Memahami Pentingnya Dana Darurat untuk Anda

08 Mei 2019

Ketika Anda memiliki pendapatan atau gaji sendiri, maka pastilah ada keinginan dalam diri untuk mewujudkan keinginan atau impian yang telah lama diidamkan. Apalagi saat ini ada banyak potongan harga dan penawaran khusus yang tiba-tiba hadir saat waktu gajian tiba. Rasanya sah-sah saja untuk membelanjakan gaji Anda atas jerih payah yang telah dilakukan satu bulan lalu.

Namun, pernahkah terbesit, bagaimana mengelola kondisi finansial Anda agar tetap stabil? Atau bagaimana caranya mengelola kondisi finansial yang sehat? Perlukah memiliki tabungan rencana? Beberapa hal memang kadangkala terlupakan. Padahal mengelola kondisi finansial adalah sesuatu yang sangat penting untuk perencanaan keuangan. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan dalam mengelola kondisi finansial adalah dana darurat.

Apa itu dana darurat? Dana darurat merupakan salah satu jenis simpanan yang dapat Anda gunakan pada saat darurat atau mendesak. Contohnya, dana darurat dapat digunakan pada saat ada kerabat atau teman yang mendadak harus di rawat di rumah sakit. Atau rumah yang Anda tempati membutuhkan renovasi kecil karena berbagai kerusakan. Contoh lainnya, dana darurat dapat Anda gunakan saat beberapa bulan Anda yang bekerja freelance belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Besaran jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan pastilah berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Mungkin untuk Anda yang telah berkeluarga, dana darurat yang harus Anda persiapkan jumlahnya lebih besar karena menyangkut tanggungan suami/istri dan anak-anak dibandingkan dengan yang belum berkeluarga. Berikut ini beberapa alasan pentingnya memiliki dana darurat.

  • Kebutuhan Dana Saat Sakit Atau Kecelakaan

Menjaga kesehatan memang sangat penting untuk Anda lakukan, karena kesehatan merupakan faktor utama dalam beraktifitas. Namun pada keadaan sakit atau kecelakaan pasti tidak dapat Anda hindari. Jika sakit atau kecelakaan menimpa salah satu keluarga, pastilah Anda ingin membantu. Kadangkala tidak hanya cukup hanya pengobatan saja, rawat inap di rumah sakit, tindakan operasi dan perawatan pasca operasi pun memerlukan dana. Bayangkan, jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar tagihan obat, perawatan rumah sakit dan biaya lainnya. Saat mendesak seperti inilah Anda dapat menggunakan dana darurat yang sudah dipersiapkan.

  • Digunakan Saat Kehilangan Pekerjaan

Memiliki karir yang baik serta posisi jabatan yang bagus, tidak serta merta menjadi alasan untuk tidak mempersiapkan dana darurat. Apabila suatu saat Anda kehilangan pekerjaan maka dapat diartikan bahwa Anda kehilangan sumber pendapatan. Padahal kebutuhan harus tetap dipenuhi. Ada baiknya tetap mewaspadai keadaan terburuk. Dengan memiliki dana darurat, Anda tetap dapat mencukupi kehidupan Anda sendiri atau bersama keluarga dalam beberapa waktu kedepan hingga berhasil kembali mendapatkan sumber penghasilan dan pekerjaan.

  • Memperbaiki Barang yang Rusak atau Aset dengan Dana Darurat

Memiliki barang atau properti pribadi memang tidak dapat dipastikan selalu dalam keadaan baik. Kadangkala barang yang Anda tiba-tiba rusak dan membutuhkan perbaikan. Misalkan, mobil Anda yang mungkin membutuhkan penggantian spare part, renovasi atap rumah atau ponsel Anda yang harus diperbaiki. Hal-hal diluar perhitungan seperti inilah yang mengharuskan Anda memiliki dana darurat. Sisihkan pendapatan untuk memiliki dana darurat.

