Maybank menghimbau seluruh Nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan perbankan kepada siapapun dan agar selalu waspada terhadap upaya penipuan yang terjadi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, terdapat berbagai tindakan kejahatan perbankan dengan bermacam modus dan motif, seperti Phising, Malware, Sim Swap, Phone Fraud dan kejahatan lainnya yang berbasis penyalahgunaan wewenang. #DatamuRahasiamu
Maybank akan terus berupaya mengembangkan fitur keamanan yang dapat melindungi informasi pribadi Anda dan utamakan keamanan dalam melakukan aktivitas perbankan Anda baik melalui M2U Maybank App, Maybank2u, Maybank SMS+ Banking, Maybank ATM dan Maybank Kartu Kredit & Debit.
Maybank tidak pernah menghubungi Nasabah melalui nomor telepon 1500611 atau +1500611 atau +69811 (diawali tanda +).
Nomor Maybank Customer Care di 1500611 hanya untuk menerima panggilan Nasabah
Beberapa tips keamanan dan kenyamanan bertransaksi:
Rahasiakan Data Anda
- Jangan pernah memberitahukan informasi kode One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code (TAC) , PIN, CVV / CVC, user ID dan password kepada pihak lain melalui cara apapun.
Maybank tidak pernah menghubungi Nasabah untuk meminta informasi data perbankan Anda seperti One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code (TAC), PIN, CVV / CVC, user ID dan password Anda.
-
Pastikan data pribadi Anda yang tercatat pada sistem Maybank terutama nomor handphone dan alamat email yang terkini atau saat ini Anda gunakan.
Segera lakukan pengkinian data dengan menghubungi Maybank Customer Care di 1500611, jika terjadi perubahan data, termasuk mengganti nomor handphone ke operator, pastikan untuk melakukan pengkinian data nomor handphone Anda ke pihak Bank.
Maybank mengirimkan informasi dan data perbankan Anda, termasuk PIN, One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code(TAC) ke nomor handphone (HP) yang tercatat pada sistem Maybank.
-
Gunakan password yang kuat untuk semua akses perbankan Kamu. Ubah password secara berkala .
Contoh: jangan menggunakan tanggal lahir untuk password atau nama Kamu sebagai user ID (mobile banking/ internet banking).

- Jika Anda menerima notifikasi pada M2U ID App atau Maybank2u untuk mengganti password, mohon segera ubah password Anda.
Transaksi kartu kredit & Debit serta digital banking.
-
Gunakan PIN Maybank Kartu Kredit di setiap transaksi Anda
Untuk mendapatkan PIN Maybank Kartu Kredit dapat dilakukan dengan cara:
- SMS ke 69811 dengan format PIN <spasi> KK <spasi> 8 Digit Akhir Maybank Kartu Kredit. Gunakan nomor handphone yang terdaftar di sistem Maybank Kartu Kredit. ATAU
- Menghubungi Maybank Customer Care di 1500611. ATAU
- Email ke customercare@maybank.co.id dengan menginformasikan:
Subject Email : PIN
Nama Pemegang Kartu :
Nomor Maybank Kartu Kredit :
Sesuai peraturan BI, kartu kredit hanya diperuntukkan untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant dan melakukan tarik tunai di mesin ATM, dilarang melakukan tarik tunai di merchant.
- Pastikan Anda telah menggunakan Maybank Kartu ATM/ Debit berteknologi chip
Segera tukarkan Maybank Kartu ATM / Debit (magnetik) dengan Maybank Kartu ATM/ Debit berteknologi chip di cabang Maybank terdekat.
-
Pastikan Maybank Kartu Kredit dan Debit berada pada Anda
Tidak memindahtangankan Maybank Kartu Kredit dan Debit kepada customer service di kantor cabang pada saat penggantian kartu rusak atau tutup kartu,sebelum kartu digunting dibagian chip dan magnetic stripe.
Tidak menyerahkan atau meminjamkan Maybank Kartu Kredit dan Debit kepada pihak yang datang untuk mengambil kartu Anda atau kartu digesek (swipe) pada alat apapun selain mesin EDC dengan alasan apapun.
