Pemberian Beasiswa ASEAN-Maybank

 

Bertepatan dengan peringatan hari ASEAN ke-55, Maybank umumkan tiga orang penerima program beasiswa dari Kamboja, Malaysia dan Myanmar

Jakarta, 8 Agustus 2022 - Maybank menganugerahkan tiga program beasiswa perdana, ASEAN-Maybank (AMS) untuk periode 2022. Program beasiswa tersebut merupakan yang pertama kalinya dibentuk melalui kerjasama antara institusi yang beroperasi di tingkat regional dengan Sekretariat ASEAN.

Tiga mahasiswa asal Kamboja, Malaysia dan Myanmar menerima program beasiswa AMS bertepatan dengan peringatan hari ASEAN ke-55 hari ini di Jakarta, dihadiri oleh Y.M. Dato Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa, Chairman Maybank.

Dalam sambutannya, Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima beasiswa dan turut berbangga atas jalinan kerjasama dengan Sekretariat ASEAN dalam memfinalisasi para penerima program beasiswa tersebut.

“Kami cukup terkesan dengan respon yang diterima sejak program ASEAN-Maybank pertama kali diperkenalkan pada April 2022 lalu. Jumlah pendaftar beasiswa tercatat mencapai 2,412 orang berasal dari 10 negara anggota ASEAN. Dengan penganugerahan beasiswa kepada tiga orang penerima pada hari ini, diharapkan dapat membuka peluang bagi lebih banyak  mahasiswa di kawasan ASEAN yang akan terekspose dengan program beasiswa ini serta dapat memperbesar cakupan keikutsertaan mereka, sejalan dengan apsirasi Maybank untuk mendukung agenda ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 serta arahan Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khususnya terkait akses pendidikan yang berkualitas dan inklusif.”

Program beasiswa AMS dirancang untuk memberikan full scholarship bagi para mahasiswa berbakat dari negara-negara anggota ASEAN, terutama, yang berasal dari kelompok keluarga berpenghasilan rendah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di serangkaian perguruan tinggi ternama yang tersebar di ASEAN. Penganugerahan beasiswa pada tahap pertama tahun ini dimulai dengan tiga penerima program beasiswa, namun secara bertahap jumlah penerima akan ditingkatkan menjadi 10 orang per tahun mulai pada 2025 dan seterusnya.

Maybank menginvestasikan dana sebesar RM5 juta guna merealisasikan program beasiswa AMS pada tahap pertama sampai dengan 2025, didorong oleh komitmen Maybank untuk menciptakan dampak   berkelanjutan dalam kegiatan bisnisnya, terutama bagi kelangsungan pendidikan bagi para pemuda di ASEAN. Berikut adalah daftar tiga peserta penerima program beasiswa tersebut, yaitu:

Nama

Kewarga-negaraan

Universitas

Jurusan

Ream Chan Sovath

Kamboja

National University, Singapore

Bachelor in Data Analytics

Thien Zhong Syuen

Malaysia

Nanyang Technological University, Singapore

Bachelor of Engineering in Information Engineering and Media

Okkthohn Aung

Myanmar

Chiang Mai University, Thailand

Bachelor of Economics

Sekretaris Jenderal ASEAN, Y.M. Dato Lim Jock Hoi, menyampaikan, “Sebagai entitas yang terasosiasi dengan ASEAN, Maybank Foundation secara aktif mendorong inklusi keuangan di seluruh wilayah ASEAN. Kerjasama yang diwujudkan melalui program beasiswa ASEAN-Maybank diharapkan dapat mendukung mobilitas masyarakat di kawasan ASEAN dengan mengedepankan identitas dan nilai-nilai budaya.”

Bersamaan dengan peringatan 55 tahun ASEAN, Maybank juga meluncurkan buku tentang program Maybank Women Eco-Weavers sebagai upaya untuk mengangkat seni tekstil tenun warisan budaya negara-negara anggota ASEAN.

Maybank Women Eco-Weavers adalah  program yang ditujukan bagi upaya pelestarian seni kain tenun sekaligus pemberdayaan para perempuan penenun pra-sejahtera yang ada di seluruh ASEAN. Hingga saat ini, Maybank telah menginvestasikan lebih dari RM11,4 juta pada program Maybank Eco-Weavers serta telah memberikan pelatihan kepada 1,133 penenun perempuan di Kamboja, Indonesia, Laos dan Malaysia.

Tan Sri Zamzamzairani menegaskan  bahwa Maybank berkomitmen untuk mendukung beberapa program seperti, program beasiswa ASEAN-Maybank dan Maybank Women Eco-Weavers yang bertujuan untuk menghasilkan lebih banyak talenta berprestasi yang akan  berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan bagi  masyarakat di kawasan ASEAN.

“Sebagai salah satu penyedia layanan keuangan terkemuka di kawasan ASEAN, Maybank berupaya untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di lingkungan di mana kami beroperasi, sejalan dengan misi, humanising financial services serta agenda keberlanjutan Maybank yang tertuang pada program M25, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup bagi satu juta rumah tangga masyarakat ASEAN pada tahun 2025.”

Program beasiswa ASEAN-Maybank dan Maybank Women Eco-Weavers merupakan program unggulan Maybank Foundation pada tingkat ASEAN, yang telah ter-akreditasi oleh ASEAN, tahun 2021 lalu.

********************

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Maybank Group External Communications
Nazdy +603-20708833 Ext 2465 / +6012 3517561 | Irwan +603-20747778 / +6019 2787719 | Rishvan +603-20748654 / +6012 2360024
Email: corporateaffairs@maybank.com

Divisi Komunikasi Ekternal, Maybank Indonesia
Dimas Tjahjono Dradjat
Head, Communications, Maybank Indonesia
Email: ccommunications@maybank.co.id
Telp: +6221 2922-8888