  • Terhindar Dari Hutang

Pernahkan Anda mengalami kehabisan uang saat baru saja menerima gaji 2 minggu lalu? Atau isi dompet Anda semakin menipis padahal tanggal gajian Anda masih lama sedangkan Anda harus membayar beberapa tagihan penting. Sudah pasti Anda bingung mencari cara untuk membayarnya. Dana darurat akan sangat membantu disaat-saat genting seperti ini. Maka dari itu penting bagi Anda menyiapkan dana darurat sebagai salah satu perencanaan finansial.

  • Tidak Perlu Berhutang Pada Teman atau Kerabat

Memang tidak ada salahnya untuk meminjam uang dari kerabat atau teman di saat Anda dalam kondisi terdesak. Namun kadang kala hubungan pertemanan atau kekerabatan menjadi hilang hanya karena masalah keuangan. Bila tidak menginginkan hal ini terjadi maka manfaatkan dana darurat yang akan membantu Anda mengatasi masalah keuangan Anda disaat-saat mendesak.

  • Membuat Anda Lebih Nyaman Dalam Bekerja

Ada beberapa perusahaan yang hanya mengganti biaya cuti sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Namun jika Anda berkesempatan untuk memiliki jumlah hari lebih untuk mengajukan cuti tanpa biaya yang diganti oleh tempat bekerja, maka hal ini tidak menjadi masalah, karena Anda memiliki dana darurat atau tabungan rencana yang dapat membantu menikmati liburan ataupun membuka bisnis tambahan.

Tips Bagaimana Menyiapkan Dana Darurat

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang pentingnya menyiapkan dana darurat sebagai salah satu perencanaan finansial, lalu bagaimana cara mempersiapkan dana darurat tersebut? Anda dapat menyimak beberapa tips bagaimana menyiapkan dana darurat berikut ini.

Mulailah Menabung Sedikit Demi Sedikit

Berapapun penghasilan atau gaji yang didapatkan, sisihkan bagian untuk mulai menabung guna mempersiapkan dana darurat. Walaupun sedikit, namun Anda dapat melakukannya secara teratur. Menyiapkan dana darurat tidak dapat dilakukan secara instan namun berjangka panjang. Mulailah seperti mencicil hutang, walaupun sedikit namun Anda tetap melakukannya secara rutin.

Jangan Menunda

Waktu adalah uang. Bila Anda menunda waktu untuk menyiapkan dana darurat, berarti sama halnya dengan membuang uang sendiri, karena menyiapkan dana darurat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada baiknya Anda mempersiapkannya segera. Lebih cepat untuk mulai mempersiapkan dana darurat akan lebih baik, karena Anda tidak dapat memprediksi hal-hal yang akan terjadi dimasa depan.

Membuat Rekening Khusus

Sebaiknya membuat rekening khusus yang terpisah dari rekening tabungan Anda yang lain untuk dana darurat. Fungsinya agar dana darurat yang disiapkan benar-benar digunakan pada saat tertentu dan Anda dengan mudah untuk memantaunya.

Saat ini untuk membantu Anda menyiapkan dana darurat, Anda dapat menggunakan Maybank Tabungan MyPlan. Maybank Tabungan MyPlan merupakan tabungan rencana yang dapat membantu mewujudkan rencana dan impian Anda. Dengan Maybank Tabungan MyPlan Anda dapat menabung dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Memantau Pengeluaran Bulanan

Sebelum menentukan jumlah besarnya dana yang akan Anda sisihkan untuk dana darurat, maka hendaknya dicek terlebih dahulu pengeluaran yang harus dipenuhi. Baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran lainnya. Apabila jumlah nominalnya sudah didapatkan, maka Anda baru dapat menentukan besaran dana yang akan digunakan untuk dana darurat.

Tabungan rencana yang akan Anda buat akan lebih mudah dengan menggunakan Maybank Tabungan MyPlan, karena dengan Maybank Tabungan MyPlan, Anda dapat menyesuaikan jumlah dana sesuai dengan jangka waktu yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin menabung hingga sejumlah dana tercapai, Anda dapat menggunakan Maybank MyPlan target balance.

