24 Agustus 2020

 

Maybank Indonesia dan Malaysia Menangkan Penghargaan “The World’s Best Consumer Digital Bank”dan “Best Website Design” 2020


Global Finance, media publikasi bisnis dan finansial terkemuka di dunia yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat menobatkan Maybank di Indonesia dan Malaysia sebagai pemenang penghargaan Perbankan Digital Terbaik untuk Konsumen di tingkat global “The World’s Best Consumer Digital Banks” pada putaran pertama periode 2020 untuk kawasan Asia-Pasifik dan di kesempatan yang sama, Maybank juga memenangkan penghargaan untuk sub-kategori Desain Situs Web Terbaik “Best Website Design” untuk tingkat regional.

Dikutip dari siaran pers Global Finance sebagai pihak penyelenggara, terdapat 3 (tiga) kategori penghargaan yang disediakan bagi pemenang yaitu kategori Perbankan Digital Terbaik untuk Konsumen (Best Consumer Digital Banks), Perbankan Digital Terbaik untuk Korporasi/institusi (Best Corporate/Institutional Digital Banks) dan Perbankan Digital Syariah Terbaik (Best Islamic Digital Banks) dimana ketiga kategori tersebut diberikan kepada pemenang di tingkat negara.
Pemenang dipilih dari berbagai kawasan di dunia yaitu Afrika, Asia-Pasifik, Eropa Tengah dan Timur, Amerika Selatan, Timur Tengah, Amerika Utara dan Eropa Barat.

Disamping penghargaan untuk ketiga kategori untuk tingkat negara, penyelenggara juga menyediakan penghargaan yang diberikan sesuai sub-kategori yang dimenangkan di tingkat regional. Ada pun sub-kategori tersebut meliputi sub-kategori Perbankan Dengan Sistem Keamanan Informasi Terbaik Dan Penanganan Fraud (Best Information Security & Fraud Management), sub-kategori Aplikasi Mobile Banking Terbaik (Best Mobile Banking App), sub-kategori Perbankan Digital Paling Inovatif (Most Innovative Digital Bank) dan sub-kategori Desain Situs Web Terbaik (Best Website Design).

Proses seleksi pemenang dilakukan melalui pengumpulan entry dari para peserta yang diseleksi oleh panel juri kelas dunia dari Infosys yaitu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan pemimpin pasar secara global yang menyediakan jasa konsultan, teknologi, dan outsourcing. Sedangkan editor Global Finance bertanggung jawab atas pemilihan akhir dari semua pemenang.

Penghargaan diberikan kepada institusi perbankan yang mengikuti kompetisi dan penghargaan diberikan kepada para pemenang yang berhak di tingkat regional, negara dan dalam kategori di mana terdapat entry.

Bank yang menjadi pemenang diseleksi berdasarkan beberapa kriteria yand ditetapkan diantaranya, strategi efektif untuk menarik dan menyediakan pelayanan digital kepada nasabah, tingkat akseptasi dalam mengadopsi perbankan digital, pertumbuhan pengguna, tersedianya beragam produk/solusi, bukti pemanfaatan inisiatif digital, desain dan fungsi situs web/aplikasi mobile yang ditawarkan.

Steffano Ridwan, Director Community Financial Services (CFS), Maybank Indonesia menegaskan “Penghargaan Perbankan Digital untuk Konsumen Terbaik ‘The World’s Best Consumer Digital Banks’ dari Global Finance yang diraih Maybank ini semakin mendorong semangat kami untuk senantiasa memberikan akses perbankan digital yang memberikan solusi keuangan bagi baik nasabah kami dimanapun dan kapanpun, terutama  di tengah pandemi yang sedang kita hadapi bersama.

Steffano menambahkan “Situasi pandemi ini telah mendorong kami untuk mempercepat transformasi digital kami dan menjadikan kami lebih kreatif dalam memberikan layanan perbankan serta melakukan komunikasi dengan para nasabah.”

Catatan untuk editor

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 Juni 2020, Maybank Indonesia memiliki 368 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 21 Mobil Kas Keliling dan 1.493 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir Juni 2020, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp105,8 triliun dan memiliki total aset senilai Rp164,1 triliun.