Pemberdayaan Masyarakat 

Pemberdayaan Perempuan melalui Program Micro Financing

Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation bekerja sama dengan Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA), sejak tahun 2012 melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan dari keluarga pra sejahtera melalui program micro financing, dengan memberikan dana bergulir untuk 1.250 pelaku UKM perempuan di Indonesia dengan total dana hibah sebesar Rp 1 Miliar. Program ini dilaksanakan di tiga daerah yaitu Jonggol, Jawa Barat; Sragen, Jawa Tengah; dan Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan mengadopsi model pembiayaan Grameen Bank, program ini menyediakan pinjaman modal untuk perempuan Indonesia yang ingin membangun usaha. Program pemberdayaan ini bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat kemiskinan dengan memberdayakan kaum ibu agar mandiri, membantu mendapatkan penghasilan tambahan serta meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia bagi para perempuan.

Pada tahun 2016, Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation kembali memberikan dana hibah sebesar Rp 1 Miliar untuk pemberdayaan perempuan dari keluarga pra sejahtera melalui Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di 3 wilayah yang baru yaitu Majalaya, Bandung (Jawa Barat), Grobogan dan Magelang (Jawa Tengah). Program ini merupakan keberlanjutan dari program micro financing yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, dan hingga saat ini jumlah penerima manfaat dari program tersebut adalah sebanyak 8.255 usahawan mikro perempuan.

Atikah
Penjual makanan di Klapanunggal, Bogor

Saya sangat bersyukur bisa bergabung di program kerja sama Maybank Indonesia dengan Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA). Melalui bantuan pinjaman yang diberikan dan pelatihan pengelolaan keuangan, saya dapat menjalankan usaha berjualan makanan dan sayuran serta dapat mengatur keuangan keluarga lebih baik lagi. Kini kehidupan keluarga semakin membaik dan saya mampu membiayai pendidikan anak hingga perguruan tinggi.

Warsiyem
Pembatik di Kulon Progo, Yogyakarta

Saya sangat senang bisa menjadi salah satu penerima manfaat program dana hibah bergulir Maybank Indonesia melalui Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA). Saya bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman modal usaha dan mengetahui bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik. Saya juga berterima kasih kepada Maybank Indonesia, KOMIDA dan para petugas yang selalu memberikan motivasi kepada saya sekeluarga untuk dapat memilki hidup yang lebih baik.