Tips Mewujudkan Ibadah Kurban Setiap Tahun

29 January 2019

Tips Mewujudkan Ibadah Kurban Setiap Tahun

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen besar yang dinanti umat Islam. Dalam perayaan ini, umat Islam disunahkan untuk qurban hewan ternak. Sayangnya, tak semua orang mampu melakukan hal tersebut. Harga hewan kurban yang selalu naik setiap tahun membuat orang-orang kesulitan untuk melakukan ibadah tersebut.

Menabung Secara Syariah dengan pilihan produk sesuai kebutuhan Anda

Buka Tabungan Syariah

Namun dengan semakin banyaknya produk perbankan syariah, berkurban bukan lagi sekadar impian. Dengan menggunakan tabungan qurban, orang dengan penghasilan terbatas pun bisa melakukan ibadah satu ini. Simak beberapa tips agar Anda bisa rutin berkurban berikut ini.

 

1. Mengetahui Kisaran Harga Hewan Kurban


Seperti yang telah disebutkan pada awal, harga hewan kurban memang cenderung selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Oleh karena itu, jika berniat melakukan ibadah kurban tiap tahun, Anda harus selalu mengikuti perkembangan harga yang ada di pasaran. Anda harus memahami berapa persen kenaikan yang umum terjadi tiap tahunnya.


Dengan begitu, Anda pun bisa mengira-ngira budget yang harus disiapkan. Pastikan untuk mengetahui kisaran harga hewan kurban ini sejak jauh-jauh hari sebelum Idul Adha tiba. Hal ini dilakukan agar Anda mempunyai cukup waktu untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Sehingga hewan kurban yang diincar bisa didapat dan niat kurban Anda bisa terlaksana.


2. Membuat Target Tabungan


Setelah harga hewan kurban diketahui, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan budgeting yang matang. Targetkan berapa jumlah uang yang harus Anda tabung tiap bulannya. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga Anda bisa membeli hewan kurban yang diinginkan.


Buat perencanaan ini sejak jauh-jauh hari sebelum Idul Adha tiba. Anda tidak harus menabung dalam jumlah atau nominal besar. Hal yang paling penting adalah menjaga konsistensi untuk menyisihkan uang. Dengan begitu, niat berkurban setiap tahun pun bisa diwujudkan.


3. Membuka Tabungan Kurban


Saat ini, banyak instansi perbankan sudah membuka layanan tabungan kurban. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah tabungan MyPlan iB Qurban dari Maybank. Dengan layanan ini, Anda bisa mengetahui berapa kisaran harga hewan kurban di Idul Adha mendatang, hingga berapa jumlah uang yang harus Anda tabung perbulannya.


Layanan tabungan kurban ini dilakukan dengan asas syariah dan akad mudharabah. Itu sebabnya, program tabungan MyPlan iB Qurban dapat dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai syariat agama. Tak hanya itu, tabungan kurban dari Maybank ini juga bebas biaya administrasi dan dilakukan dengan sistem pendebetan langsung dari rekening Maybank yang Anda miliki.


4. Menabung dengan Emas


Cara lain agar Anda bisa berkurban tiap tahun adalah dengan menabung emas. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak terbiasa menabung dengan menyisihkan uang atau gaji. Selain mudah, menabung dengan emas juga tak akan membuat Anda rugi. Hal ini karena harga emas cenderung stabil di pasaran dan tidak mudah terpengaruh inflasi.


Nantinya, Anda bisa menjual atau menukar kepemilikan emas sejumlah nominal tertentu yang diperlukan untuk membeli hewan kurban. Jika ingin melakukan cara ini, Anda bisa mengikuti program tabungan emas yang diselenggarakan oleh beberapa instansi perbankan.


Dengan perencanaan dan strategi matang, niat untuk melakukan ibadah kurban pun bisa diwujudkan. Pastikan Anda tidak menyesal karena selalu gagal membeli hewan kurban yang diinginkan. Selamat menabung dan berburu pahala!