Cara Efektif Mengajarkan Si Kecil Menabung Sejak Dini

29 January 2019

Cara Efektif Mengajarkan Si Kecil Menabung Sejak Dini

Menyisihkan sebagian uang lalu menyimpannya adalah sebuah kebiasaan positif yang harus ditularkan pada si Kecil sedini mungkin. Jika kebiasaan ini dipupuk dengan baik, si Kecil akan tumbuh sebagai pribadi yang selalu memiliki tabungan masa depan sebagai jaminan finansial. Oleh karena itu, yuk ajarkan ia menabung sejak dini dengan tips berikut ini.

Ajari Si Kecil Untuk Menabung Sejak Dini

Maybank Superkidz

 

1. Diskusikan dengan Si Kecil


Tak ada cara lebih baik untuk mengenalkan tabungan masa depan selain dengan menjelaskannya secara langsung pada si Kecil. Anda bisa memulai diskusi dengan membicarakan apa yang ia inginkan dan butuhkan. Jelaskanlah perbedaan konsep kebutuhan dan keinginan tersebut agar si Kecil benar-benar memahaminya.


Setelah itu barulah hubungkan keinginan dan kebutuhan yang ia miliki dengan uang atau dana yang diperlukan untuk memenuhinya. Ingat, tekankan bahwa makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal adalah kebutuhan utama. Sementara yang lain merupakan keinginan yang bisa ditunda dahulu. Terakhir, jelaskan jika salah satu cara memenuhi keinginan yang tertunda tersebut adalah dengan cara menabung.

 

2. Memulai dengan Menabung di Celengan


Semakin dini Anda mengenalkan proses menabung, semakin kuat pula kebiasaan tersebut akan mengakar pada diri anak. Mulailah dengan mengajaknya menabung di celengan. Belikan celengan ayam atau bentuk lain yang ia suka. Anda bisa mengajaknya menabungkan uang logam yang ada di rumah. Lambat laun, izinkan ia menabung uang kertas yang jumlahnya lebih besar tiap kali si Kecil bisa menyisihkan sebagian uang jajannya.

Dengan mengumpulkan uang di celengan dan membukanya setelah penuh, si Kecil akan memahami pentingnya menabung. Ia juga akan merasakan betapa senang dan puasnya berhasil mendapatkan banyak uang dari usahanya selama ini. Perasaan ini penting diajarkan agar ia semakin memahami manfaat besar menabung.  


3. Buka Rekening Tabungan Anak


Setelah anak memahami dengan baik pentingnya menabung dan manfaat yang diperoleh, kini saatnya mengajak si Kecil untuk menabung di bank. Ajak ia untuk datang ke bank langsung dan membuka rekening tabungan anak. Jelaskan juga secara sederhana bahwa menabung di bank adalah cara lain untuk memudahkan aktivitas menyimpan uang. Hal ini akan memberinya pengalaman baru yang menyenangkan.

Anda bisa memilih Tabungan SuperKidz dari Maybank jika ingin mendapatkan berbagai keuntungan, seperti bebas administrasi dan biaya transfer. Selain itu, ada pula Kado Tahun Baru dan berbagai promo istimewa lain yang bisa didapat si Kecil. Asyiknya lagi, ada pula fasilitas SMS Banking untuk transfer dana sehingga tak perlu repot harus datang ke bank di tengah kesibukan rutinitas harian Anda. Sangat sesuai dengan gaya hidup milenial masa kini!

4. Berikan Contoh Menabung pada Anak


Si Kecil belajar melakukan sesuatu dari contoh yang diberikan kepadanya. Demikian pula dalam hal menabung. Anda perlu memberi contoh menabung agar ia ikut bergerak melakukannya dengan baik. Anda bisa mulai memberikannya contoh dengan cara menabungkan sebagian pemasukan untuk tabungan masa depan. Agar aktivitas menabung lebih menyenangkan, Anda juga bisa melibatkan si Kecil menabung bersama untuk liburan keluarga.

Mengajarkan anak untuk menabung memang tidak mudah. Namun jika Anda melakukannya dengan rutin, perlahan tapi pasti si Kecil akan semakin memahami manfaat memiliki tabungan masa depan. Teladan menabung yang Anda berikan tanpa henti juga akan membangun kebiasaan menabungnya sedari kecil. Yuk, ajari ia menabung dari sekarang!