Memahami Proses KTA Tanpa Kartu Kredit

30 Desember 2019

Memahami Proses KTA Tanpa Kartu Kredit

Hidup tidak selalu bisa diprediksi. Hal-hal buruk bisa saja terjadi hingga memaksa Anda untuk meminjam uang dalam jumlah yang cukup besar. Namun kalau Anda ingin mendapatkan pinjaman uang tanpa harus menjaminkan BPKB atau bahkan sertifikat tanah, apakah semua itu memungkinkan? Dengan pinjaman KTA, semua itu bisa saja dilakukan.

Kredit tanpa agunan atau KTA adalah sebuah produk pinjaman yang disediakan tanpa disertai jaminan. Dari pengertian KTA tersebut, dapat disimpulkan bahwa pinjaman ini bisa Anda dapatkan tanpa harus menjaminkan barang berharga sama sekali. Namun meski tidak perlu jaminan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Memahami Proses KTA Tanpa Kartu Kredit

 

Syarat Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada beberapa syarat agar pinjaman tanpa kartu kredit bisa disetujui. Syarat-syarat yang dimaksud di sini di antaranya adalah batas usia dan jumlah penghasilan bulanan. Usia yang diperbolehkan untuk mengajukan KTA adalah 21 tahun ke atas. Selain itu, usia pemohon saat pelunasan juga dibatasi yakni  55 tahun dengan penghasilan minimal Rp 4 juta per bulan.

Selain itu, Anda juga harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP, NPWP dan slip gaji. Namun bagi wirausaha, sebagai ganti slip gaji Anda bisa menyertakan fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir dan fotokopi SIUP. Sedangkan untuk profesional, selain melengkapi dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP dan slip gaji, Anda juga harus melampirkan fotokopi surat izin profesi.

Memahami Proses KTA Tanpa Kartu Kredit

Proses Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit

Jika Anda sudah memenuhi syarat di atas, Anda bisa mulai mengajukan KTA ke bank yang menyediakan produk pinjaman tersebut. Misalnya saja seperti Maybank KTA . Setelah semua dokumen yang dibutuhkan diserahkan, bank akan memeriksa jumlah rasio hutang Anda.

Rasio hutang yang diperbolehkan adalah 30% dari total penghasilan. Selanjutnya, bank juga akan memeriksa validitas nomor telepon yang Anda gunakan dan melakukan proses verifikasi atas semua informasi yang Anda berikan. Untuk proses verifikasi sendiri, pihak bank biasanya akan mendatangi pemohon KTA secara langsung.

Memahami Proses KTA Tanpa Kartu Kredit

Tips Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit

  • Memiliki Pekerjaan Tetap

    KTA tanpa kartu kredit hanya bisa diajukan jika Anda memiliki pekerjaan tetap. Namun tidak cukup di situ saja, penghasilan dari pekerjaan tetap tersebut juga harus sesuai dengan batas yang telah ditentukan oleh bank. Namun jika Anda seorang wirausaha atau profesional, praktik atau bisnis yang dilakukan setidaknya sudah berjalan selama minimal 2 tahun.
  • Lampirkan Slip Gaji yang Asli

    Untuk memastikan apakah Anda memenuhi persyaratan KTA, Anda juga akan diminta untuk menyertakan slip gaji asli. Jadi pastikan untuk memenuhi persyaratan tersebut. Namun jika Anda seorang wirausaha atau profesional, Anda bisa melampirkan laporan keuangan bisnis selama tiga bulan terakhir. Lampiran ini sangat penting untuk memastikan apakah penghasilan yang Anda miliki sesuai dengan batas yang telah ditentukan oleh bank. Jadi saat ingin mengajukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit, pastikan untuk melampirkannya.
  • Tidak Memiliki Riwayat Hutang yang Negatif

    Salah satu cara bank memastikan Anda layak untuk mendapatkan KTA adalah dengan memeriksa riwayat hutang Anda. Meski demikian, bukan berarti mereka yang tidak memiliki kartu kredit dijamin bersih dari riwayat hutang yang negatif. Tagihan atau cicilan yang telat bayar juga bisa mempengaruhi riwayat hutang Anda. Jadi jika ada tunggakan yang belum Anda bayar, pastikan untuk segera melunasinya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan riwayat hutang Anda.

KTA tentu menjadi salah satu solusi yang bisa diambil untuk memenuhi beragam kebutuhan yang membutuhkan biaya besar. Untuk itu, Anda harus bisa memilih produk KTA yang bisa membantu dalam memenuhi beragam kebutuhan tersebut, sekaligus bisa memberikan banyak keuntungan.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih produk KTA dari Maybank. Maybank KTA , akan membantu Anda mewujudkan rencana menjadi kenyataan dengan fitur dan keuntungan yang akan meringankan Anda

Source:
https://blog.tunaikita.com/bisakah-mengajukan-kta-tanpa-kartu-kredit-caritahu-jawabannya-di-sini/
http://lifepal.co.id/blog/kta-tanpa-kartu-kredit/
https://pricebook.co.id/article/review/2017/09/12/7393/kta-tanpa-kartu-kredit-untung-rugi-dan-tips-agar-pengajuannya-disetujui
https://finansialku.com/syarat-mengajukan-kta-tanpa-kartu-kredit/