Seperti Apa Itu Investasi Jangka Panjang dan Apa Saja Pilihannya?

20 December 2019

Itu Investasi Jangka Panjang

Investasikan Dana Jangka Panjang Dengan Berbagai Produk Investasi di M2U ID App

Panduan Pembukaan Rekening Maybank

Investasi adalah suatu aktivitas menempatkan sejumlah dana ke instrumen tertentu untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Mengacu pada pengertian investasi tersebut, ada jangka waktu hingga dana yang diinvestasikan berkembang dan memberi keuntungan. Berangkat dari sinilah, muncul istilah investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

Jika investasi jangka pendek memiliki masa jatuh tempo yang terbilang pendek, yakni bisa beberapa bulan hingga 1 tahun, investasi jangka panjang memiliki jangka waktu yang lebih lama. Dalam beberapa kasus, jangka waktunya bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun.

Itu Investasi Jangka Panjang

Investor biasanya memilih investasi jangka panjang untuk mengarahkan dana khusus seperti untuk tujuan sosial atau kepentingan pengembangan perusahaan. Investasi jangka panjang juga kerap digunakan sebagai pengontrol perusahaan, menjamin ketersediaan bahan baku hingga mendapatkan penghasilan pasif. Jika Anda tertarik dengan investasi ini, berikut jenis-jenis investasi jangka panjang.

Emas
Bagi Anda yang sedang mencari investasi untuk pemula, emas bisa jadi kandidat yang sempurna. Dibandingkan instrumen investasi lainnya, emas memang tergolong sebagai instrumen investasi yang minim resiko. Nilai emas cenderung naik setiap tahunnya. Kenaikannya biasanya hampir sama dengan inflasi. Karena itulah, emas juga kerap dimanfaatkan untuk melindungi nilai dari kekayaan yang dimiliki.

Properti
Mirip seperti emas, properti juga tergolong sebagai instrumen investasi yang resikonya rendah. Setidaknya, risiko yang harus ditanggung terbilang kecil jika dibandingkan dengan potensi keuntungan investasi yang dapat diperoleh. Selain disimpan dan dijual saat harganya sudah cukup tinggi, properti juga bisa disewakan untuk mendapatkan cash flow.

Reksa Dana
Dewasa ini popularitas reksa dana sebagai instrumen investasi terus mengalami peningkatan. Selain karena memiliki return yang bagus, instrumen investasi ini juga bisa diperoleh dengan modal yang sangat kecil. Bahkan Anda bisa membeli reksa dana mulai dari Rp 100.000. Ada 4 jenis reksa dana yang bisa Anda pilih, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana campuran. Setiap jenis reksa dana memiliki tingkat return dan risiko yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.

Obligasi
Instrumen investasi yang satu ini juga memiliki jangka waktu yang beragam. Biasanya jangka waktu obligasi atau surat utang mulai dari 1 tahun dengan return yang cukup tinggi. Risikonya sendiri terbilang rendah. Karena itu, instrumen investasi ini cocok untuk investor pemula.

Saham
Jika dibandingkan dengan keempat instrumen investasi yang telah disebutkan sebelumnya, saham tergolong sebagai instrumen investasi dengan potensi return paling tinggi. Tidak mengherankan, banyak orang yang kaya karena berinvestasi saham. Namun perlu dicatat, risiko investasi ini juga tidak kalah tinggi. Untuk itulah, penting bagi calon investor saham untuk mengetahui bagaimana cara menemukan saham yang menguntungkan.

Asuransi
Sebenarnya asuransi lebih cocok disebut sebagai proteksi. Meski demikian, asuransi terus mengalami perkembangan. Bahkan saat ini ada asuransi yang tidak hanya memberi perlindungan namun juga bisa memberi keuntungan layaknya produk investasi. Contoh asuransi yang masuk dalam jenis ini adalah asuransi unit link dan asuransi dwiguna.

Agar sukses berinvestasi, Anda harus paham bahwa investasi bukanlah cara instan untuk menjadi kaya. Apa yang dimaksud dengan investasi juga sangat erat kaitannya dengan waktu dan kesabaran dalam menyisihkan sebagian penghasilan. Memahami prinsip dasar investasi juga sama pentingnya dengan mengetahui apa itu investasi.

Dengan memahami bahwa investasi adalah proses pembelajaran tanpa henti, upaya menekan keinginan untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan dan kesabaran untuk menunggu dana yang diinvestasikan berkembang, menjadi investor sukses bukanlah hal yang mustahil. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, Anda bisa memulai portfolio investasi Anda bersama Maybank  yang menyediakan pilihan dan solusi investasi yang tepat untuk Anda.

Source:
https://www.analisaforex.com/jenis-investasi-jangka-panjang/
https://koinworks.com/blog/jenis-investasi-jangka-panjang/
http://seputarpengetahuan.co.id/2017/10/pengertian-investasi-jangka-panjang-tujuan-bentuk-jenis-jenis-dan-contoh.html
https://finansial.bisnis.com/read/20190828/55/1141765/ini-5-jenis-investasi-jangka-panjang-menguntungkan-yang-patut-dicoba
https://www.cermati.com/artikel/ini-cara-agar-investasi-jangka-panjang-anda-suksesdiskartes.com/2018/12/investasi-jangka-panjang/