Nabung Emas Digital, Investasi Pas untuk Semua Generasi

Oleh: Prita Ghozie, CFP, Principal Consultant & CEO ZAP Finance


19 Desember 2023

Nabung Emas Digital melaui M2U ID App

Info lebih lanjut

Perlu Nggak Sih Investasi?

Sudah banyak literatur yang mengatakan bahwa memiliki aset akan sangat membantu seseorang untuk memperoleh kehidupan yang lebih nyaman. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan berinvestasi. Berbeda dengan menabung secara konvensional, investasi memang ditujukan untuk menaikan nilai aset melebihi nilai inflasi dan memberikan potensi penghasilan pasif di masa depan. Sehingga, dalam pengelolaan harta kekayaan memang perlu ada simpanan, tabungan dan harta investasi.

Nabung Emas sebagai Investasi

Beberapa waktu lalu, saya membuka polling di platform Instagram mengenai bagaimana keluarga di tanah Minang mengelola harta kekayaanya. Dari sekian ratus respon yang masuk rupanya mereka menjadikan emas sebagai harta andalan. Meski bukan berdarah Minang, tetapi saya setuju dengan pilihannya.

Sejak puluhan tahun lalu, masyarakat Indonesia sebenarnya sudah mengenal investasi dalam bentuk emas. Alasannya sederhana, apabila disimpan dalam bentuk uang kertas, kemungkinan besar akan terpakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti belanja harian atau jajan anak. Namun, jika disimpan dalam bentuk perhiasan emas, sudah pasti akan lebih sulit untuk membelanjakannya. Sebenarnya dibandingkan dalam bentuk perhiasan, jenis emas yang paling ideal untuk menjadi alat menabung dan berinvestasi adalah emas batangan.

Emas batangan dengan kadar emas 99,9% kerap dikenal dengan istilah logam mulia. Secara statistik, harga emas dalam jangka waktu diatas 5 tahun mengalami kenaikan. Sebagai contoh harga emas dalam rupiah pada tahun 2015 di kisaran Rp500 ribu per gram, lalu sempat menurun pada tahun 2016 ke kisaran Rp450 ribu per gram, dan di tahun 2023 ini bahkan sempat mencapai kisaran Rp1 juta per gram. Emas pun tergolong aset yang likuid artinya mudah dicairkan menjadi dana tunai untuk digunakan sesuai keperluan.

Sayangnya, masih banyak yang ragu untuk berinvestasi emas. Selain karena modal yang dibutuhkan cukup banyak untuk membeli emas batangan, banyak juga yang khawatir dengan penyimpanan fisiknya. Logam mulia memiliki bentuk fisik yang kecil, sehingga risiko hilang juga tinggi. Terutama apabila disimpan di rumah, dan ada tangan-tangan jahil yang memindahkan tempat asalnya. Sehingga, ada risiko kehilangan yang tinggi apabila tidak menyimpan logam mulia di tempat khusus yang terkunci.

Emas Digital sebagai The New Safe Haven

Solusinya adalah membeli emas dengan menabung emas digital. Selain jauh lebih aman, menabung emas digital menjadi alternatif yang pas bagi kamu dengan modal terbatas. Tidak perlu menunggu dana kamu cukup untuk membeli emas batangan. Dengan Rp 10 ribu saja, kamu sudah bisa mulai menabung emas digital secara rutin sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit. Caranya persis seperti menabung di tabungan biasa, yaitu kamu menentukan dana yang ingin kamu tabung, kemudian memasukkan dana tersebut ke rekening tabungan emas. Setiap rupiah yang kamu tentukan, akan langsung dikonversi menjadi satuan gram, sesuai dengan harga beli emas pada hari tersebut.

Untuk generasi Z yang saat ini mungkin masih kuliah atau baru mulai bekerja, menabung emas digital menjadi pilihan investasi dengan modal minim. Tentunya, ini sangat ideal untuk membentuk kebiasaan menabung sejak usia muda. Saldo tabungan emas dapat digunakan untuk berbagai keinginan masa depan seperti upgrade laptop atau untuk dana kuliah lanjutan. Untuk generasi milenial, tabungan emas dapat digunakan untuk mengumpulkan dana pendidikan anak yang mungkin akan digunakan 5 tahun lagi atau lebih. Bahkan, emas juga dapat digunakan sebagai penyeimbang portofolio dana pensiun.

Tidak perlu khawatir, karena sekarang Kamu bisa menabung emas digital melalui M2U ID App  aplikasi mobile banking dari Maybank Indonesia. Berkolaborasi dengan PT Pegadaian, Maybank Indonesia menghadirkan Tabungan Emas Pegadaian sebagai solusi perencanaan keuangan yang aman dan praktis. Produk ini pun juga sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara registrasinya sangat mudah, dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kamu juga lebih mudah mengelola keuangan hanya dalam satu genggaman. Segera download M2U ID dan rasakan kemudahan menabung emas mulai dari Rp10 ribu. Nabung emas? #M2UinAja.

 

Panduan Tabungan Emas

Promo Tabungan Emas