Mengenal Produk Perbankan Syariah dalam Dunia Investasi

18 Februari 2022

Produk Perbankan Syariah

Investasi Syariah Dalam Satu Genggaman di M2U ID App

Investasi Syariah Sekarang

Investasi merupakan sebuah kegiatan menempatkan sejumlah dana pada periode tertentu dengan harapan dana yang ditanam menghasilkan keuntungan atau nilai investasi meningkat di kemudian hari. Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, banyak produk perbankan syariah yang menawarkan berbagai macam instrumen investasi berbasis syariah.

Banyak yang belum tahu bahwa banyak produk perbankan syariah yang memberikan berbagai macam instrumen investasi syariah seperti deposito syariah, reksa dana syariah dan masih

1. Deposito syariah

Deposito Syariah adalah bentuk investasi yang sesuai syariah dengan prinsip mudharabah. Dalam pengaplikasian prinsip mudharabah, penyimpan atau deposan bertindak sebagai pemilik modal dan bank sebagai pengelola. Deposito berbasis syariah yang dikeluarkan Maybank Indonesia memiliki beberapa fitur dan keuntungan, seperti:

  1. Tersedia dalam mata uang Rupiah dan USD.
  2. Jaminan pembiayaan.
  3. Tenor fleksibel dengan berbagai pilihan hingga 12 bulan.
  4. Fasilitas perpanjangan otomatis.
  5. Bagi hasil kompetitif.
  6. Fasilitas pembayaran zakat dari bagi hasil yang dapat di setting secara otomatis jika diinginkan Nasabah.

Ketahui lebih lanjut mengenai Maybank Deposito iB, di sini

Buka Maybank Tabungan Syariah dan Buka Deposito Syariah secara online melalui M2U ID App

 

2. Reksa Dana Syariah

Reksa Dana Syariah merupakan instrumen investasi yang dikelola berdasarkan prinsip Syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan usury (riba), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Pengawas Syariah. Berbagai keuntungan Reksa Dana Syariah Maybank Indonesia, diantaranya:

  1. Dikelola oleh tenaga profesional.
  2. Pembelian Awal Reksa Dana mulai dari Rp 100,000. Lihat panduan.
  3. Transparan dan terlindungi karena diawasi oleh pemerintah Indonesia melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  4. Menurunkan risiko melalui diversifikasi.
  5. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Pelajari reksa dana lebih lanjut

3. Sukuk Negara Ritel (SR/ST) yang diterbitkan pemerintah

Sukuk merupakan Surat Berharga Negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset SBSN (efek syariah sebagai bukti kepemilikan atas aset), baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Beberapa hal penting yang bisa Anda pertimbangkan dari Sukuk Negara Ritel SBSN, seperti:

  1. Menjadi instrumen pembiayaan APBN.
  2. Dijamin 100% oleh Negara.
  3. Metode penerbitan melalui lelang, bookbuilding dan private placement.

 

Maybank Indonesia memberikan berbagai macam pilihan investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berbagai produk investasi dari Maybank Syariah di atas bisa Anda pilih untuk memulai investasi berbasis syariah yang aman dan dapat diandalkan. Sebelum berinvestasi, pastikan juga Anda sudah memiliki proteksi diri dengan produk Asuransi berbasis Syariah.

Temukan berbagai instrumen investasi dan tabungan Maybank Syariah di M2U ID App dan M2U ID Web, sekarang! Bersama Maybank Indonesia, kelola keuanganmu dalam satu genggaman.