Pemberdayaan Masyarakat 

Program Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship

Maybank Indonesia dan Maybank Foundation bekerja sama dengan People System Consultancy memberikan pelatihan bagi difabel melalui program Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE). Program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) bagi para difabel ini, mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2016, dan bertujuan untuk membangun mindset, meningkatkan skill serta mengembangkan kapasitas usaha mikro, sehingga dapat memberikan dampak positif pada komunitas di sekitarnya.

Program ini menerapkan metode pelatihan 3 (tiga) hari, dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 (tiga-enam) bulan. Dalam masa pelatihan, para difabel dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset). Kemudian dalam program mentoring, para peserta didampingi mentor secara personal guna meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, untuk meningkatkan taraf hidup para difabel. Hingga pada Oktober 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada 2.552 orang penyandang disabilitas dan marjinal di 14 kota, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung, Palembang, Semarang, Padang, Pangkal Pinang, Magelang, Kupang, Makassar. Sejak tahun 2020 kami melanjutkan program RISE 2.0 yang dibagi menjadi 3 level yaitu basic, standard dan premium. Pelatihan basic dilakukan 3 hari, standard 4 hari dan premium dilakukan 6 hari.

Testimonial Program

Darwin [Testimoni 1]
Penjual Makanan, Peserta Program RISE di Bekasi

“Pelatihan RISE membuka wawasan saya dalam menjalankan usaha Mie Ayam dan Pisang Goreng yang saya miliki. Pelatihan RISE juga mengajari saya untuk dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang tepat sehingga memberikan keuntungan yang maksimal. Sekarang saya juga memahami pentingnya mengelola keuangan dan mempunyai dana cadangan yang cukup untuk keperluan darurat”

Santoso [Testimoni 2]
Penjahit, Peserta Program RISE di Yogyakarta

”Saya mulai membuka usaha menjahit di akhir tahun 2015. Saya sempat bingung dalam menjalankan usaha ini sampai pada akhirnya saya mengikuti pelatihan RISE. Pelatihan RISE membantu saya dalam menentukan arah usaha saya khususnya dalam usaha menjahit. Setelah pelatihan dan program mentoring, saya memfokuskan pengerjaan jahitan pada pakaian pernikahan karena belum ada yang menyediakan jasa tersebut di daerah saya. Saya juga mengkreasikan produk jahitan sesuai khas saya sendiri yang tidak dimiliki atau dibuat oleh penjahit lain. Kini, permintaan menjahit pun datang semakin banyak, bahkan dari luar kota. Saya sangat gembira, terharu, dan juga bangga dengan pencapaian ini”

I Made Wahyu Dhiatmika [Testimoni 3]
Usaha Warnet & Pembuatan Website, Peserta Program RISE di Bali

“Pelatihan RISE memberikan saya ide – ide baru yang dapat secara praktis diterapkan dalam usaha warnet dan pembuatan website yang sudah saya bangun. Dengan metode pemasaran yang menggunakan metode referral dan sistem membership membuat pengunjung semakin ramai yang datang. Saya juga memperbaiki kecepatan internet dengan menggunakan sistem yang lebih cepat. Selain itu, saya mengembangkan usaha dengan memberikan jasa konsultasi untuk pembuatan website dan juga konsultasi pendirian usaha warnet. Saya pun berhasil mendapatkan beberapa proyek dan meningkatkan penghasilan cukup baik”