5 ide usaha modal kecil yang Bisa Anda Coba

29 Juli 2022

5 ide usaha modal kecil yang Bisa Anda Coba

Susah mencari pekerjaan atau lelah bekerja di perusahaan membuat Anda ingin membuka usaha. Keinginan membuka usaha sendiri kadang terkendala modal besar. Beberapa ide usaha modal kecil bisa dikembangkan menjadi besar jika tekun saat menjalankannya.

Mengelola keuangan dengan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha wajib dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perkembangan usaha yang sedang dijalankan. Beberapa ide usaha modal kecil yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, diantaranya:

1. Dropshipper

Dropshipper adalah model usaha yang minim modal. Bahkan beberapa usaha dropshipper tidak memerlukan modal untuk menjalankannya. Dengan menjadi dropshipper, Anda menjadi orang ketiga yang menjembatani pemilik barang dagang ke pembeli. Di era serba digital saat ini, dropshipper jadi usaha yang menarik untuk dijalankan.

2. Usaha Makanan Beku

Usaha makanan beku  jadi ide usaha modal kecil yang bisa dikembangkan. Anda bisa membuat makanan beku seperti pempek, risoles dan makanan siap saji lain di rumah. Usaha makanan beku anda bisa dipromosikan melalui e-commerce atau marketplace yang tersedia.

3. Kerajinan Tangan

Memanfaatkan bahan disekitar lingkungan dan dijadikan sebuah souvenir menarik bisa jadi ide usaha modal kecil berikutnya. Tidak hanya membantu melestarikan lingkungan, Anda bisa mendapat penghasilan tambahan dari menjual produk daur ulang tersebut.

4. Jasa Titip

Beberapa produk yang biasa dijual offline tidak tersedia secara online. Usaha jastip jadi jenis usaha modal kecil yang bisa kamu coba. Melalui jastip, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari margin yang telah ditentukan. Jika Anda ingin mulai usaha jastip, berarti Anda perlu modal sesuai dengan kemampuan untuk membelikan barang tersebut terlebih dahulu.

5. Sayuran Hidroponik

Menanam sayuran dengan metode hidroponik bisa Anda dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayuran hidroponik. Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan bantuan cairan yang mengandung mineral. Sayuran hidroponik bisa dijadikan ide usaha modal kecil yang bisa Anda kembangkan agar terus menghasilkan keuntungan yang besar.

 

5 jenis usaha modal kecil di atas bisa Anda coba untuk kembangkan. Ketika sudah terlihat hasil dari usaha tersebut, Anda bisa membuat rencana usaha yang lebih besar. Jika sudah memiliki pasar yang baik, Anda bisa lakukan pinjaman modal usaha menggunakan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan nominal yang sesuai dengan rencana strategi bisnis.

Kredit usaha rakyat dari Maybank Indonesia jadi pilihan terbaik dalam membantu para pengusaha mengembangkan potensi usaha yang telah dijalankan. Maybank Indonesia mendukung program pemerintah dalam pengembangan UMKM Indonesia dengan memberikan akses pembiayaan modal usaha dengan bunga ringan.

3 keuntungan dari KUR Maybank Indonesia, seperti:

  1. Plafond pinjaman mulai dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta.
  2. Jangka waktu pembiayaan atau tenor sampai dengan 5 tahun.
  3. Suku bunga ringan.

Syarat dan ketentuan penggunaan KUR Maybank Indonesia bisa Anda lihat pada halaman ini.

Selain KUR, bagi Anda yang memiliki usaha dengan skala kecil bisa gunakan kredit modal kerja (KMK) dari Maybank Indonesia. Kredit modal kerja yang diberikan Maybank bertujuan untuk memberikan fasilitas pembiayaan bagi pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan dengan jangka waktu pengembalian maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kredit modal kerja Maybank, bisa lihat halaman ini

Tunggu apalagi? Yuk kembangkan usaha Anda bersama Maybank. Segala urusan jadi lebih mudah bersama Maybank Indonesia