Bijak Mengelola Keuangan demi Pendidikan Anak

31 Agustus 2022

Bijak Mengelola Keuangan demi Pendidikan Anak

Biaya pendidikan anak setiap tahun selalu meningkat. Untuk meringankan biaya pendidikan, Anda perlu mempersiapkan tabungan pendidikan dan mulai bijak mengelola keuangan.

Dalam rangka mempersiapkan tabungan pendidikan anak, hal yang perlu Anda lakukan sebagai berikut:

Survey Biaya Sekolah

Lakukan survey ke beberapa sekolah yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal atau sekolah yang Anda rasa cocok untuk anak. Lakukan survey biaya sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA sampai Universitas.

Hitung Biaya Inflasi

Setelah mendapatkan informasi mengenai biaya sekolah, hitung biaya inflasi minimal 8% per tahun dari total biaya saat ini agar mengetahui perkiraan biaya sekolah saat anak sudah mulai masuk sekolah. Contohnya: Jika anak masuk TK tahun depan dan biaya pendidikan TK sebesar Rp3.000.000 di tahun 2022. Maka biaya pendidikan TK dengan inflasi 8% sebesar Rp3.240.000. Jadi, biaya yang harus dipersiapkan setiap bulan adalah Rp270.000. Dengan begitu, dalam 12 bulan bisa terkumpul.


Besarnya biaya tergantung dengan tingkat pendidikan dan jangka waktu rencana menabung untuk pendidikan anak. Agar lebih mudah mengelola keuangan dalam rangka menabung biaya pendidikan anak, Anda bisa gunakan fitur 360 Digital Wealthyang ada ada M2U ID App persembahan Maybank Indonesia.

Berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika mengelola keuangan dan mengatur rencana keuangan Anda, seperti:

  1. Menentukan goals yang ingin dicapai.
  2. Terdapat simulasi investasi beserta perhitungan secara otomatis.
  3. Mendapatkan rekomendasi produk sesuai goals dan profil risiko.
  4. Banyak pilihan produk investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi.

Dengan keunggulan tersebut, Anda bisa membuat goals pendidikan anak di fitur 360 Digital Wealth pada M2U ID Apps. Untuk panduan lengkap mengelola keuangan bisa kunjungi halaman ini

Selain mengatur rencana pendidikan anak, Anda bisa tentukan goals lainnya dalam satu aplikasi. Sehingga rencana akan jadi lebih mudah dicapai tanpa bingung merencanakan total biaya tabungan setiap bulannya.

Fitur 360 Digital Wealth juga memungkinkan Anda untuk melihat aset dan pinjaman yang sedang berjalan. Anda juga bisa lihat pengeluaran keuangan setiap bulan hanya dalam satu aplikasi.

Yuk buruan atur rencana pendidikan anak di M2U ID App. Bijak mengelola keuangan dalam satu genggaman.