Pemberitahuan Privasi
Pemberitahuan Privasi M2U
Maybank2u ID adalah aplikasi digital banking resmi dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk (selanjutnya disebut “Maybank”) yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan diperuntukan bagi Nasabah Maybank perorangan untuk melakukan transaksi perbankan secara mandiri.
Komitmen kami terhadap privasi Anda
Pemberitahuan Privasi ini menguraikan bagaimana Maybank mengumpulkan, menggunakan, memelihara dan mengungkapkan data pribadi Anda sehubungan dengan transaksi komersial dan bagaimana Maybank menjaga data pribadi.
Persetujuan Anda penting
Saat Anda meminta informasi atau mendaftar untuk produk dan layanan kami atau saat Anda melakukan transaksi komersial dengan Maybank, Anda mungkin diminta untuk memberikan data pribadi Anda kepada Maybank. Dengan demikian, Anda menyetujui penggunaannya oleh Maybank sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini. Data pribadi Anda mungkin telah diberikan kepada Maybank oleh pihak ketiga (misalnya pasangan Anda, perusahaan tempat Anda menjadi direktur, pejabat atau pemegang saham, atau kemitraan di mana Anda menjadi mitra) untuk produk atau layanan bahwa pihak ketiga tersebut telah meminta dari Maybank berdasarkan transaksi komersial yang dilakukan dengan Maybank. Dalam konteks ini, istilah "Anda" atau "milik Anda" dalam Pemberitahuan Privasi ini berlaku untuk setiap individu yang data pribadinya telah diberikan kepada Maybank dan/atau telah dikumpulkan dalam keadaan lain seperti yang dijelaskan dalam Bagian “Jenis data pribadi apa yang kita kumpulkan?” dari Pemberitahuan Privasi ini.
Kami dapat mengumpulkan data pribadi sensitif Anda. Kami hanya akan menggunakan data pribadi sensitif Anda untuk menyediakan layanan yang Anda daftarkan. Jika kami mengumpulkan, menggunakan, memelihara, atau mengungkapkan data pribadi sensitif Anda, kami akan meminta persetujuan eksplisit Anda.
Anda memiliki pilihan, setiap saat, untuk tidak memberikan data pribadi/data pribadi sensitif Anda atau mencabut persetujuan Anda atas pemrosesan Maybank atas data pribadi/data pribadi sensitif Anda. Namun, kegagalan untuk memberikan data pribadi/data pribadi sensitif tersebut atau pencabutan persetujuan Anda untuk memproses data pribadi/data pribadi sensitif yang diberikan dapat mengakibatkan Maybank tidak dapat menyediakan produk dan layanan yang efektif dan berkelanjutan kepada Anda.
Jenis data pribadi apa yang kami kumpulkan?
Data pribadi mengacu pada setiap informasi yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan individu, yang diidentifikasi atau dapat diidentifikasi dari informasi itu atau dari itu dan informasi lain yang dimiliki Maybank, termasuk data pribadi sensitif dan ekspresi pendapat, rekaman video yang dibuat melalui close kamera pengintai keamanan sirkuit ditempatkan untuk alasan keamanan dan rekaman audio tentang individu.
Sebagai bagian dari prasyarat yang diberikan OJK dalam proses pengenalan nasabah, Maybank2u ID akan meminta data nasabah antara lain Nomor KTP, Nama Lengkap, Tempat & Tanggal Lahir, Alamat, NPWP, informasi tentang Pekerjaan dan Data Keuangan, Nomor Telepon atau Handphone, dan swafoto pelanggan. Data tersebut akan dikirimkan dan disimpan dalam sistem perbankan Maybank (https://m2u.maybank.co.id) dan Maybank akan menjamin kerahasiaan data nasabah yang hanya akan digunakan untuk keperluan transaksi perbankan nasabah. Informasi nomor handphone hanya untuk pengiriman kode transaksi seperti SMS TAC/SMS OTP; dan Alamat Email untuk mengaktifkan fitur keamanan dan memberikan notifikasi transaksi yang terjadi di Maybank2u ID.
Data pribadi yang kami kumpulkan dapat bersifat wajib atau sukarela. Data pribadi wajib adalah data yang kami perlukan untuk menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda. Jika Anda tidak memberikan data pribadi wajib kepada kami, kami tidak akan dapat menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda. Data pribadi sukarela adalah data yang tidak wajib bagi kami untuk menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda. Jika Anda tidak memberikan data pribadi sukarela kepada kami, Anda masih dapat mendaftar untuk produk dan layanan kami. Data pribadi wajib dan sukarela berbeda untuk setiap produk dan layanan dan akan ditunjukkan dalam formulir aplikasi.
