Manfaat Penting dari Simpanan Deposito Berjangka

08 Mei 2019

Jika Anda memiliki tabungan di bank atau bahkan Anda memiliki lebih dari satu rekening tabungan di sebuah Bank sebagai dana simpanan untuk merencanakan masa depan Anda, maka tidak ada salahnya Anda mencoba berinvestasi sebagai salah satu perencanaan finansial Anda.

Bicara tentang masalah investasi, kadang kala Anda sulit menentukan jenis investasi yang tepat untuk kondisi finansial Anda. Ditambah dengan banyaknya jenis instrumen investasi di pasar investasi yang menjanjikan banyak keuntungan hingga membuat Anda terlena. Salah satu bentuk investasi yang aman adalah deposito.

Dalam merencanakan kondisi finansial Anda untuk jangka panjang, Anda dapat memilih deposito berjangka. Deposito berjangka adalah bentuk simpanan dana yang dapat Anda Tarik kembali hanya pada waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan nasabah dengan Bank terkait. Biasanya deposito berjangka memiliki jangka waktu tertentu 1,2,3,6,12,18 atau 24 bulan. Nasabah hanya dapat mencairkan dana yang disimpan pada deposito sesuai dengan jangka waktu yang disepakati.

Guna memudahkan Anda sebagai nasabah, biasanya Bank terkait akan menawarkan 2 sistem pengelolaan deposito berjangka Anda, yaitu Automatic Roll Over dan Non Automatic Roll Over. Apabila Anda memilih Automatic Roll Over, berarti deposito Anda akan secara otomatis diperpanjang jangka waktunya oleh pihak bank apabila waktu deposito berjangka Anda sudah jatuh tempo. Namun apabila Anda memilih Non Automatic Roll Over berarti deposito berjangka Anda tidak akan diperpanjang secara otomatis oleh pihak bank.

Manfaat Simpanan Deposito Berjangka

Tentunya sebagai nasabah suatu Bank, Anda tidak akan menginvestasikan dana Anda tanpa mengetahui terlebih dahulu keuntungan-keuntungan apa saja yang dapat Anda peroleh pada saat Anda berinvestasi dalam bentuk Deposito Berjangka.

Deposito Berjangka Merupakan Cara Investasi Yang Aman

Salah satu pertimbangan saat Anda sebagai nasabah membuat deposito berjangka adalah pertimbangan resiko yang rendah. Deposito berjangka merupakan salah satu bentuk instrumen investasi dengan tingkat resiko paling rendah dibandingkan dengan produk instrumen investasi yang lain. Tingkat resiko dapat dimungkinkan apabila terjadi masalah politik negara atau negara dalam krisis ekonomi yang parah. Nilai deposito juga sedikit sekali terpengaruh dengan kondisi naik turunnya kondisi pasar modal dan pasar uang. Dapat dikatakan bahwa deposito merupakan investasi dengan tingkat resiko rendah.

Manfaat Suku Bunga

Deposito dikenal dengan suku bunga yang kompetitif dibandingkan dengan suku bunga pada produk tabungan. Deposito dapat memberikan 3 kali lipat suku bunga dibandingkan dengan suku bunga tabungan. Anda dapat memanfaatkan bunga yang Anda dapatkan untuk menambahkan dana tabungan atau Anda dapat menggunakannya untuk keperluan lainnya. Maka dari itu banyak nasabah yang memilih berinvestasi melalui deposito berjangka karena tingkat resiko yang rendah dan suku bunga yang tinggi.

Deposito Berjangka Dijamin Keamanannya

Poin ini merupakan salah satu faktor yang dipilih oleh nasabah untuk berinvestasi dalam bentuk deposito. Untuk memberikan rasa aman pada masyarakat dan khususnya nasabah bank, maka uang yang anda simpan dalam bentuk deposito dijamin oleh negara.

Pemerintah melalui lembaga penjamin simpanan (LPS) telah menjamin dana deposito nasabah di bank sebanyak 2 milyar dengan tingkat suku bunga tertinggi. Maka dari sisi keamanan, menyimpan investasi dalam bentuk deposito memang tergolong sangat aman dan cocok sekali bagi investor pemula.

Investasi Lebih Mudah

Apabila Anda memiliki dana tidak dalam bentuk rupiah atau mata uang negara lain, Anda tidak perlu cemas untuk tetap berinvestasi. Beberapa Bank memiliki fasilitas investasi deposito berjangka dengan berbagai pilihan mata uang asing. Anda dapat menginvestasikan mata uang dollar, Poundsterling, Euro dan beberapa mata uang asing lainnya dalam bentuk deposito berjangka pada Maybank Deposito Berjangka. Ada banyak keleluasaan dan keuntungan yang ditawarkan pada Maybank Deposito Berjangka hingga lebih istimewa dibandingkan dengan deposito berjangka pada bank lainnya.

Kemudahan dalam Mengakses Bunga

Memang, memiliki deposito berjangka tidak membebaskan Anda untuk mengakses dana yang telah tersimpan karena deposito yang Anda miliki memiliki waktu tertentu untuk dicairkan. Namun beberapa Bank memberikan kesempatan kepada nasabah untuk dapat mengambil sejumlah bunga yang nantinya akan ditransferkan pada rekening yang Anda sepakati. Oleh karena itu, nasabah seperti Anda tetap dapat menikmati sejumlah uang sesuai dengan ketetapan waktu yang telah ditentukan oleh pihak Bank.

Apabila Anda memilih sistem deposito berjangka Automatic Roll Over (ARO), sistem secara otomatis menambahkan bunga hasil deposito ke dalam deposito Anda. Sehingga bunga dan jumlah deposito Anda akan selalu bertambah.

Dengan Maybank Deposito Berjangka, Anda dengan mudah memperpanjang waktu deposito yang Anda miliki di Maybank Indonesia, karena memiliki fasilitas Automatic Roll Over. Tidak hanya itu, Maybank Deposito memberikan fasilitas tambahan untuk Anda seperti suku bunga deposito yang kompetitif dan deposito Anda dapat digunakan sebagai jaminan kredit.

Administrasi Yang Mudah

Apabila pada umumnya Anda harus pergi ke Bank untuk mengurus syarat-syarat administrasi guna membuka deposito, kini ada kemudahan di depan Anda, karena semua kemudahan teknologi dapat Anda nikmati hanya dengan ponsel pintar Anda. Anda dapat memanfaatkan deposito online yang menjadi salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh Maybank Indonesia.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Maybank2u ID yang tersedia pada app store maupun playstore yang tersedia pada ponsel Anda. Atau Anda dapat mengaksesnya langsung pada Maybank2u. Dengan memiliki Maybank Deposito Online yang sangat mudah membuatnya Anda juga dengan leluasa memantau transaksi perbankan milik Anda.

Kemudahan yang ditawarkan oleh Maybank Indonesia untuk membuka investasi dalam bentuk deposito berjangka online akan sangat membantu Anda dalam berinvestasi, karena Anda dapat membuka deposito online dimanapun dan kapanpun. Anda dapat menentukan besaran jumlah dana yang akan Anda jadikan deposito berjangka serta jangka waktu deposito yang juga dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Segera unduh aplikasi Maybank2u ID pada ponsel Anda untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam investasi Maybank deposito berjangka online yang dapat anda pantau semua transaksinya dimana saja dan kapan saja.