Tips Penting untuk Melakukan Solo Traveling

08 Mei 2019

Melakukan perjalanan sendirian atau solo traveling dengan pembiayaan dari kartu kredit Maybank White Card? Kenapa tidak? Sebagian orang yang belum pernah melakukannya akan beranggapan bahwa solo traveling akan membosankan, membingungkan dan menakutkan. Jika anda termasuk salah satunya, tidak ada salahnya untuk melakukannya, meski hanya sekali seumur hidup. Melakukan solo traveling tidak akan mudah dan terasa berbeda daripada melakukan perjalanan dengan orang lain. Namun demikian, anda memiliki kebebasan untuk melakukan apapun dalam perjalanan tersebut.

Anda bebas memilih tempat tujuan, waktu beristirahat, dan tidak perlu takut mengecewakan orang lain apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena itu, solo traveling sangat cocok bagi anda, terutama bagi anda yang masih single, perjalanan kerja, atau sebatas butuh waktu sendirian. Selain soal kebebasan, solo traveling memiliki banyak manfaat. Pertama, anda bisa belajar sebagai decision maker yang baik. Pasalnya, anda mempersiapkan semua hal sendiri termasuk antisipasi keadaan darurat.

Transaksi Mudah Saat Travelling Dengan Maybank White Card

Selengkapnya

Selain itu, solo traveling akan menuntut anda untuk belajar beradaptasi dan bertemu orang-orang baru. Hal ini cukup bermanfaat untuk memudahkan perjalanan anda, sekaligus menambah lingkaran pertemanan. Terakhir, anda bisa dengan bangga menceritakan pengalaman ketika solo traveling karena hanya anda sendiri yang mengalaminya. Untuk mempermudah kelancaran anda dalam melakukan solo traveling, berikut sejumlah tips yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Lakukan Riset Tempat Tujuan

Hal yang paling mendasar ketika melakukan perjalanan adalah menentukan tempat tujuan dan merencanakan kegiatan. Karena itu, riset sangatlah diperlukan untuk memudahkanmu ketika berada di tempat tujuan. Minimal anda harus tahu sarana transportasi yang ada di sana, makanan yang umum ditemukan, dan juga budaya sehari-hari masyarakat lokal di tempat tersebut. Jangan sampai anda terkena masalah karena kekurangan informasi yang mendasar.

Persiapkan Identitas Diri dan Dokumen Penting

Siapkan kartu identitas dan berbagai macam dokumen penting yang diperlukan seperti KTP, SIM, Paspor, visa, kartu asuransi, dan lain sebagainya agar mudah dikenali. Sebelum berangkat, pastikan anda telah menduplikasi dokumen tersebut dengan melakukan fotokopi. Selain itu, scan dan unggah dokumen tersebut ke email anda dan orang terdekat anda. Kedua hal tersebut akan sangat membantu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Memilih Penginapan yang Tepat

Salah satu kegelisahan dalam solo traveling adalah masalah keamanan. Untuk itu, cobalah mencari tempat menginap yang tepat. Anda dapat melakukan pencarian tempat menginap di mesin pencarian seperti google atau sejumlah platform menginap dan traveling. Cari tempat yang memiliki review dan rating baik meskipun hanya sebatas wisma atau kos harian. Cek juga soal aksesibilitasnya, apakah penginapan tersebut terbuka selama 24 jam, keterjangkauan sarana transportasi, serta kemudahan jaringan telepon dan internet.

Hindari Uang Tunai Berlebihan

Selain soal penginapan, sebisa mungkin anda tidak membawa uang tunai yang berlebih. Hal ini untuk meminimalisir tindak kejahatan atau resiko kehilangan. Di zaman semakin berkembang ini, anda dapat mengandalkan layanan dompet virtual yang disediakan oleh berbagai platform untuk melakukan transaksi.

Anda juga dapat mengandalkan kartu debit atau kartu kredit yang telah disediakan oleh berbagai bank ternama untuk memudahkan solo travelling, salah satunya Maybank melalui kartu kredit Maybank White Card.

Maybank White Card

Maybank White Card merupakan layanan kartu kredit yang didesain bagi nasabah yang berencana melakukan perjalanan yang penuh untung. Produk keuangan ini menawarkan promo kartu kredit menarik seperti garansi nilai tukar rupiah rendah, bonus AirAsia BIG points, Cashback IDR 1.200.000, asuransi kecelakaan hingga Rp 500 juta, bebas iuran bulanan hingga 24 bulan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kartu kredit Maybank White Card dilengkapi dengan fitur E-billing statement untuk mendapat laporan bulanan melalui email, Maybank XBill agar tidak perlu mengantri untuk membayar tagihan rutin, fasilitas tabungan yang langsung didapat dan tersedia untuk dua jenis mata uang, dan masih banyak lagi.

Karena itu, solo traveling anda akan terasa lebih mudah jika memiliki kartu kredit Maybank White Card sebagai teman perjalanan anda. Solo traveling memang tidak mudah namun memiliki banyak manfaat bagi diri anda. Percayalah pada diri anda sendiri dan carilah kegiatan yang memang dapat memuaskan diri anda. Tetap jaga diri dan alami keseruan solo traveling.