Cara Efektif Mendapatkan Pembiayaan untuk Memulai Usaha

07 Mei 2019

Menjalankan usaha bukan perkara mudah, ada banyak kendala yang harus dihadapi. Entah itu usaha kecil, menengah, atau industri besar, semua memiliki kesulitannya sendiri-sendiri. Itu sebabnya sangat penting bagi Anda yang ingin memulai usaha, untuk tahu kendala dan bagaimana mengatasinya.

Solusi Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan

PINJAMAN untuk SME

Perhatikan Kendala yang Biasa Muncul saat Memulai Usaha

Secara umum, ada beberapa hal yang sering kali menjadi kendala untuk memulai usaha. Minimnya pengetahuan soal usaha yang hendak diterjuni banyak terjadi, oleh karena itu, Anda perlu banyak studi banding terhadap usaha-usaha sejenis yang telah berjalan. Ada pula kesulitan mencari tempat, karena baru mulai, tidak jarang mendapat tempat yang strategis untuk usaha baru tersebut. Minimnya keahlian juga kadang membuat pengusaha takut gagal atau khawatir. Untuk mengatasinya, memilih strategi yang hati-hati dan belajar dari usaha lain sangat penting.

Cara-cara Efektif untuk Mendapatkan Modal Usaha

Selain itu, urusan cari modal usaha seringkali jadi kendala utama untuk memulai atau mengembangkan usaha tersebut. Sudah bukan rahasia lagi jika tanpa modal yang cukup, usaha tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Jika Anda sedang memikirkan cara terbaik cari modal usaha, beberapa cara efektif berikut bisa dipertimbangkan.

  • Menggadaikan atau Menjual Aset

Jika Anda memiliki aset berharga, Anda bisa menggadaikan atau menjualnya. Kelebihan dari menjual aset adalah dana yang Anda dapatkan dari menjual aset tidak akan membuat Anda terlilit hutang. Jika Anda merasa sayang, menggadaikan juga pilihan yang baik. Bunga menggadaikan aset biasanya tidak sebesar melalui pinjaman biasa.

  • Menggunakan Tabungan

Menggunakan tabungan untuk modal usaha adalah cara yang paling aman dan tanpa resiko. Jika Anda punya tabungan yang cukup, tidak ada salahnya mengalokasikan tabungan untuk dana modal. Namun Anda perlu bijak agar tidak menghabiskan semua tabungan yang ada, Anda tetap perlu memiliki tabungan untuk keperluan-keperluan darurat.

  • Joint Venture

Istilah joint venture atau patungan modal sudah jadi hal umum di dunia usaha. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah siapa yang menjadi partner Anda. Pastikan Anda telah mengetahui dengan baik rekam jejak si partner, sehingga Anda tidak salah memilih.

  • Mencari Sponsor

Belakangan ini, mencari usaha lewat sponsor mulai marak dilakukan perusahaan-perusahaan startup. Anda bisa mencari sponsor lewat situs-situs yang mempertemukan sponsor dengan pemilik usaha atau yang biasa dikenal dengan sebutan crowdfunding sites. Selain mencari sponsor dengan cara tersebut, Anda juga bisa mendapatkan modal dari konsumen, dengan menjadikan mereka sponsor usaha Anda.

  • Mendapatkan Pinjaman dari Bank

Cara lain untuk mendapatkan modal yang cukup umum ditemui adalah mendapatkan pinjaman dari bank. Pinjaman dari bank umumnya dibagi menjadi dua, yaitu pinjaman dengan agunan dan tanpa agunan. Yang perlu diperhatikan saat meminjam dari bank adalah kredibilitas bank dan disarankan untuk pilih tenor cicilan yang paling singkat.

Maybank SUKA: Solusi Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan

Jika Anda tengah mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank, maka Maybank SUKA bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Mengajukan pinjaman Maybank SUKA sangat mudah, cepat, dan tidak ribet. Tersedia banyak produk yang bisa Anda pilih, dengan bunga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangka waktu kredit yang ada bisa mencapai 15 tahun, serta dilengkapi dengan layanan transaksi perbankan yang terintegrasi untuk memudahkan Anda. Dengan begitu banyak kemudahan dan keuntungan yang Maybank SUKA berikan, tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan pinjaman Anda.