Sisihkan Sebagian Rezekimu untuk Sedekah dan Zakat melalui M2U ID App

28 Maret 2023

Perbanyak Kebaikan di Bulan Suci Ramadan dengan Membayar Zakat & Sedekah

Panduan Bayar Zakat & Sedekah

Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Muslim dianjurkan untuk perbanyak ibadah, termasuk bersedekah dan membayar zakat. Zakat merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi bagi setiap Muslim yang mampu dan zakat sendiri dibagi beberapa jenis. Ada beberapa jenis zakat seperti zakat penghasilan dan zakat fitrah yang penting untuk dibayar saat bulan Ramadan.

Membayar zakat penghasilan merupakan bagian dari zakat mal (zakat atas harta) yang wajib dikeluarkan bagi seorang muslim atas harta yang berasal dari pendapatan/penghasilan rutin dari suatu pekerjaan yang mencapai nishab tertentu. Zakat tersebut dihitung dari penghasilan yang didapat dalam satu tahun dan wajib dikeluarkan sebesar 2,5%. Sedangkan zakat fitrah harus dibayar oleh setiap Muslim yang telah mencapai usia baligh dan mampu secara ekonomi. Zakat fitrah itu sendiri dikeluarkan sejak Ramadhan dan paling lambat dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Tidak hanya membayar zakat, bersedekah juga menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan. Bersedekah secara rutin dapat memberikan keberkahan rezeki untuk kita yang menjalankannya. Bersedekah dapat membantu meningkatkan kepedulian sosial serta mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.

*Nishab zakat penghasilan (tahun 2023) adalah senilai 85 gram emas atau setara dengan Rp.81.945.667,- per tahun atau Rp. 6.828.806,- per bulan. Jadi apabila penghasilan setiap bulan telah melebihi nilai nishab bulanan, makan wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5% dari penghasilan tersebut.(Source link: http://www.baznas.go.id )*

Untuk kemudahan membayar zakat dan bersedekah, Anda bisa melakukan pembayaran melalui beberapa metode seperti:

1.   M2U ID App

Anda bisa sisihkan sebagian rezeki untuk bersedekah dan membayar zakat dengan praktis dan efisien melalui M2U ID App versi Android. Melalui M2U ID App, segala jenis transaksi termasuk bersedekah dan berzakat bisa dalam satu genggaman. Untuk membayar zakat dan sedekah melalui M2U ID App, Anda bisa lakukan langkah berikut ini:

  • Download M2U ID. Lalu Login di M2U ID App.
  • Pilih “Bayar Tagihan” pada menu bar di bawah layar
  • Pilih “Zakat dan Donasi”
  • Pilih sumber rekening pembayaranmu. Setelah itu pilih produk dan klik “Lanjut”
  • Masukkan nominal yang ingin dibayar, lalu klik “OK”
  • Klik “Proses” dan pastikan semua data sudah benar. Selanjutnya klik “Konfirmasi dan Minta TAC”
  • Masukkan passcode Secure2u atau TAC sesuai dengan yang dikirimkan ke nomor handphone terdaftar. Lalu selesai.

2.   M2U ID Web

Anda juga bisa melakukan pembayaran zakat melalui M2U ID Web. Beberapa langkah pembayaran zakat dan sedekah yang dapat dilakukan melalui M2U ID Web, seperti:

  • Login M2U ID Web
  • Klik tab “Rekening dan Transaksi”
  • Klik “Pembayaran Tagihan” lalu pilih “Pembayaran Tagihan Lain”
  • Pilihlah “Zakat” sebagai kategori jenis tagihan. Selanjutnya pilih jenis tagihan.
  • Pilih sumber rekening dan jumlah zakat yang ingin dibayar
  • Pastikan semua data sudah benar, lalu klik “Request SMS Token/TAC”
  • Masukkan passcode Secure2u atau TAC sesuai dengan yang dikirimkan ke nomor handphone terdaftar. Lalu selesai.

3.   Melalui Maybank ATM Terdekat

Zakat atau bersedekah dapat dilakukan melalui Maybank ATM terdekat. Cek lokasi ATM Maybank terdekat di sini.

Pembayaran zakat dan donasi melalui Maybank merupakan pilihan yang tepat karena amanah dan disalurkan ke mitra lembaga pengelola zakat dan sedekah yang terpercaya seperti: Rumah Zakat, Baznas, Dompet Dhuafa dan masih banyak lagi.

Selain amanah, membayar zakat dan sedekah melalui layanan bill payment dari Maybank aman dan praktis. Anda bisa lakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja dalam genggaman. Kemudahan dan efisiensi pembayaran zakat melalui M2U ID App bisa bantu Anda mengatur keuangan harian dan bulanan namun tetap bisa berbagi rezeki ke sesama Muslim yang membutuhkan.

Yuk sisihkan rezekimu melalui layanan bill payment ! Perbanyak kebaikan di bulan yang suci bersama Maybank Indonesia.