Tips Pintar Mengelola Keuangan

27 Maret 2022

Tips Pintar Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan dengan pintar berdampak pada finansial yang sehat. Anda akan lebih mudah memetakan pendapatan untuk kebutuhan harian, tabungan dan investasi. Pintar mengelola keuangan juga bisa mengatur sifat konsumtif Anda. Biasanya, orang yang tidak pintar mengatur keuangan selalu merasa keuangannya tidak stabil.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa lakukan 3 tips dasar mengelola keuangan, seperti di bawah ini:

1. Ketahui Perbedaan Keinginan dan Kebutuhan Anda

Penting untuk mengetahui mana keinginan dan mana kebutuhan Anda. Hal ini menghindari sifat konsumtif Anda pada suatu barang atau jasa. Contohnya : keinginan Anda mungkin memiliki rumah mewah, namun sebenarnya kebutuhan Anda adalah hanya memiliki rumah untuk tempat tinggal. Jadi, jika bisa melihat perbedaan keinginan dan kebutuhan maka Anda akan lebih mudah mencapai atau membeli barang yang Anda inginkan.

2. Membuat Rencana Anggaran

Buatlah rencana anggaran untuk jangka pendek dan jangka panjang. Dengan membuat rencana anggaran, Anda bisa lebih mudah melihat apa yang ingin dituju. Bagi pendapatan Anda untuk beberapa kebutuhan seperti transportasi, makan, hiburan dan investasi. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan lebih mudah diatur sesuai rencana yang diinginkan.

3. Belajar untuk Menabung

Bagaimanapun caranya, Anda harus terbiasa menabung. Jika Anda bagian dari orang yang konsumtif, berarti harus belajar menahan diri untuk membeli sesuatu. Arahkan uang tersebut untuk ditabung setiap bulan dengan menggunakan beberapa tabungan yang berbeda untuk setiap kepentingannya.



Belajar menabung bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan dengan menabung di Tabungan U. Tabungan U merupakan salah satu kartu debit Maybank yang memberikan banyak keunggulan seperti Smart Savings, Smart Spending dan QR Cardless Withdraw. Informasi lebih lanjut mengenai Tabungan U by Maybank bisa Anda lihat di sini.

Dengan menabung di Tabungan U by Maybank, Anda akan berkesempatan mendapatkan penawaran spesial dari Tabungan U/ U iB seperti diskon menarik di berbagai merchant favorit. Anda tetap bisa berhemat dan makan makanan favorit kekinian. Menabung di tabungan U/ U iB akan memberikan pengalaman menarik untuk Anda. Informasi syarat dan ketentuan promo pada merchant favorit bisa Anda lihat di sini.

Beberapa tips mengelola keuangan di atas bisa Anda terapkan di kehidupan demi menjaga finansial yang baik dengan cara yang menyenangkan. Gunakan Maybank Indonesia sebagai Bank andalan dalam mengelola keuangan Anda.

Anda bisa buka rekening secara online melalui M2U ID App dan M2U ID web. M2U ID memberikan Anda kemudahan melakukan transaksi perbankan dimana dan kapan saja. Hanya dengan satu aplikasi, segala kebutuhan transaksi bisa teratasi.