30 November 2023
PEMBERITAHUAN
Dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan Nasabah dalam bertransaksi melalui M2U ID App (mobile banking), PT Bank Maybank Indonesia, Tbk mewajibkan penggunaan fitur Secure2u sebagai metode otentikasi transaksi baik finansial maupun non-finansial, yang berlaku bagi seluruh pengguna M2U ID App.
- Apa itu Secure2u?
Secure2u merupakan fitur kemananan yang membuat transaksi baik finansial maupun non-finansial melalui M2U ID App menjadi lebih nyaman dan praktis, dimana transaksi dilakukan dengan Passcode, sehingga tidak perlu menunggu Transaction Authorization Code (TAC). Pastikan menggunakan Passcode kuat yang terdiri dari 5-8 digit PIN, serta pastikan nomor handphone yang didaftarkan untuk Secure2u adalah nomor handphone yang digunakan untuk mengakses M2U ID App.
- Perubahan yang dilakukan pada penggunaan Secure2u
Metode Saat Ini |
Perubahaan |
Untuk setiap transaksi melalui M2U ID App, Nasabah akan diminta untuk melakukan request SMS TAC atau memasukkan passcode Secure2u.
1 (satu) SMS TAC yang diterima Nasabah hanya berlaku untuk 1 (satu) kali transaksi dan hanya dapat digunakan selama kurun waktu yang ditentukan
|
Untuk setiap transaksi melalui M2U ID App, Nasabah wajib menggunakan dan memasukkan passcode Secure2u |
- Kapan perubahan mulai berlaku?
Penggunaan Secure2u sebagai metode otentikasi transaksi finansial dan non-finansial adalah wajib bagi seluruh pengguna M2U ID App, yang akan berlaku secara efektif secepat-cepatnya pada Desember 2023.
Kami sarankan Nasabah untuk segera mengaktifkan Secure2u pada perangkat yang digunakan untuk mengakses M2U ID App.
Apabila Nasabah mengakses M2U ID App menggunakan perangkat dengan Secure2u yang belum aktif setelah perubahan ini berlaku, maka Nasabah harus melalui verifikasi biometrik terlebih dahulu pada M2U ID App, atau menunggu selama 6 jam (periode cooling-off) sebelum dapat melakukan transaksi via M2U ID App.
- Apa itu One Device Binding dan apakah saya terdampak dengan adanya implementasi ini?
Implementasi M2U ID App – One Device Binding adalah sebagai berikut:
Kondisi |
Dampak |
Nasabah mengakses M2U ID App hanya melalui 1 perangkat saja, dengan kondisi Secure2u sudah aktif |
Nasabah dapat langsung login M2U ID App dan hanya akan terdampak jika Nasabah melakukan penggantian perangkat |
Nasabah mengakses M2U ID App melalui lebih dari 1 perangkat, dengan salah satu perangkat saja yang sudah aktivasi Secure2u |
Nasabah akan diarahkan untuk login menggunakan perangkat dengan Secure2u yang aktif, sedangkan perangkat lainnya akan dihapus sebagai perangkat terdaftar M2U ID App |
Nasabah mengakses M2U ID App melalui lebih dari 1 perangkat, dan belum pernah melakukan aktivasi Secure2u |
Nasabah akan diarahkan untuk mengaktifkan Secure2u pada perangkat yang lebih dulu digunakan untuk login M2U ID App.
Perangkat lainnya akan dihapus sebagai perangkat terdaftar M2U ID App setelah Nasabah berhasil melakukan aktivasi Secure2u dan login pada perangkat dengan Secure2u yang telah aktif tersebut
|
- Apa yang perlu saya lakukan?
- Pastikan untuk mengaktifkan Secure2u pada perangkat yang aktif digunakan untuk mengakses dan melakukan transaksi di M2U ID App
- Pastikan nomor handphone dan alamat email yang digunakan untuk mengaktifkan Secure2u adalah nomor handphone dan alamat email yang terdaftar di Bank. Apabila terdapat perubahan nomor handphone dan/atau alamat email, Nasabah agar melakukan pengkinian data nomor handphone dan/atau alamat email melalui menu pengkinian data di M2U ID App atau kunjungi Kantor Cabang Maybank terdekat.
- Pada saat mengaktifkan Secure2u, pastikan nomor handphone pada perangkat yang digunakan untuk mengakses M2U ID App adalah nomor handphone yang sama dengan yang terdaftar di sistem Bank.
- Pastikan passcode Secure2u menggunakan kombinasi 5-8 digit angka yang kuat. Hindari pengunaan tanggal lahir, angka yang sama (contoh: 11111), angka yang berurutan (contoh: 12345), ataupun angka yang mudah ditebak pihak lain .
- Lakukan perubahan passcode Secure2u secara berkala.
- Apa manfaat dari penggunaan Secure2u?
Penggunaan Secure2u memberikan kemudahan bagi Nasabah karena tidak perlu menunggu pengiriman SMS OTP/TAC untuk menjalankan transaksi. Selain itu Secure2u juga meningkatkan keamanan bertransaksi bagi Nasabah sebagai salah satu faktor otentikasi yang bersifat “What you know”.
- Bagaimana bila saya tidak bersedia melakukan aktivasi Secure2u?
Transaksi melalui M2U ID App tidak bisa dilakukan, karena untuk menjalankan transaksi di M2U ID App mewajibkan penggunaan Secure2u. Namun Nasabah masih tetap dapat melakukan transaksi melalui M2U ID Web.
- Bagaimana bila mengalami kendala terkait Secure2u?
Nasabah dapat menghubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau +622178869811 (dari luar negeri), atau melalui email ke customercare@maybank.co.id (Senin – Jumat pukul 08:00 – 20:00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08:00 – 17:00 WIB), atau kunjungi Kantor Cabang Maybank terdekat untuk bantuan lebih lanjut.
Panduan Aktivasi Secure2u
Panduan Pengkinian Data Nasabah
Panduan Unlock User ID
Panduan Akses M2U ID App
Terima kasih
Hormat kami,
Maybank Indonesia