Tips Efektif dalam Memaksimalkan Tabungan

08 Mei 2019

Tabungan bukanlah sekadar sarana dimana seseorang menyimpan uang lalu mengambilnya ketika sedang membutuhkan. Akan tetapi, menabung bisa juga dilakukan dengan tujuan agar uang yang dimiliki tidak cepat terkuras dan tidak berada di bawah garis merah. Karena itu, anda perlu memaksimalkan pengelolaan uang simpanan atau tabungan yang dimiliki.

Tabung dan Atur Uang Bulanan Mu Dengan Tabungan Maksi iB

Selengkapnya

Kesalahan Mengelola Tabungan

Banyak orang merasa kesulitan dalam memaksimalkan tabungan. Terkadang muncul perasaan bahwa uang tabungan tidak pernah terkumpul atau bahkan jumlahnya terus berkurang sampai habis. Jika anda termasuk salah satunya, pelajarilah beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan ketika seseorang mengelola tabungan di bawah ini. Dengan begitu kedepannya Anda bisa menghindarinya dan bertindak lebih bijak dalam menggunakan uang yang disimpan di bank.

  • Terlalu Mengandalkan Uang Sisa

Jika anda sering mengandalkan uang sisa dari penghasilan untuk ditabung, itu berarti anda tidak memiliki perencanaan yang baik dalam mengelola tabungan. Kasus seperti ini umumnya dialami oleh seseorang yang menerima penghasilan dalam bentuk tunai. Biasanya orang yang membawa banyak uang tunai akan lebih mudah tergoda untuk membelanjakannya. Sebaiknya prioritaskan sejumlah nominal untuk ditabung di awal. Jika anda terlalu mengandalkan uang sisa, maka akan sulit untuk menabung karena jumlahnya yang tidak tentu dan bisa jadi anda tidak memiliki sisa penghasilan sama sekali untuk ditabung.

  • Hanya Memiliki Satu Rekening

Memiliki satu rekening berarti mencampurkan simpanan uang untuk memenuhi semua kebutuhan. Anda akan kesulitan membedakan uang yang boleh dibelanjakan dengan yang tidak. Hal tersebut memiliki resiko yaitu melakukan pengeluaran tanpa sadar sehingga akan nilai tabungan anda selalu naik turun. Memiliki dua atau tiga rekening tabungan akan memudahkan anda mengalokasikan tabungan untuk bermacam-macam kebutuhan

  • Tidak Ada Target

Menabung tanpa target sama dengan melakukan perjalanan tanpa arah dan tujuan. Sebagian orang mengandalkan uang tabungan untuk diambil seketika jika uang dari anggaran pengeluaran tidak dapat memenuhinya. Jika anda memiliki lebih dari satu tabungan namun tidak memiliki target yang jelas, maka tidak ada bedanya dengan hanya memiliki satu tabungan saja. Sebaiknya anda menetapkan target yang jelas dan realistis pada setiap tabungan yang dimiliki.

  • Asal Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang umum digunakan oleh sebagian orang. Kartu kredit memudahkan anda agar tidak repot membawa banyak uang tunai jika ingin membeli barang atau jasa yang bernilai besar. Sayangnya, banyak orang yang menjadikan kartu kredit sebagai salah satu alat pembayaran utama. Tanpa pengelolaan yang bijak, tagihan kartu kredit anda bisa membengkak dan pasti menguras tabungan yang anda miliki. Lebih baik alokasikan kartu kredit untuk kebutuhan yang sangat penting dan mendesak.

  • Tidak Melakukan Pencatatan

Pencatatan keuangan sebaiknya jangan pernah dianggap remeh. Pencatatan keuangan sangat penting untuk melacak kemana saja uang yang anda miliki pergi. Dengan begitu, anda lebih siap untuk mengalokasikan penghasilan dengan bijak di kemudian hari.

Pentingnya Perencanaan

Salah satu cara mendasar untuk menghindari kesalahan dalam mengelola tabungan anda adalah perencanaan yang baik dan matang. Dengan perencanaan tabungan yang baik dan matang, alokasi penggunaan anggaran akan lebih terarah. Pasalnya, salah satu ujian terberat dalam menabung adalah menahan setiap godaan untuk membelanjakan uang. Belum lagi jika anda dihadapkan dengan situasi yang tidak diinginkan. Untuk itu, sejumlah cara di bawah ini bisa anda terapkan untuk merencanakan tabungan dengan baik.