Bagaimana kami mengumpulkan data pribadi Anda?
Kami memperoleh data pribadi Anda dengan berbagai cara, seperti:
- Saat Anda mendaftar atau menggunakan salah satu dari banyak layanan yang kami sediakan atau saat Anda mendaftarkan akun di situs web Maybank; dan/atau
- Ketika Anda menghubungi Maybank melalui berbagai metode seperti formulir aplikasi, email dan surat, panggilan telepon dan percakapan Anda dengan staf kami di cabang. Jika Anda menghubungi kami atau kami menghubungi Anda menggunakan telepon, kami dapat memantau atau merekam panggilan telepon tersebut untuk tujuan jaminan kualitas, pelatihan dan keamanan; dan/atau
- Dari analisis kami atas transaksi Anda (misalnya riwayat pembayaran, pinjaman, atau saldo simpanan, pembelanjaan/pembayaran melalui kartu kredit/debit); dan/atau
- Kami juga dapat memperoleh data pribadi Anda saat Anda berpartisipasi dalam survei pelanggan atau saat Anda mendaftar untuk kompetisi atau promosi kami; dan/atau
- Ketika Maybank memperoleh data dan informasi dari pihak ketiga (misalnya lembaga referensi kredit, badan pengatur dan penegak hukum, pemberi kerja, pemegang rekening bersama, penjamin, perwakilan hukum, pasangan, orang tua, wali, tanggungan dan/atau perusahaan/kemitraan tempat Anda menjabat direktur , kepemilikan saham atau kemitraan di); dan/atau
- Saat Anda melakukan transaksi komersial dengan Maybank termasuk namun tidak terbatas pada Anda menyediakan barang dan/atau jasa atau jasa profesional Anda; dan/atau
- Dari rekaman video dari kamera pengintai keamanan sirkuit dekat dan rekaman audio; dan/atau
- Dari sumber yang tersedia untuk umum.
Data pribadi yang kami kumpulkan dari situs web kami:
-
Alamat IP
Alamat IP adalah nomor yang secara otomatis ditetapkan ke komputer Anda saat Anda mendaftar ke Penyedia Layanan Internet. Ketika Anda mengunjungi situs web kami, alamat IP Anda secara otomatis masuk ke server kami. Kami menggunakan alamat IP Anda untuk membantu mendiagnosis masalah dengan server kami, dan untuk mengelola situs web kami. Dari alamat IP Anda, kami dapat mengidentifikasi area geografis umum tempat Anda mengakses situs web kami. Umumnya kami tidak menautkan alamat IP Anda ke apa pun yang memungkinkan kami mengidentifikasi Anda kecuali diwajibkan oleh hukum dan peraturan. -
Informasi tentang Cookie
Cookie adalah elemen data yang dapat dikirim situs web ke browser Anda, yang kemudian dapat menyimpannya di sistem Anda. Kami menggunakan cookie di beberapa halaman kami untuk menyimpan preferensi pengunjung dan merekam informasi sesi. Informasi yang kami kumpulkan kemudian digunakan untuk memastikan tingkat layanan yang lebih personal bagi pengguna kami. Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada browser Anda sehingga Anda akan diberitahu ketika Anda menerima cookie. Silakan merujuk ke dokumentasi browser Anda untuk memeriksa apakah cookie telah diaktifkan di komputer Anda atau untuk meminta agar tidak menerima cookie
Apa tujuan pemrosesan data pribadi Anda?
Kami dapat memproses data pribadi Anda karena alasan berikut:
-
Untuk menilai aplikasi Anda untuk salah satu produk dan layanan kami; dan/atau
-
Untuk memverifikasi posisi keuangan Anda melalui pemeriksaan referensi kredit; dan/atau
-
Untuk mengelola dan memelihara akun dan fasilitas Anda; dan/atau
-
Untuk mengevaluasi kebutuhan keuangan Anda dan untuk terus melaksanakan kewajiban kontraktual antara Maybank dan Anda; dan/atau
-
Untuk menanggapi pertanyaan dan keluhan Anda dan untuk menyelesaikan perselisihan; dan/atau
-
Untuk fungsi internal seperti mengevaluasi efektivitas pemasaran, riset pasar, analisis statistik dan pemodelan, pelaporan, audit dan manajemen risiko; dan/atau
-
Untuk mencegah penipuan atau mendeteksi kejahatan atau untuk tujuan investigasi; dan/atau
-
Untuk alasan keamanan khususnya data pribadi yang dikumpulkan dari kamera pengintai keamanan sirkuit dekat.
