Mulai 1 Juli 2020, transaksi kartu kredit domestik di mesin EDC Maybank WAJIB menggunakan PIN. Pastikan Pemegang Kartu mengetahui PIN sebelum melakukan pembayaran.

Untuk kelancaran transaksi, pastikan hal-hal berikut.

  1. Kasir telah memilih opsi PIN setelah memasukkan nominal transaksi
  2. Pemegang Kartu sudah masukkan PIN yang benar pada mesin EDC
  3. Pemegang Kartu sudah memperoleh PIN terkini dari bank penerbit Kartu.
  4. Jaringan pada mesin EDC sedang tidak mengalami gangguan.

Khusus Pemegang kartu kredit luar negeri yang bertransaksi di Indonesia, masih dapat menggunakan tanda tangan pada struk yang terdapat di mesin EDC.

Gunakan Mesin EDC Maybank

Menerima semua jenis kartu kredit dan atau kartu debit, yang diterbitkan oleh Maybank maupun Bank lain yang tergabung dalam jaringan : 

 

Persyaratan dan Biaya

Persyaratan Dokumen:

Dokumen Perorangan

Perseroan

Formulir aplikasi
Fotokopi KTP / paspor yang masih berlaku
Perjanjian Kerjasama (PKS)
Akte Perusahaan -
SIUP ( Surat Ijin Usaha Perdagangan ) / TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) / Surat Pengurusan  / Pembuatan TDP izin usaha / Surat pengurusan  pembuatan TDP izin usaha / Surat pengurusan izin usaha yang dikeluarkan oleh instansi terkait ( disesuaikan dengan jenis usaha )
NPWP
Surat kuasa (jika diperlukan)

Biaya sewa mesin EDC Maybank :

Jenis mesin EDC Biaya per bulan
Fix line Rp100.000,-
GPRS Rp200.000,-
3G *

*biaya sewa akan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di Maybank
Keterangan : untuk jenis mesin EDC yang baru, akan diinformasikan secara terpisah

Panduan perawatan dan penanganan kendala pada mesin EDC Maybank

MAINTENANCE (Perawatan mesin EDC):

  1. Ganti segera gulungan kertas slip EDC sebelum menipis untuk menghindari kegagalan cetak pada mesin EDC.
  2. Bersihkan mesin EDC menggunakan bahan atau material kering karena mesin tidak dapat terkena air atau material / bahan yang basah.
  3. Tidak diperbolehkan melepaskan / memasangkan line telepon atau kabel listrik.
  4. Jika terjadi kerusakan pada mesin EDC tidak perkenankan untuk membuka atau mencoba memperbaiki sendiri, segera hubungi nomor telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.


TROUBLESHOOT
(Penanganan kendala pada mesin EDC):

  • COMM ERROR :
    Setelah pengiriman data selama 30 detik. Jika tidak mendapat jawaban atau respon dari pihak Bank maka EDC akan menampilkan COMM ERROR pada layar tampilan.

    SOLUSI : 

    Ulangi transaksi yang sama. apabila setelah berulang kali namun tetap sama, segera hubungi nomor telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.

  • NO CARRIER, LINE BUSY :
    Line telepon yang digunakan untuk mesin EDC sibuk atau bermasalah.

    SOLUSI :

    Ulangi transaksi yang sama. apabila setelah berulang kali namun hasil tetap sama, coba gunakan telepon ke luar menggunakan line yang digunakan pada mesin EDC. Jika tetap bermasalah segera hubungi Telkom.

  • NO LINE : 
    Kabel / line telepon tidak terpasang.

    SOLUSI :
     
    Pasangkan kabel / line telepon ke mesin EDC.

  • CARD NO SUPPORTED : 
    Pembayaran dengan kartu kredit atau debit pelanggan tidak dapat digunakan.

    SOLUSI :
     
    Minta kartu kredit atau debit lain milik pelanggan.

  • READ CARD ERR : 
    Kartu kredit atau debit tidak dapat dibaca oleh mesin EDC.

    SOLUSI :

    Gesek ulang kartu kredit atau debit kembali, Jika setelah beberapa kali percobaan tetap menampilkan READ CARD ERR, minta kartu kredit atau debit lain milik pelanggan. Jika kartu lain dapat digunakan, maka kartu sebelumnya bermasalah. Apabila kartu lain tetap tidak dapat digunakan, maka mesin EDC sedang bermasalah segera hubungi nomor  telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.

  • PRINTER ERROR :
    Gulungan kertas slip EDC habis.

    SOLUSI :

    Isi ulang gulungan kertas slip EDC baru, lalu tekan pilhan menu REPRINT untuk mencetak ulang. Jika stok gulungan kertas slip EDC habis, segera hubungi nomor  telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.

  • SLIP TIDAK MENCETAK :
    Gulungan kertas slip EDC terpasang terbalik, atau kualitas kertas buruk.

    SOLUSI :

    Pasang kembali gulungan kertas slip EDC. Jika kualitas kertas buruk, minta kembali gulungan kertas slip EDC  baru dengan menghubungi nomor  telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.

  • TRX NOT SUPPORTED, SUSPECT FRAUD, BAD ACCOUNT, dll : 
    Transaksi tidak dapat dilakukan.

    SOLUSI :
     
    Minta kartu kredit atau debit lain milik Pelanggan.

  • MUST SETTLE FIRST : 
    Proses SETTLEMENT masih menggantung. Sebelum proses SETTLEMENT berhasil, mesin EDC tidak dapat melakukan transaksi lain.

    SOLUSI :
     
    Ulangi proses SETTLEMENT hingga berhasil. apabila proses tetap gagal segera hubungi nomor  telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.

  • TAMPER, DOWNLOAD NEEDED, NO *GO VARIABLE, LAYAR MATI/KOSONG :Mesin EDC rusak.

    SOLUSI :

    Hubungi nomor telepon help desk / call center Vendor yang terdapat pada sticker mesin EDC.