5 Cara Menghemat Uang Agar Tidak Kehabisan di Akhir Bulan

27 Desember 2019

Gaji kecil kerap menjadi alasan kenapa beberapa orang sering kehabisan uang sebelum hari gajian tiba. Meski tidak selalu berakhir hutang, masalah seperti ini jelas tidak boleh dibiarkan. Manajemen keuangan yang buruk juga bisa memicu masalah finansial di masa depan. Untuk itulah, penting bagi setiap orang untuk mengetahui dan menerapkan cara menghemat uang yang benar, terlebih bagi mereka yang bergaji kecil.

cara Menghemat Uang

Tabung dan Atur Uang Bulanan Mu Dengan Tabungan Maksi

Selengkapnya

Tentukan Prioritas Kebutuhan

Apa prioritas kebutuhan Anda? Dalam menyusun skala prioritas, Anda bisa memulainya dari hal-hal yang paling mendasar seperti kebutuhan untuk makan, kebersihan dan kesehatan. Memulainya dari kebutuhan pokok adalah hal yang bagus. Setelah itu, baru susun prioritas lain. Anda juga harus tahu mana yang namanya kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Jangan sampai ada bias antara keduanya. Dengan memahami perbedaan tersebut, Anda tidak akan terjebak pada pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

cara Menghemat Uang

Susun Rencana dan Target Keuangan

Cara hemat uang tidak hanya sebatas bagaimana cara agar pengeluaran Anda bisa ditekan serendah-rendahnya. Anda juga harus memiliki target keuangan di masa depan. Misalnya saja seperti target untuk membeli rumah atau bahkan target untuk membuka bisnis. Susun rencana untuk mencapai target tersebut. Dengan memiliki target dan rencana, Anda tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

cara Menghemat Uang

Jangan Menunda untuk Menabung

Urusan menabung sebenarnya tidak ada hubungannya dengan berapa penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Selama Anda menerapkan manajemen keuangan dengan baik, Anda pasti selalu bisa menabung meski dalam jumlah yang sedikit. Cara terbaik untuk menabung adalah dengan menyisihkannya di awal bulan. Jangan menabung hanya karena ada sisa uang di akhir bulan. Jika Anda sudah memiliki rencana keuangan, sebenarnya tidak sulit untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung.

cara Menghemat Uang

Buat Dua Rekening Berbeda

Menghemat uang akan terasa jauh lebih mudah jika Anda memiliki dua rekening yang berbeda. Rekening pertama untuk menerima gaji dan rekening kedua untuk menabung. Untuk memenuhi kebutuhan bulanan, gunakan rekening pertama. Sedangkan untuk rekening kedua, rekening ini digunakan untuk memisahkan uang yang Anda tabung.

Saat membuat dua rekening yang berbeda, Anda bisa memilih untuk membuka rekening di bank yang sama atau justru memilih bank yang berbeda. Namun untuk menekan pengeluaran tambahan seperti biaya transfer, sebaiknya pilih opsi pertama. Kalau tetap ingin membuka rekening di bank yang berbeda, sebaiknya cari yang tidak ada biaya administrasi bulanannya

cara Menghemat Uang

Lunasi Tagihan

Kalau Anda memiliki beberapa tagihan, pastikan untuk melunasinya sesegera mungkin. Menunda membayar tagihan hanya akan membuat tagihan tersebut membengkak. Jadi entah itu tagihan listrik, air atau cicilan kendaraan, pastikan untuk membayarnya terlebih dahulu.

Satu hal lagi yang perlu diingat. Tidak peduli berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan tiap bulannya, semua akan langsung terkuras jika ada banyak tagihan yang harus ditanggung. Cicilan bulanan adalah salah satu titik yang kerap membuat keuangan Anda bocor. Untuk itu, batasi jumlah cicilan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Tips dan trik menghemat pengeluaran bulanan sebenarnya hanya panduan untuk membantu Anda mengatur penghasilan agar tidak habis di tengah jalan. Untuk merasakan manfaatnya, Anda harus menerapkannya dengan disiplin. Tidak ada salahnya sedikit prihatin di awal. Jika Anda mampu menerapkan manajemen keuangan dengan baik, Anda tidak akan kehabisan uang bahkan bisa mewujudkan rencana keuangan di masa depan.

Untuk mendukung upaya Anda dalam menghemat uang dengan pengaturan yang tepat, ada baiknya Anda memilih tabungan yang bisa membantu Anda untuk menabung sekaligus bisa memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi perbankan. Dalam hal ini Anda bisa memilih Maybank Tabungan MAKSI  yang bisa memberikan Anda banyak keuntungan dan kebebasan dalam bertransaksi sekaligus membantu Anda dalam menabung untuk mengatur uang bulanan.

Source:

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/27/050000726/6-tips-hemat-atur-gaji-untuk-kebutuhan-hidup-sebulan?page=all
https://www.cermati.com/artikel/4-cara-mudah-atur-gaji-bulanan-yang-kecil
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/18/080000026/begini-cara-utak-atik-gaji-kecil-agar-cukup-sebulan?page=all
https://www.modalrakyat.id/blog/6-tips-menabung-dengan-gaji-kecil-karena-yang-besar-diawali-dari-yang-kecil