  • Cari Tahu Pengeluaran Anda dan Buat Skala Prioritas

Langkah pertama dalam setiap perencanaan keuangan termasuk tabungan adalah mengetahui seberapa besar uang yang akan dikeluarkan. Pengeluaran ini termasuk tagihan rutin, kebutuhan sehari-hari, peralatan make up, gas, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui apa saja pengeluaran anda, buatlah skala prioritas. Tempatkan tagihan rutin bulanan di atas pengeluaran lain. Hal ini akan membantu anda menghindari masalah yang bisa terjadi akibat terlambat membayar tagihan.

  • Tentukan Angka Tetap untuk Tabungan

Dalam merencanakan tabungan, anda perlu menetapkan angka yang harus ditabung setiap bulannya terlebih dahulu. Masukkan tabungan sebagai urutan atas setelah daftar tagihan rutin per bulan. Hal ini akan menuntut anda untuk menabung secara konsisten dengan jumlah minimal yang sama. Jika anda menentukan jumlah tabungan setelah daftar kebutuhan sehari-hari, bisa jadi uang yang bisa ditabung akan lebih sedikit. Setidaknya anda harus bisa menyisihkan tabungan sekitar 10 hingga 50 persen dari penghasilan tetap.

  • Tetapkan Tujuan Tabungan

Uang yang telah ditabung bisa ditujukan kepada banyak hal seperti investasi, modal bisnis, biaya pernikahan, bahkan dana darurat sekalipun. Pilih satu atau lebih dari berbagai banyak tujuan menabung. Prioritaskan dana darurat terlebih dahulu. Setelah itu, sisihkan sebagian untuk tujuan yang telah anda pilih.

  • Gunakan Lebih dari Satu Rekening

Jika anda memiliki tabungan kepada banyak hal, sebaiknya jangan terpaku pada satu rekening. Rencanakan untuk memiliki banyak rekening. Pisahkan antara rekening gaji, rekening tabungan reguler, rekening tabungan biaya nikah, tabungan haji, dan yang lain sesuai kebutuhan anda. Dengan begitu, rencana tabungan anda akan lebih sistematis dan teratur.

  • Minta Saran Profesional atau Orang Terdekat

Ketika anda merasa ragu atau mengalami kebuntuan dalam merencanakan tabungan dengan baik, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan perencana keuangan profesional. Dengan hal ini, anda dapat melihat sudut pandang lain dari seorang yang telah berpengalaman di bidang keuangan. Jika dirasa terlalu mahal dan ingin lebih menghemat uang, cobalah meminta saran orang terdekat yang bisa dipercaya. Setidaknya, ada sudut pandang yang berbeda sebagai bahan pertimbangan keputusan anda.

Maksimalkan Tabungan

Setelah melakukan perencanaan tabungan yang baik dan matang, anda sebaiknya tetap mengelolanya dengan baik dan maksimal. Tujuan pengelolaan yang baik bukan hanya sebatas menjaga agar kondisi keuangan, tapi juga memaksimalkan setiap peluang yang ada agar kondisi keuangan terus mengalami pertambahan. Berikut ini sejumlah tips yang bisa anda terapkan untuk memaksimalkan tabungan yang dimiliki.

  • Fokus pada Target Tabungan Jangka Panjang

Target dalam menabung bisa dikategorikan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sebagai contoh, jika anda menabung untuk membeli barang elektronik, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya, maka itulah yang dinamakan target jangka pendek. Namun demikian, jika anda membeli mobil, komputer, lemari, dan lainnya sebagai modal usaha, itu berarti anda memiliki target jangka panjang. Jadi, fokus terhadap target jangka panjang berarti anda memiliki peluang untuk menambah pemasukan dan tabungan untuk mencapai hal-hal yang lebih besar lagi.