Memilih Tempat Menyimpan Dana Darurat Dengan Tepat

Anda harus cermat dan tepat dalam memilih tempat menyimpan dana darurat. Dana darurat Anda harus disimpan ditempat yang amat sangat likuid, karena likuiditas merupakan kunci untuk mendapatkan kas. Produk keuangan seperti Maybank Tabungan Maksi serta Maybank Tabungan MyPlan akan sangat sesuai untuk menyimpan dana darurat Anda karena tingkat likuiditas yang sangat tinggi serta tingkat resiko yang sangat minim.

Bila Anda memiliki rekening Maybank Tabungan Maksi, Anda tidak hanya memilih tempat yang tepat untuk menyimpan dana darurat Anda, namun juga mendapatkan banyak keuntungan seperti; gratis biaya Tarik tunai di ATM mana saja, gratis transfer online antar bank serta kemudahan menggunakan Maybank kartu Debit MasterCard untuk bertransaksi di merchant berlogo mastercard di seluruh dunia. Apabila Anda ingin membuka tabungan Maybank Tabungan MyPlan, Anda dapat menggunakan rekening Maybank Tabungan Maksi sebagai rekening sumber.

Beberapa Hal yang Harus Dipahami dalam Menyiapkan Dana Darurat

Sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa hal yang harus dipahami dalam menyiapkan dana darurat agar tidak salah dalam mempersiapkan rencana keuangan Anda.

Tujuan Anda Membuat Dana Darurat

Sebelum membuka rekening atau menyiapkan dana darurat, sebaiknya Anda menetapkan tujuan untuk membuat Dana Darurat. Buatlah daftar prioritas penggunaan dana yang akan digunakan dengan memanfaatkan dana darurat. Dengan Maybank Tabungan MyPlan, Anda dengan mudah menentukan jumlah besaran dana yang akan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Apakah dana yang Anda simpan akan diperuntukkan sebagai dana persiapan pernikahan, membeli mobil, renovasi rumah, pendidikan anak hingga dana liburan.

Memudahkan Anda Mengatur Perencanaan Keuangan

Menyiapkan dana darurat sebagai salah satu bagian perencanaan keuangan Anda secara otomatis memudahkan Anda mengatur pengeluaran rutin setiap bulan, karena Anda diwajibkan untuk menyisihkan dana untuk mengisi rekening dana darurat. Dengan memiliki Maybank Tabungan MyPlan dana yang telah ditetapkan dengan jangka waktu tertentu dari rekening lain di Maybank seperti Maybank Tabungan MAKSI yang sudah Anda sepakati sebagai rekening sumber akan didebet secara otomatis.

Maybank Tabungan MyPlan juga hadir dalam bentuk Maybank Tabungan MyPlan Plus yakni tabungan berjangka/tabungan rutin setiap bulan dengan menempatkan sejumlah dana tertentu sebagai setoran awal. Maybank Tabungan MyPlan Plus juga memberikan hadiah langsung untuk setiap pembukaan rekening (selama periode promosi berlaku).

Mendisiplinkan Diri Sendiri

Saat Anda belum menyiapkan dana darurat, mungkin Anda dengan bebasnya membelanjakan penghasilan tanpa berpikir panjang. Namun saat Anda mulai memiliki dana darurat, maka Anda akan secara matang menyusun pengeluaran sesuai dengan kebutuhan, karena Anda telah menyadari pentingnya memiliki dana darurat yang dapat membantu Anda di saat-saat tertentu.

Memang tidak mudah untuk mulai menyisihkan penghasilan Anda untuk disimpan sebagai dana darurat. Namun saat Anda mulai untuk melakukan setoran secara rutin dan berkala walaupun dengan jumlah dana yang sedikit, lama kelamaan dana yang tersimpan akan menjadi menjadi banyak dan dana darurat dapat menjadi penolong di saat-saat yang penting dalam hidup Anda.