Jurus Terhindar dari Penipuan Belanja "Online"

29 Januari 2019

Dengan segala kemudahan melalui hadirnya internet, berbelanja pun kian praktis. Anda hanya perlu mengunjungi situs belanja online, mengklik produk yang diinginkan, membayar barang lewat online banking, dan barang impian pun akan sampai di rumah dalam hitungan hari, bahkan jam.

Bagaimana Cara Buka Maybank Tabungan melalui M2U ID App?

  1. Download M2U ID di Play Store atau App Store
  2. Sediakan eKTP, foto selfie dan Ikuti 5 langkah mudah buka Maybank Tabungan.
  3. Kartu Debit akan langsung di kirimkan ke alamat korespodensi.  Segera lakukan aktivasi melalui M2U ID App jika Kartu Debit sudah diterima.

Panduan Pembukaan Rekening Maybank

Meskipun berbelanja online terlihat mudah dan menyenangkan, Anda tetap harus waspada terhadap potensi ancamannya.

Di balik keuntungan berbelanja di internet, penipuan adalah momok yang kerap kali membayangi setiap orang yang berbelanja di online marketplace. Lengah sedikit, bukan barang impian yang dikirim ke rumah, ujung-ujungnya Anda hanya bisa menggigit jari.


Karena itu, penting bagi Anda memahami beberapa hal penting terkait berbelanja di marketplace agar tidak menjadi korban penipuan. Tips yang dibahas di bawah ini diharapkan membantu Anda menghindari ancaman penipuan dunia maya semacam itu.

 

1.  Memastikan keamanan situs


Salah satu langkah krusial menghindari penipuan berbelanja online adalah memastikan terlebih dahulu bahwa situs tersebut aman.


Untuk mengetahuinya, cara sederhana yang bisa diterapkan adalah memastikan URL-nya dimulai dengan ‘https’. Huruf ‘s’ merupakan indikasi bahwa situs tersebut terproteksi keamanannya.


Selain itu, usahakan hindari menggunakan WiFi publik ketika berbelanja online. Sebab, sistem keamanan Wi-Fi publik lazimnya kurang terlindungi dengan baik. Kalau pun terpaksa menggunakannya, baiknya pastikan laptop atau gadget Anda terproteksi oleh antivirus maupun anti-malware.

 

2.  Perhatikan ulasan terhadap penjual


Hal penting yang perlu Anda ketahui: tidak semua online marketplace menjamin keamanan transaksi. Kredibilitas situs belanja yang bersangkutan jadi satu faktor yang perlu diteliti.


Sebelum melaksanakan transaksi di situs belanja online manapun, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Caranya praktis, cukup pelajari skema transaksi penjualan yang berlaku pada suatu situs belanja online.


Skema transaksi yang baik tentunya menjamin keamanan pembeli ketika berbelanja. Sebuah situs belanja online yang andal biasanya menyediakan sistem pembayaran dengan mekanisme ‘rekening bersama’ untuk meminimalkan tindak penipuan.


Dengan sistem tersebut, penjual hanya akan memperoleh hasil transaksi bila sudah mengirimkan barang ke pembeli. Jadi, pilihlah situs belanja online dengan skema terjamin seperti itu.


Selain mengecek skema transaksinya, Anda juga bisa mencari tahu ulasan konsumen bagi seorang penjual pada situs belanja online. Jika Anda banyak menemukan hal-hal mencurigakan atau penjual memiliki reputasi buruk maka sebaiknya Anda mencari pelapak lain dengan reputasi lebih baik.


3.  Membandingkan harga


Cara yang satu ini dilakukan untuk memastikan penjual tidak memanipulasi harga. Sebelum melakukan pembelian, Anda sebaiknya membandingkan harga produk sejenis dengan yang dijual pada situs e-commerce lain.


Produk yang ditawarkan jauh di bawah harga pasar juga perlu diwaspadai, terbuka kemungkinan penjualnya punya maksud kurang baik. Produk tersebut berpotensi dijual dengan kelengkapan aksesori yang tidak sesuai spesifikasi standar.


Selain itu, waspadalah pula terhadap diskon produk yang tidak wajar. Itu bisa jadi merupakan taktik penjualan.


Dalam beberapa kasus, harga barang telah jauh dinaikkan terlebih dahulu sebelum dipotong diskon. Pemberian diskon besar pun hanya bertujuan menarik perhatian banyak calon pembeli, padahal harga yang Anda bayarkan sesungguhnya harga pasaran.


4. Gunakan sistem pembayaran yang aman


Setelah mempelajari cara menghindari penipuan jual-beli online, hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan fasilitas perbankan dengan keamanan terjamin.


Untuk itu, ketika melakukan transaksi pembelian produk di situs belanja online, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi perbankan terpercaya. Misalnya, Maybank2u.


Asal tahu saja, Maybank2u merupakan layanan perbankan mobile banking dari Maybank Indonesia yang dapat diakses melalui ponsel pintar Anda. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda menjadi mudah melakukan berbagai transaksi dimanapun dan kapanpun, termasuk saat berbelanja online.

Tidak berhenti sampai di sana, Anda juga dapat mengelola portofolio rekening Anda, mulai dari tabungan, giro, deposito, kartu kredit, hingga pinjaman.


Pengamanan transaksi finansial merupakan keunggulan tersendiri dari aplikasi tersebut. Setiap melakukan transaksi finansial, nasabah Maybank mendapatkan perlindungan berupa TAC (transaction authorisation code), yang selalu berganti untuk setiap transaksi.


Dengan Maybank2u, niscaya belanja online kian terasa mudah dan menyenangkan.