PMI Bali Siagakan 160 Personil untuk Maybank Marathon 2019

Maybank Bali Marathon 2019 sudah didepan mata. Berbagai persiapan terus dipersiapkan untuk memaksimalkan event tahunan tersebut. Tidak hanya pihak Maybank Indonesia, namun para partner pun turut sibuk membantu perhelatan ajang maraton ini. Salah satunya adalah PMI Bali, yang akan menyiagakan sejumlah personil dan peralatan medis saat acara berlangsung. Hal ini sejalan dengan Maybank Marathon yang tahun ini berfokus pada keselamatan para peserta lari, baik sebelum, saat, maupun sesudah maraton.

Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan PMI Provinsi Bali, Bpk. Eko Wardani menyatakan bahwa pihaknya akan menyiagakan 160 personil, dimana 10 orang diantaranya merupakan dokter, 16 orang merupakan perawat/bidan, kemudian sisanya merupakan medical first responder, tenaga terlatih first aid, tenaga terlatih major insident and medical management support, serta tim pengendali operasi. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan Maybank Marathon tahun lalu.

PMI Bali turut mempersiapkan perlengkapan medis seperti peralatan first aid dan ruang perawatan, dengan rincian 3 unit AED, Oksigen, 10 unit ambulans, 10 ambulans motor, peralatan evakuasi, trauma kit, obat-obatan first aid, dan lainnya. Semua ini dikerahkan pada hari acara berlangsung.

"Titik-titik tim PMI ada di Water Station sama seperti tahun sebelumnya. Hanya saja penambahan personel dan peralatan," terang Bpk. Eko.

Dengan demikian, maka perlari tidak perlu khawatir akan kesiapan medis ketika acara berlangsung. Namun, resiko cedera yang muncul harus bisa dicegah atau diminimalisir. Hal ini akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Mari kita lari dengan aman!