Perubahan Layanan Kantor Cabang Terkait Covid-19

Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan tindakan preventif guna mencegah penyebaran virus COVID-19 di lingkungan kerja bank serta untuk mewujudkan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawan, nasabah, mitra kerja dan masyarakat umum, maka Maybank Indonesia untuk sementara waktu mengalihkan operasional beberapa Kantor Cabang di Indonesia, menghentikan layanan Weekend Banking dan mengubah jam layanan operasional Kantor Cabang.

 

Perubahan Layanan Operasional Kantor Cabang

Sesuai arahan pemerintah, jam layanan operasional kantor cabang Maybank Indonesia pada periode 13 – 30 April 2020 :

Jam Layanan Operasional
08.30 – 14.00
(waktu setempat)

KECUALI untuk kantor cabang berikut ini:

Kantor Cabang Jam Layanan Operasional
KCI Balikpapan 08.30 – 14.00
(waktu setempat)
KCS Balikpapan
KCP Kebun Sayur, Balikpapan

Nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja melalui fasilitas M2U ID App (mobile banking), Maybank2u (internet banking), dan lebih dari 1.400 Maybank ATM & semua jaringan ATM Bersama, PRIMA dan ALTO.

*) pengalihan, penghentian dan perubahan layanan dapat sewaktu-waktu berubah sesuai perkembangan tentang COVID-19.

 

Pengalihan Operasional Kantor Cabang Maybank Indonesia

Dalam rangka mencegah potensi penyebaran COVID-19, Maybank Indonesia menutup sementara kegiatan operasional pada beberapa kantor cabangnya dan akan dialihkan ke kantor-kantor cabang berikut ini efektif 13 April hingga 30 April 2020 :

 

JABODETABEK
JAWA BARAT
JAWA TENGAH
JATIM, BALI & NUSA TENGGARA
SUMATERA UTARA
SUMATERA SELATAN
KALIMANTAN
SULAWESI & INDONESIA BAGIAN TIMUR

Penutupan Weekend Banking

 

Dalam rangka mencegah potensi penyebaran COVID-19, layanan SHS Weekend Banking Maybank tidak beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu, 11 – 12 April 2020 / 18  – 19 April 2020 / 25 – 26 April 2020 / 2 – 3 Mei 2020  di kantor cabang sbb:
 

Jakarta:

  • KCP Plaza Indonesia
  • KCP Plaza Senayan
  • KCP Taman Anggrek

Surabaya

  • KCP Mal Galaxy Surabaya
  • KCP Pasar Atum
  • KCP Tunjungan Plaza
  • KCP Supermal Pakuwon

 

Dan, layanan Safe Deposit Box (SDB) di KC Thamrin JKT tidak beroperasi pada Sabtu, 4 April 2020 dan Sabtu 11 April 2020.

Sebagai alternatif, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan melalui digital banking via Mobile Banking M2U dan Internet Banking.

Perubahan Jam Proses Transfer SKN , RTGS dan Valas.

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia efektif  30 Maret - 29 April 2020, terdapat perubahan batas waktu transaksi sebagai berikut:

  • Transaksi transfer SKN (Sistim Kliring Nasional) melalui M2U ID App (mobile banking), Maybank2u (internet banking) dan RTGS (Real time Gross Settlement) melalui Maybank2u (internet banking) mulai jam 8.00 – 13.30 WIB, sedangkan untuk transfer online melalui M2U ID App (mobile banking), Maybank2u (internet banking) tidak ada perubahan akan langsung diproses 24/7.
  • Sedangkan melalui cabang  sesuai dengan ketentuan dibawah ini:
    Jenis transaksi Batas waktu proses*
    Tranfer SKN (Sistim Kliring Nasional) Jam 8.30 - 13.30 WIB
    Transfer RTGS Jam 8.30 - 13.30 WIB
    Transfer Valas (Valuta Asing) Jam 8.30 - 13.30 WIB

    * Batas waktu proses diatas menggunakan waktu Indonesia Barat (WIB), sehingga untuk waktu lainnya menyesuaikan waktu lokal setempat.