Apabila Anda kehilangan kartu segera hubungi Maybank Customer Care di 1500611. Transaksi yang terjadi sebelum pelaporan dan pemblokiran kartu hilang menjadi tanggung jawab Nasabah.
-
Jangan mudah percaya jika menerima konfirmasi melalui telepon, SMS atau WA yang mengatas namakan Maybank
Nomor telepon Maybank Customer Care di 1500611 hanya digunakan untuk menerima panggilan Nasabah.
-
Pastikan Anda telah logout setelah melakukan akses pada Internet Banking maupun Maybank2u.
Pada saat ini sedang maraknya penggunaan aplikasi Virtual Private Network (VPN) yang dapat terkoneksi pada aplikasi sosmed (WA, Facebook (FB), Instagram (IG), dll), hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kemungkinan data perbankan Anda di sadap oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
Untuk menghindari hal ini jika Anda mengaktifkan aplikasi Virtual Private Network (VPN) free di smart phone, pastikan VPN dalam kondisi off atau disconnect pada saat Anda bertransaksi Maybank2u, Maybank2u App ataupun Maybank SMSá¶§ Banking.
-
Periksa aktivitas transaksi Anda secara rutin
Segera hubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau kunjungi cabang Maybank terdekat jika terdapat penarikan tunai yang tidak dilakukan oleh Anda. Laporan sanggahan transaksi maksimum 30 hari sejak transaksi dilakukan, jika lebih dari jangka waktu tersebut maka transaksi menjadi tanggung jawab Nasabah.
Apa itu Skimming, Phising dan SIM Swap dan cara menghindarinya
Skimming
Upaya pencurian informasi data pribadi Nasabah dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu kredit maupun debit secara ilegal.
Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari skimming:
- Pastikan Anda telah menggunakan Maybank kartu ATM / debit berteknologi chip.
- Utamakan menggunakan Maybank ATM.
- Perhatikan lokasi dan kondisi ATM yang Anda kunjungi, sebaiknya gunakan ATM yang berlokasi di cabang Bank tersebut.
- Pada saat menekan PIN, biasakan untuk menutup dengan tangan Anda dan selalu waspada dengan orang dan keadaan disekitarnya.
- Ubah PIN Anda secara berkala.
- Periksa aktifitas rekening dan saldo Anda secara teratur. Jika ditemukan transaksi yang bukan Anda lakukan segera laporkan kepada pihak Bank.
- Pastikan pihak Bank telah memiliki data pribadi Anda yang terkini seperti nomor telepon, karena kode otorisasi transaksi akan terkirim ke nomor telepon Anda.
Phising
Upaya penipuan melalui email dan situs internet yang dikirimkan kepada banyak orang dengan tujuan agar Nasabah memberikan data pribadi.
Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
- Pastikan Anda login atau mengakses informasi dari website yang resmi dan terpercaya. Pastikan alamat website dimulai dengan https://.... (terdapat huruf s) bukan http://.... Huruf s merupakan tanda bahwa situs telah dilindungi oleh enkripsi data.
- Install software untuk keamanan dan tetap melalukan update antivirus.
- Hindari akses perbankan online menggunakan jaringan WIFI ditempat umum.
- Jangan melakukan klik link atau mengunggah lampiran jika Anda menerima email, terutama informasi yang memberikan hadiah untuk Anda. Sebelum klik link yang terdapat pada email, arahkan kursor ke link yang tertera pastikan keterangan link Anda terima sesuai dengan pengirimnya.
Upaya memperoleh akses transaksi perbankan Anda dengan melakukan duplikasi atau pengambilalihan SIM card ponsel Anda secara illegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari SIM Swap:
- Jika layanan komunikasi melalui ponsel Anda tidak dapat digunakan, seperti tidak ada SMS dan telepon yang masuk, segera hubungi operator selular.
- Segera hubungi pihak bank dan operator selular jika menemukan indikasi SIM Swap.
- Jangan mempublikasikan nomor ponsel atau email Anda di media sosial. Gunakan nomor ponsel atau email yang berbeda khusus untuk transaksi perbankan.
- Selalu cek dan membaca SMS atau email notifikasi transaksi yang dikirimkan Bank.
- Jika menerima SMS atau email yang meminta Anda untuk mengklik situs yang tidak jelas, jangan dilakukan.