7 Alternatif Bisnis Memulai Usaha

29 Januari 2019

Menjadi seorang wirausaha merupakan impian bagi sebagian orang. Kebebasan dan kemandirian dalam berkarya sesuai apa yang disukai dan diinginkan, serta peluang berkreasi seluas-luasnya, adalah daya tarik yang menggugah seseorang terjun ke dunia usaha.

Sebagai inspirasi untuk Anda yang baru akan memulai berwirausaha, berikut alternatif bisnis yang dapat dijalankan:

1. Pengusaha online shop

Online shop alias toko daring bisa dibilang sebuah bisnis yang terus bertumbuh dan kian populer seiring geliat teknologi digital. Kemudahan memperbarui etalase produk ditambah publikasi yang tinggi menjadi daya tarik untuk terjun ke dalam bisnis ini.

2. Berbisnis dropshipping

Dropshipping adalah bisnis online yang mana sang penjual tidak menyimpan stok barang secara langsung. Jika ada pesanan yang masuk, barulah sang penjual akan meneruskan pesanan tersebut lengkap dengan informasi pengiriman produk kepada distributor maupun produsen.

Nah, setiap produk yang berhasil terjual, penjual dropshipper ini tentu akan mendapatkan untung. Serunya lagi, jika produk tersebut tidak terjual atau tidak laku di pasar, penjual dropshipper tidak akan menanggung kerugian.

3. Membuka usaha kuliner

Selain foto-foto selfie, traveling, dan fashion, foto-foto makanan serta tempat makan atau kafe termasuk konten yang sering diunggah ke media sosial. Kondisi itu membuka peluang bisnis menggiurkan bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis kuliner.

4. Bisnis fashion

Lebih kurang sama dengan bisnis kuliner, terjun ke bisnis fashion di era teknologi saat ini benar-benar membantu mereka yang tertarik memulai usaha. Dunia fashion, dengan mengambil segmentasi mana pun, lazimnya telah memiliki konsumen loyal masing-masing.

5. Penyewaan kendaraan dan paket wisata

Bisnis penyewaan kendaraan yang dijadikan satu dengan paket wisata, juga salah satu bisnis yang layak dicoba. Terlebih lagi, saat ini kian banyak objek wisata alternatif dan baru yang mulai dikembangkan, dengan keindahan dan keunikan luar biasa.

Berhubung masih baru, biasanya sarana transportasi menuju objek wisata tersebut masih belum banyak tersedia. Jadi, menawarkan paket wisata ke objek-objek wisata itu lengkap dengan kendaraan yang memudahkan wisatawan mencapainya, adalah taktik cerdas.

6. Jual beli gadget dan aksesorisnya

Perkembangan era digital membuat siklus hidup sebuah gadget menjadi kian cepat. Berganti-ganti ponsel pun bukan lagi suatu hal aneh di kalangan masyarakat urban.


Hal tersebut sudah tentu membuka peluang Anda berbisnis jual beli gadget. Di samping, bisnis jual beli aksesorisnya yang tidak kalah menggiurkan.

7. Jasa laundry

Mungkin kedengarannya sepele, tapi lihatlah ke lingkungan sekitar Anda. Gaya hidup kota metropolitan yang cepat membuat waktu terasa terbatas. Dalam urusan mencuci pakaian, misalnya, terkadang sampai mesti dikumpulkan hingga seminggu.


Tangkaplah peluang bisnis dari kondisi tersebut dengan cara membuka jasa laundry!

Dengan potensi konsumen yang tidak sedikit, ditambah sebagian besar mereka bersedia mengeluarkan uang demi membebaskan diri dari keharusan mencuci baju, pilihan membuka laundry amat layak dicoba.

Solusi Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan

PINJAMAN untuk SME

Mari Memulai

Tentu saja selain peluang-peluang bisnis di atas, masih banyak alternatif yang memiliki potensi menjadi bisnis besar dan menguntungkan. Nah, bila Anda telah menentukan jenis bisnis apa yang akan ditekuni, kini waktunya memikirkan tentang pembiayaannya.

Tidak usah pusing, sebagai pilihan, Anda dapat memanfaatkan layanan business banking yang dipersembahkan Maybank.


Bentuk pembiayaan yang ditawarkan bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari kredit pemilikan mobil niaga, kredit alat berat, hingga kredit waralaba.


Tidak hanya itu, masih ada lagi jenis pembiayaan yang diberi nama SURYA, singkatan dari Solusi Usaha dan Karya, berupa kredit buat pengusaha kecil dan menengah dengan nilai mulai Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar.

Ada lagi yang menarik, yaitu Pembiayaan Tanpa Agunan, disingkat PENTA. Ini adalah fasilitas pembiayaan tanpa agunan. Fasilitas tersebut memiliki jangka waktu 1 hingga 3 tahun dengan suku bunga tetap mulai Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar.

Untuk yang belum memiliki properti komersial, Maybank juga menawarkan Pinjaman Properti Komersial.  Ini adalah fasilitas pembiayaan jangka panjang untuk pembelian kios, ruko, rukan, pabrik, perkantoran, atau bentuk properti lain untuk menjalankan usaha. Jangka waktu pinjaman ini bisa mencapai hingga 10 tahun.

Bayangkan dengan berbagai kemudahan pembiayaan dari Maybank seperti itu, Anda tentu tidak perlu ragu lagi menjalankan bisnis dan menjadi wirausaha, bukan?