Maybank menghimbau seluruh Nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan perbankan kepada siapapun dan agar selalu waspada terhadap upaya penipuan yang terjadi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, terdapat berbagai tindakan kejahatan perbankan dengan bermacam modus dan motif, seperti  Phising, Malware, Sim Swap, Phone Fraud dan kejahatan lainnya yang berbasis penyalahgunaan wewenang. #DatamuRahasiamu

Hati – hati dan selalu waspada terhadap berbagai modus atau tindak kejahatan perbankan  yang mengatasnamakan Maybank. Maybank tidak pernah meminta data perbankan Anda dengan alasan apapun dan melalui cara apapun. Nomor resmi Maybank Customer Care 1500611, tidak mengandung prefix* apapun atau tidak digunakan untuk menghubungi Nasabah. Abaikan telepon dari nomor yang menyerupai nomor resmi Maybank Customer Care, seperti di bawah ini dan nomor lainnya yang menyerupai nomor Maybank Customer Care:

+62 21 1500611            

+21 1500611

021 1500611

062 21 1500611

+69811

Keterangan:
*) Berupa nomor awalan sambungan telepon masuk yang disertai/tidak disertai simbol +, kode suatu negara maupun kota.

Maybank akan terus berupaya untuk mengembangkan fitur keamanan yang dapat melindungi informasi pribadi Anda dan mengutamakan keamanan dalam melakukan aktivitas perbankan Anda baik melalui M2U ID App, M2U ID Web, Maybank SMS+  Banking, Maybank ATM dan Maybank Kartu Kredit & Debit.

Beberapa tips keamanan dan kenyamanan bertransaksi: 

Rahasiakan Data Anda
Transaksi kartu kredit & Debit serta digital banking.
Transfer ke rekening virtual account

 

Apa itu Skimming,  Phising dan SIM Swap dan cara menghindarinya

Skimming

Upaya pencurian informasi data pribadi Nasabah dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu kredit maupun debit secara ilegal.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari skimming:

  • Pastikan Anda telah menggunakan Maybank kartu ATM / debit berteknologi chip.
  • Utamakan menggunakan Maybank ATM.
  • Perhatikan  lokasi dan kondisi ATM yang Anda kunjungi, sebaiknya gunakan ATM yang berlokasi di cabang Bank tersebut.
  • Pada saat menekan PIN, biasakan untuk menutup dengan tangan Anda dan selalu waspada dengan orang dan keadaan disekitarnya.
  • Ubah PIN Anda secara berkala.
  • Periksa aktifitas rekening dan saldo Anda secara teratur. Jika ditemukan transaksi yang bukan Anda lakukan segera laporkan kepada pihak Bank.
  • Pastikan pihak Bank telah memiliki data pribadi Anda yang terkini seperti nomor telepon, karena kode otorisasi transaksi akan terkirim ke nomor telepon Anda.

Phising

Upaya penipuan melalui email dan situs internet yang dikirimkan kepada banyak orang dengan tujuan agar  Nasabah memberikan data pribadi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan Anda login atau mengakses informasi dari website yang resmi dan terpercaya. Pastikan alamat website dimulai dengan https://.... (terdapat huruf s) bukan http://.... Huruf s merupakan tanda bahwa situs telah dilindungi oleh enkripsi data.
  • Install software untuk keamanan dan tetap melalukan update antivirus.
  • Hindari akses perbankan online menggunakan jaringan WIFI ditempat umum.
  • Jangan melakukan klik link atau mengunggah lampiran jika  Anda menerima email, terutama informasi yang memberikan hadiah untuk Anda. Sebelum klik link yang terdapat pada email, arahkan kursor ke link yang tertera pastikan keterangan link Anda terima sesuai dengan pengirimnya.
 

SIM Swap

Upaya memperoleh akses transaksi perbankan Anda dengan melakukan duplikasi atau pengambilalihan SIM card ponsel Anda secara illegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari SIM Swap:

  • Jika layanan komunikasi melalui ponsel Anda tidak dapat digunakan, seperti tidak ada SMS dan telepon yang masuk, segera hubungi operator selular.
  • Segera hubungi pihak bank dan operator selular jika menemukan indikasi SIM Swap.
  • Jangan mempublikasikan nomor ponsel atau email Anda di media sosial. Gunakan nomor ponsel atau email yang berbeda khusus untuk transaksi perbankan.
  • Selalu cek dan membaca SMS atau email notifikasi transaksi yang dikirimkan Bank.
  • Jika menerima SMS atau email yang meminta Anda untuk mengklik situs yang tidak jelas, jangan dilakukan.
 

Virtual Account

Modus Penipuan Menggunakan Virtual Account

Modus penipuan semakin marak dan beragam, salah satunya melalui virtual account. Selalu waspada berbagai upaya penipuan melalui transfer ke rekening virtual account:

  1. Mengaku sebagai saudara dekat atau teman.
    Pura-pura kenal dan mengaku sedang kena musibah atau kondisi terdesak, dan membutuhkan dana dalam waktu cepat.
  2. Penawaran investasi bodong
    Dapat penawaran investasi yang menjanjikan dengan keuntungan yang fantastis dan mengajak peserta mentransfer sejumlah dana melalui virtual account
  3. Belanja di e-commerce atau online store fiktif
    Belanja melalui sosial media/ online store/ e-commerce dan mengharuskan melakukan pembayaran diluar metode pembayaran resmi.
  4. Undian berhadiah palsu
    Waspada jika ada telepon atau pesan, yang menyatakan mendapatkan hadiah undian dan diminta transfer sejumlah dana dan meminta data perbankan dengan alasan tertentu.