  • Gunakan Produk Tabungan Berjangka

Agar tidak sembarangan membelanjakan uang tabungan, ada baiknya memilih produk tabungan berjangka diluar satu tabungan reguler. Tabungan berjangka akan menuntut anda lebih disiplin dalam menabung. Selain itu, ada sejumlah keuntungan yang biasa ditawarkan oleh pihak bank kepada pengguna tabungan berjangka seperti pertambahan bunga yang besar, asuransi jiwa, kemudahan untuk haji dan umroh bagi pengguna tabungan berjangka syariah, dan lain sebagainya.

  • Buat Sistem Transfer Otomatis

Saat ini, hampir semua produk tabungan memberikan fitur transfer otomatis. Sebagai contoh ketika anda menerima gaji pada tanggal satu setiap bulan, setel saja autodebet pada tanggal tiga setiap bulan pada rekening tabungan atau investasi. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk mengalokasikan sejumlah uang untuk ditabung. Selain itu, anda tidak perlu takut lupa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

  • Lakukan Review Tabungan

Pantau dan catat terus pergerakan yang terjadi pada setiap rekening tabungan anda setiap bulan. Hal ini tidak hanya membantu untuk konsisten pada rencana keuangan awal, tapi juga mencari solusi jika muncul masalah yang dapat mengganggu semua hal yang telah direncanakan dari awal.

  • Tepat Memilih Produk Tabungan

Satu hal yang paling penting agar bisa memaksimalkan tabungan anda yakni pilihan produk tabungan yang tepat. Pilih bank yang memiliki reputasi yang baik dan tentunya menawarkan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, setidaknya anda memilih tabungan yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja seperti tabungan Maybank Aktif Bebas Transaksi (MAKSI) reguler dan iB.

Tabungan MAKSI reguler dan iB

Tabungan MAKSI sangat direkomendasikan untuk anda yang menginginkan kemudahan dalam melakukan transaksi. Kemudahan tersebut dituangkan oleh tabungan MAKSI dengan menawarkan tiga jurus sakti yang bisa anda manfaatkan dengan baik. Tiga jurus sakti tersebut antara lain, gratis tarik tunai di ATM domestik mana saja (ATM Bank lain dan jaringan ATM Bersama/Prima/ALTO), gratis transfer online antar bank (melalui Maybank2U internet banking/App), serta gratis asuransi atau bonus bunga untuk tabungan MAKSI Reguler.

Bagi anda yang menginginkan tabungan MAKSI dalam bentuk syariah dengan akad mudharabah mutlaqah, Maybank juga menyediakan tabungan MAKSI iB. Tabungan MAKSI iB juga memiliki tiga keuntungan utama yang ditawarkan. Selain gratis tarik tunai dan transfer online, tabungan MAKSI iB memberikan gratis asuransi sebesar 20 kali saldo dan juga tambahan imbal hasil. Asuransi personal accident sebesar 20 kali tersebut diambil dari saldo akhir bulan sebelum terjadi risiko maksimal Rp 2 Miliar per rekening atau Rp 4 miliar per nasabah.

Keuntungan lain yang sama bisa anda didapatkan dari tabungan MAKSI reguler dan iB. Selain di Indonesia, anda akan mendapatkan gratis tarik tunai dan transfer ke sesama rekening Maybank Indonesia di Maybank ATM Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Anda akan diberikan kemudahan untuk menggunakan Maybank Kartu Debit Mastercard.

Maybank juga menyediakan fasilitas auto-sweep untuk pemindahbukuan secara otomatis, e-statement untuk mendapat detil transaksi melalui email, dan juga direct debit agar praktis dalam membayar tagihan. Untuk membuka rekening, cukup siapkan setoran awal sebesar Rp 200 ribu, mengisi formulir permohonan, dan sertakan bukti identitas seperti KTP atau paspor dan NPWP.

Menggunakan tabungan MAKSI reguler dan iB menjadi solusi untuk memaksimalkan tabungan anda. Hal terpenting agar pengelolaan keuangan anda berjalan dengan baik sangat tergantung dengan perencanaan yang matang, bijak dalam menentukan pengeluaran, dan juga konsisten. Jika anda mampu memaksimalkan tabungan yang anda miliki, kondisi keuangan anda pun akan semakin baik. Selamat menabung!