Pertemuan Secara Virtual Di kala Work From Home
            15 April 2020
            
                        
            
Virus corona,  khususnya COVID-19, yang tengah mewabah saat ini membuat banyak perusahaan  akhirnya menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH)  untuk mengurangi penyebarannya dan mencegah virus corona menginfeksi lebih  banyak orang. Penerapan WFH tersebut membuat banyak pekerjaan yang tidak bisa  dibahas secara langsung.
Untuk itu, melalui  kesempatan ini, Maybank Indonesia ingin berbagi pengalaman mengenai langkah  bijak dalam menggunakan aplikasi virtual meeting yang aman kepada para nasabah Maybank Indonesia selama menjalankan social distancing khususnya berkaitan  WFH.
Beberapa platform aplikasi untuk melakukan virtual meeting tersedia di pasaran,  contohnya aplikasi Zoom. Sudah berapa kali Anda menggunakan aplikasi tersebut?  Ternyata ada beberapa hal, loh, yang  boleh dan tidak boleh kita lakukan selama melakukan virtual meeting. Berikut penjelasannya:
Amankan Pertemuan Virtual Anda 
- Terapkan pengaturan  kata sandi untuk setiap rapat – kita dapat melakukan ini secara manual atau  Zoom dapat menyediakan angka secara acak.
 
  - Non-aktifkan ‘Join Before Host’ agar kita punya  kendali penuh atas rapat yang berlangsung.
 
  - Aktifkan ‘Waiting Room’ sehingga kita dapat  mengontrol siapa dan kapan seseorang bergabung dalam rapat.
 
  
Jadilah Host Pertemuan Anda yang Baik
  - Kirim undangan  lebih awal, dan ketahui sebelumnya di mana dan bagaimana rekan kita akan  bergabung dalam rapat ini.
 
   - Jika melakukan dialing in – pastikan nomor konferensi  untuk masing-masing negara juga diberitahu.
 
   - Jika menggunakan  aplikasi pribadi – kirim undangan rapat melalui Whatsapp/WeChat.
 
   - Pastikan keamanan  rapat (lihat: Secure your Meeting).
 
   - Kelola peserta meeting.
 
   - Jika banyak suara  di latar belakang salah seorang peserta, mute peserta tersebut.
 
   - Jika banyak gangguan dari video salah seorang  peserta – hentikan videonya.
 
  
Be  a thoughtful Participant
  - Daftar dengan  nama kita sehingga peserta lain tahu – Zoom menggunakan nama perangkat sebagai default sehingga akan menampilkan nomor  PF (saat menggunakan laptop) atau MY Ipad/My Samsung dll. (saat menggunakan  perangkat mobile).
 
   - Hindari gema  suara kita sendiri – jika masuk ke meeting  room dari beberapa perangkat, pastikan kita membisukan (mute)dan kurangi volume menjadi nol di salah satu perangkat kita.
 
   - Biarkan perangkat  kita tetap bisu (mute) saat tidak  berbicara. Kita mungkin berpikir sedang diam atau tidak mengeluarkan suara,  namun mikrofon mengeluarkan suara dari setiap ketikan keyboard, musik latar, dll.
 
   - Pilih latar  belakang yang polos (plain). TV di  belakang kita bisa mengganggu saat layarnya bergerak dinamis. Tips: gunakan virtual background untuk pilihan latar  belakang.
 
  - Jangan terlalu  dekat – posisikan kamera agar pinggang/dada kita terlihat dan peserta lain  dapat melihat gerakan tangan kita.
 
   - Penggunaan headset bisa meningkatkan kualitas suara dan mikrofon.
 
  
Beberapa tips:
  - Kita dapat  menghubungkan Webex dan Cicso VC dengan Zoom. Pilih "dial participant" di Webex/Cisco VC dan masukkan <meeting  ID>@zmhk.us.
 
   - Kita bisa  melibatkan tim kita untuk menjadwalkan rapat (masuk ke web portal Zoom → klik Settings → pilih Others → isi bagian Assign scheduling privilege to).
 
   - Kita dapat menentukan  lebih dari satu host untuk membantu  mengelola rapat virtual ini.