Transaksi diatas waktu tersebut akan di proses pada hari kerja berikutnya.

Nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan melalui fasilitas M2U ID App (mobile banking), Maybank2u (internet banking) dan di lebih dari 1.400 Maybank ATM & semua jaringan ATM Bersama, PRIMA dan ALTO.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau email ke customercare@maybank.co.id

Saatnya untuk #DiRumahAja, tetap #stayproductive, transaksi finansial tinggal #M2UinAja.
Download M2U ID App di Play Store dan App Store.

Restrukturisasi/keringanan kredit

Adanya pandemic Covid-19 ini tidak saja berdampak pada aktivitas masyarakat namun juga keadaan ekonomi. Sebagai bentuk kepedulian #MyCareForYouandMe dan juga adanya kebijakan stimulus keringanan kredit Otoritas Jasa Keuangan yakni restrukturisasi kredit untuk Nasabah yang terdampak Covid-19.

Maybank Indonesia melayani permohonan pengajuan keringanan kredit dengan cara berikut :

  • Menghubungi Relationship Officer (RO) dan Relationship Manager (RM) yang melayani Nasabah selama ini tanpa harus datang ke kantor cabang untuk menghindari kontak fisik.
  • Melalui Maybank Customer Care di 1500611 atau email ke customercare@maybank.co.id
  • Permohonan online melalui website Maybank.

    Pengajuan Online
 

Upaya Pencegahan oleh Maybank Indonesia

Menanggapi perkembangan terkini penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, Maybank Indonesia menerapkan langkah-langkah preventif untuk meminimalisasi potensi penyebaran virus COVID-19 dan memprioritaskan keselamatan kerja bagi para karyawan, nasabah, mitra kerja dan masyarakat umum.

Sejalan dengan arahan pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran virus COVID-19, Maybank Indonesia secara aktif menerapkan tindakan preventif yang mencakup diantaranya memberlakukan split operations yakni karyawan dapat bekerja dari dua lokasi yang berbeda  untuk unit terkait operasional utama (critical business function). Kemudian, untuk unit lainnya, karyawan dapat melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH).

Selain itu, Maybank Indonesia juga mengoptimalisasi penggunaan teknologi untuk menunjang pekerjaan dan mengurangi kontak langsung termasuk penyelenggaraan acara-acara pertemuan dengan menggunakan media teknologi, serta menunda penyelenggaraan event-event Bank untuk sementara.
Dari sisi kesehatan dan keselamatan tempat kerja, Maybank Indonesia secara rutin melakukan sanitasi terhadap kantor cabang dan area kerja, menyediakan hand-sanitizer di cabang-cabang dan di setiap pintu keluar masuk ruang kerja, melakukan pengecekan suhu tubuh saat memasuki lokasi kerja guna memastikan karyawan dan nasabah dalam kondisi tidak demam, serta memberikan informasi terkini dan edukasi kepada karyawan perihal langkah preventif dan memitigasi penyebaran virus secara individu.

Khusus untuk karyawan garda depan (frontliner), mereka telah diperlengkapi dengan personal protection equipment agar layanan kepada nasabah tetap aman. Maybank Indonesia juga melakukan pemantauan terhadap seluruh karyawan dengan potensi terpapar Covid-19 serta memberlakukan ketentuan isolasi (self-isolate) selama 14 hari.

Seluruh langkah preventif yang diterapkan Maybank Indonesia pada operasional bank, karyawan dan nasabah merupakan upaya bank untuk memastikan layanan nasabah dan kegiatan operasional Bank tetap berjalan normal. Lebih jauh, tindakan preventif ini  diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 di lingkungan kerja Bank dan sekitarnya.

 

Disclaimer

Informasi jam layanan operasional Kantor Cabang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 dan akan diinformasikan kepada nasabah melalui www.maybank.co.id

Nasabah tetap bisa melakukan transaksi perbankan melalui  M2U ID App (mobile banking), Maybank2u (internet banking), Maybank ATM dan semua jaringan ATM Bersama, PRIMA, & ALTO.


Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Maybank Customer Care di 1500611 dan Maybank Customer Care email (customercare@maybank.co.id).