memilih jenis deposito yang ingin Anda gunakan, dalam mata uang Rupiah atau mata uang asing lain. Suku bunga Maybank Deposito dibagi dalam beberapa kategori yaitu:

Counter IDR

Counter IDR berlaku untuk deposito yang dibuka di kantor cabang Maybank. Nominal penempatan uang yang harus Anda simpan di deposito dalam mata uang Rupiah minimal Rp10.000.000,- dengan suku bunga per 23 November 2021 adalah 2,75% per tahun.

Bunga Maybank Deposito melalui M2U ID App (mobile banking) atau M2U ID Web (internet banking)

Deposito ini khusus untuk Nasabah yang membuka Maybank Deposito melalui M2U ID App atau M2U ID Web. Nominal penempatan uang yang harus Anda simpan dalam mata uang Rupiah minimal Rp10.000.000,- dengan suku bunga per 23 November 2021 adalah 3,25% per tahun.


Keuntungan yang bisa Anda rasakan setelah buka Maybank Deposito, diantaranya:

  1. Tersedia Dalam Banyak Mata Uang

    Selain Rupiah, tersedia dalam USD, SGD, EUR, CNY, AUD, GBP, JPY.
  2. Tenor Fleksibel

    Dengan berbagai pilihan dari 1 bulan hingga 24 bulan.
  3. Jaminan Kredit

    Sebagai jaminan untuk mengajukan kredit baru. 
  4. Buka Deposito secara Online

    Buka deposito online via M2U ID App/ M2U ID Web.
  5. Tersedia dalam Deposito Syariah

    Anda bisa memilih deposito dari produk perbank syariah Maybank Indonesia.

 

Anda bisa menggunakan dua cara buka deposito yaitu dengan langsung ke counter atau cabang Maybank Indonesia dan melalui aplikasi M2U ID App. Anda hanya perlu Login  di aplikasi M2U ID dan cari menu aplikasi lalu pilih deposito online.

Yuk buka Deposito Maybank melalui aplikasi M2U ID App, sekarang! Nikmati kemudahan dalam mengelola keuangan Anda bersama Maybank Indonesia.