Mantap Hati Menikah Tahun Ini? Persiapkan Segera!

07 Mei 2019

Mempersiapkan pernikahan bukanlah suatu hal yang mudah, mulai dari menyiapkan tabungan berencana jauh-jauh hari sebelumnya, mempersiapkan berbagai hal seputar resepsi, hingga persiapan mental kedua mempelai adalah bagian dari hal-hal yang melelahkan. Oleh karena itu, persiapan yang terbaik akan menentukan seberapa lancar hari bahagia Anda nanti.

Simpan Dana Anda di Tabungan My Plan dan Rasakan Manfaatnya

Buka Tabungan My Plan

Persiapan Penting Agar Resepsi Pernikahan Berjalan dengan Lancar

Untuk memastikan resepsi pernikahan Anda berjalan lancar dan bahagia, ada persiapan yang perlu Anda lakukan sedini mungkin. Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

  • Buat Jadwal Persiapan Pernikahan

Langkah pertama yang penting untuk dirumuskan dahulu adalah membuat jadwal persiapan pernikahan. Tentukan dahulu kapan pernikahan akan dilangsungkan, mulai dari ijab kabul hingga resepsi pernikahan. Konsep pernikahan juga perlu ditentukan agar mempermudah persiapan. Setelah itu, estimasi berapa lama persiapan yang Anda butuhkan untuk melaksanakan persiapan dengan konsep tersebut. Umumnya, kebanyakan orang mempersiapkan pernikahan setahun sebelum hari H.

  • Hubungi Pihak-pihak yang Dibutuhkan

Jika sudah menentukan konsep pernikahan dan kapan estimasi waktunya, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak-pihak yang bersangkutan. Buat daftar siapa saja yang akan terlibat dan harus dihubungi sesegera mungkin, mulai dari keluarga, teman dekat, hingga mencari wedding organizer dan venue pernikahan nanti.

  • Persiapkan Hal-hal Administratif

Hal lain yang perlu mulai Anda siapkan adalah segala sesuatu yang menyangkut hal-hal administratif seperti surat N1 sampai N4, surat keterangan belum menikah, dan banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang merupakan pasangan dari daerah yang berbeda, biasanya diperlukan surat numpang nikah dan beberapa keterangan lainnya. Untuk mengurus ini semua jelas membutuhkan waktu dan ada batas waktu berlakunya surat-surat tersebut, oleh sebab itu sebisa mungkin lakukan hal ini sesuai dengan rentang waktu rencana pernikahan.

  • Persiapkan Teknis Pernikahan

Setelah menghubungi berbagai pihak yang terlibat dan menentukan wedding organizer dan tempat menyelenggarakan pernikahan, saatnya mulai melakukan hal-hal teknis yang bisa dilakukan dahulu. Beberapa persiapan tersebut antara lain undangan pernikahan, persiapan souvenir pernikahan, memilih cincin, memilih baju pengantin, dan masih banyak lainnya.

  • Persiapkan Mental

Yang tidak kalah penting dari persiapan-persiapan di atas adalah persiapan mental Anda. Terkadang tekanan untuk mempersiapkan semuanya dengan baik dan masih harus menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari bisa sangat berat. Sedikit tips yang mungkin bisa membantu adalah berusaha untuk tidak mengejar kesempurnaan. Jaga komunikasi dengan pasangan, hadapi masalah yang mungkin terjadi dengan kepala dingin.

Semua persiapan di atas tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, jangan lupa persiapan dana jauh hari sebelumnya. Anda bisa mulai menabung kapanpun, sedini mungkin lebih baik. Setelah menentukan venue pernikahan, wedding organizer, dan rencana budget pernikahan secara keseluruhan, ada baiknya Anda membuat tabungan berencana yang dikhususkan untuk biaya pernikahan. Untuk urusan ini, salah satu pilihan yang tepat untuk Anda adalah Maybank Tabungan MyPlan.

Maybank Tabungan MyPlan: Tabungan Rencana Terbaik untuk Anda

Maybank Tabungan MyPlan dirancang khusus untuk menabung biaya jangka panjang untuk hal yang sudah Anda rencanakan jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, tabungan ini cocok untuk persiapan pernikahan. Anda bisa menentukan sendiri jumlah setoran, mulai dari Rp 100.000 saja. Selain itu, ada banyak hadiah langsung yang bisa Anda terima. Salah satunya adalah logam mulai, yang bisa Anda jadikan mahar. Segera buka Maybank Tabungan MyPlan dan dapatkan manfaatnya sekarang!