Selain itu, kami juga dapat menggunakan data pribadi Anda untuk memenuhi persyaratan peraturan dan untuk alasan lain apa pun yang terkait dengan penyediaan layanan yang Anda butuhkan dan pemenuhan transaksi komersial yang Anda lakukan dengan Maybank.
Dari waktu ke waktu, kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan entitas lain dalam Maybank, agen kami atau dengan persetujuan Anda, mitra strategis yang memiliki hubungan dengan kami untuk produk dan layanan tertentu ("Entitas Lain") yang dianggap sesuai dan oleh Maybank Anda mungkin menerima komunikasi pemasaran dari kami atau dari entitas lain ini tentang produk dan layanan yang mungkin menarik bagi Anda. Jika Anda tidak lagi ingin menerima komunikasi pemasaran ini, harap beri tahu kami untuk menarik persetujuan Anda dan kami akan berhenti memproses dan membagikan data pribadi Anda dengan entitas lain ini untuk tujuan mengirimkan komunikasi pemasaran kepada Anda.
Anda memiliki pilihan untuk menarik persetujuan Anda untuk menerima materi/komunikasi pemasaran atau promosi, Anda dapat menghubungi kami menggunakan detail kontak yang terdapat di bawah ini. Harap dicatat bahwa meskipun Anda memilih untuk tidak menerima materi pemasaran atau promosi, Maybank masih dapat menghubungi Anda untuk tujuan lain sehubungan dengan rekening, fasilitas atau layanan yang Anda miliki atau telah dipergunakan dengan Maybank.
Kepada siapa kami mengungkapkan data pribadi Anda?
Data pribadi Anda yang kami pegang akan dijaga kerahasiaannya. Namun, untuk memberi Anda produk dan layanan yang efektif dan berkelanjutan serta tunduk pada hukum apa pun (termasuk peraturan, standar, pedoman, dan/atau kewajiban) yang berlaku untuk lembaga keuangan, kami mungkin perlu mengungkapkan data pribadi Anda kepada:
- Entitas Lain dalam Grup Maybank; dan/atau
- Agen referensi kredit ketika Anda mengajukan permohonan untuk produk berbasis kredit kami seperti pinjaman pribadi, kartu kredit, hipotek, dll; dan/atau
- Agen dan penyedia layanan kami dengan siapa kami memiliki perjanjian kontrak untuk beberapa fungsi, layanan, dan aktivitas kami; dan/atau
- Penyedia layanan keuangan sehubungan dengan produk dan layanan yang Anda miliki bersama kami (misalnya pialang hipotek, perusahaan asuransi); dan/atau
- Mitra strategis yang memiliki hubungan dengan kami untuk produk dan layanan tertentu jika Anda menyetujuinya; dan/atau
- Pihak yang diberi wewenang dan disetujui oleh Anda; dan/atau
- Penegakan peraturan dan lembaga pemerintah sebagaimana diizinkan atau diwajibkan oleh hukum, disahkan oleh perintah pengadilan atau untuk memenuhi kewajiban kepada otoritas pengatur.
Bagaimana kami melindungi data Anda?
Keamanan data pribadi Anda adalah prioritas kami. Maybank mengambil semua tindakan fisik, teknis dan organisasi yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi. Jika kami mengungkapkan data pribadi Anda kepada agen atau penyedia layanan resmi kami, kami akan meminta mereka untuk melindungi data pribadi yang diberikan kepada mereka dengan tepat.
Berapa lama kami dapat menyimpan data pribadi Anda?
Kami hanya akan menyimpan data pribadi Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya atau untuk mematuhi persyaratan hukum, peraturan, dan internal. Setelah itu kami akan merusak atau menghapus data Anda secara permanen.
Perubahan pada Pemberitahuan Privasi ini
Harap diperhatikan bahwa kami dapat memperbarui Pemberitahuan Privasi ini dari waktu ke waktu. Jika ada perubahan material pada Pemberitahuan Privasi ini, kami akan memberi tahu Anda dengan mempublikasikan pemberitahuan tentang perubahan tersebut di situs web kami atau dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda secara langsung. Silahkan melakukan pengecekan Pemberitahuan Privasi ini secara berkala untuk tetap mendapat informasi tentang bagaimana kami melindungi informasi Anda.
Bagaimana Anda dapat mengakses/memperbaiki/memperbarui data pribadi Anda?
Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa data pribadi yang kami simpan tentang Anda akurat, lengkap, tidak menyesatkan, dan mutakhir. Jika ada perubahan pada data pribadi Anda atau jika Anda yakin bahwa data pribadi yang kami miliki tentang Anda tidak akurat, tidak lengkap, menyesatkan atau tidak mutakhir, silakan hubungi kami agar kami dapat mengambil langkah untuk memperbarui data pribadi Anda atau Anda dapat memperbarui data pribadi Anda melalui fitur yang tersedia di aplikasi Maybank2u ID.
Anda memiliki hak untuk mengakses data pribadi Anda. Jika Anda ingin meminta akses ke data pribadi Anda, silakan hubungi kami. Kami juga dapat mengambil langkah-langkah untuk melakukan verifikasi identitas Anda sebelum memenuhi permintaan Anda untuk mengakses data pribadi Anda.
Bagaimana Anda bisa menghubungi kami?
Jika Anda perlu menghubungi kami, Anda dapat mengunjungi salah satu cabang kami, hubungi Call Center kami di 1500611, atau kunjungi kami di www.maybank.co.id. Untuk pelanggan korporat, Anda dapat menghubungi manajer hubungan Anda secara langsung.
Kami menyediakan Pemberitahuan Privasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jika ada ketidaksesuaian antara keduanya, versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku. Jika ada ketidakkonsistenan tentang cara kami mengumpulkan atau menggunakan data pribadi Anda antara Pemberitahuan Privasi ini dengan Syarat dan Ketentuan produk atau layanan spesifik Anda atau dokumen kontraktual lainnya, Syarat dan Ketentuan produk atau layanan spesifik Anda atau dokumen kontraktual lainnya akan berlaku.
Jika Anda telah memberikan Maybank data pribadi pihak ketiga, harap pastikan bahwa Anda telah memperoleh persetujuan pihak ketiga terkait dengan pemrosesan dan pengungkapan data pribadi mereka dan bahwa Pemberitahuan Privasi ini disampaikan kepada pihak ketiga tersebut.
Pernyataan Keamanan
Standar keamanan yang kami terapkan - dan apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap aman saat online
PT Bank Maybank Indonesia Tbk (selanjutnya disebut “Maybank”) berkomitmen tinggi untuk memastikan bahwa semua transaksi yang dilakukan melalui layanan keuangan online kami aman, aman dan rahasia. Untuk tujuan ini, kami menerapkan sistem kontrol perlindungan privasi yang dirancang untuk memastikan standar keamanan dan kerahasiaan tertinggi.
Nama pengguna dan kata sandi
- Perlindungan Informasi
- Kerahasiaan Data dan Integritas Data
- Keamanan dan Pemantauan Sistem
- Perlindungan Virus Komputer
- Memperbarui Peramban Anda
- Tip Keamanan
Nama Pengguna (User Name) dan Kata Sandi (Password)
Untuk mencegah akses tidak sah ke layanan keuangan online kami, setiap pelanggan diharuskan memilih nama pengguna dan kata sandi alfanumerik, yang menyediakan akses ke informasi keuangan mereka. Nama pengguna harus antara 8 hingga 20 karakter dan kata sandi alfanumerik antara 8 hingga 20 karakter. Kata sandi harus menyertakan huruf dan angka, dengan karakter khusus # $ & dan spasi sebagai pengecualian.
Nama pengguna dan kata sandi alfanumerik peka terhadap huruf besar-kecil. Misalnya, jika kata sandi Anda adalah "fuNNySAD2B" dan Anda memasukkan "fuNNySAD2b", Anda tidak akan dapat masuk ("b" harus huruf besar).
Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan integritas nama pengguna dan kata sandi Anda:
-
Jangan memilih kata sandi yang mudah ditebak orang lain.
-
Jangan menggunakan kata-kata sederhana, nama Anda, tanggal lahir, nomor telepon atau nama-nama yang tercantum dalam kamus standar.
-
Hafalkan kata sandi Anda dan jangan ditulis.
-
Kata sandi atau PIN harus digunakan saat mengakses akun online untuk melindungi informasi pribadi Anda.
-
Berbagi kata sandi atau PIN Anda dengan orang lain sama dengan memberikan otoritas kepada individu tersebut untuk menggunakan nama Anda dalam suatu transaksi. Itu tidak boleh diungkapkan bahkan jika diminta oleh Petugas Maybank yang berwenang.
-
Ubah kata sandi Anda sesering mungkin.
Perlindungan Informasi
Meskipun kami berusaha keras untuk memastikan pengalaman online yang aman dan terjamin, kami tidak memiliki kendali atas perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Maybank2u ID. Sebagai fitur keamanan tambahan, kami telah memasukkan fungsi logout otomatis jika tidak ada aktivitas yang terdeteksi setelah batas waktu yang telah ditentukan.
Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk mendapatkan akses ke informasi akun Anda:
-
Pastikan tidak ada yang memiliki akses ke perangkat Anda atau merekam aktivitas online Anda.
-
Selalu log out Maybank2u ID segera setelah menyelesaikan transaksi.
-
Jangan mengirimkan informasi apapun tentang akun Anda melalui email.
-
Nonaktifkan fungsi AutoComplete pada perangkat Anda untuk menghindari penyelesaian otomatis ID Anda saat Anda mengetik User ID.
Kerahasiaan Data dan Integritas Data
Sertifikat SSL menawarkan kepercayaan dan otentikasi ke situs web Anda.
Keamanan dan pemantauan sistem
Maybank telah mengadopsi kombinasi keamanan sistem dan langkah-langkah pemantauan berikut untuk transaksi online:
-
Sistem firewall, enkripsi data yang kuat, perlindungan anti-virus, dan sistem pengawasan keamanan 24 jam untuk mendeteksi dan mencegah segala bentuk aktivitas tidak sah pada sistem jaringan kami.
-
Tinjauan keamanan sistem kami secara berkala oleh Auditor Sistem Internal kami serta pakar keamanan eksternal.
-
Bila Anda memiliki broadband yang terhubung ke Internet (koneksi selalu aktif), pertimbangkan untuk memasang firewall pribadi. Minimal, matikan PC Anda saat tidak digunakan.
-
Kami juga melakukan segala upaya untuk memastikan kolaborasi dengan vendor/produsen besar untuk mengikuti perkembangan teknologi keamanan informasi, untuk kemungkinan implementasi dan masa depan.
Perlindungan Virus Komputer
Virus komputer adalah nyata dan setelah komputer Anda terinfeksi, Anda dapat menghabiskan waktu, kehilangan informasi, biaya perbaikan, dan kejengkelan. Pastikan computer/perangkat Anda memiliki program perlindungan anti-virus yang diinstal untuk mengurangi risiko.
Kami menyarankan Anda membeli program yang secara otomatis meningkatkan perlindungan virus Anda secara berulang. Jika saat ini Anda memiliki program perlindungan virus di komputer Anda tanpa fitur pemutakhiran otomatis, pastikan Anda memperbarui program pendeteksi virus setidaknya setiap bulan dan/atau ketika Anda mendengar adanya virus baru untuk meminimalkan risiko Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs Internet perusahaan yang menyediakan perangkat lunak Anda.
Selain itu, kami menyarankan Anda untuk tidak membuka lampiran dari orang lain kecuali Anda benar-benar yakin dapat memercayai sumbernya. Namun, sebaiknya berhati-hati. Siapa pun yang mengirimi Anda lampiran itu mungkin tidak tahu bahwa mereka telah membawa virus itu kepada Anda.
Memperbarui aplikasi/browser Anda
-
Selalu perbarui aplikasi/browser Anda saat versi baru dirilis karena sering kali menyertakan fitur keamanan baru.
-
Periksa aplikasi/browser Anda untuk fitur keamanan bawaan yang mungkin atau mungkin tidak Anda pilih untuk digunakan.
-
Jangan memasang ekstensi atau plugin yang tidak perlu ke browser web.
-
Hapus semua cache, cookie, dan file sementara secara teratur dari riwayat aplikasi/browser.
-
Merupakan praktik yang baik untuk selalu memeriksa sertifikat situs sebelum login.
Tips Keamanan
Lindungi Diri Anda dan Informasi Anda Secara Online.
10 cara mudah untuk melindungi diri sendiri:
-
Jangan membagikan kata sandi (password) Anda dengan teman, kerabat, atau siapa pun. Kata sandi (password) dan PIN Anda dirancang untuk melindungi privasi informasi perbankan Anda. Mereka hanya akan berfungsi jika Anda merahasiakannya.
-
Ubah kata sandi (password) Anda sesering mungkin. Jika Anda merasa kata sandi (password) Anda telah disusupi, hubungi kami untuk mengatur ulang kata sandi Anda (password).
-
Jangan gunakan fungsi "Ingat kata sandi (password)" karena informasi ini dapat dengan mudah diakses oleh peretas.
-
Jangan mengirimkan informasi apapun tentang akun Anda melalui email.
-
Jangan memberikan detail akun atau kata sandi (password) Anda sebagai tanggapan atas email atau telepon. Seorang petugas bank tidak akan pernah meminta informasi ini.
-
Jangan membuka lampiran email yang mencurigakan.
-
Hindari mengunduh program gratis. Ini mungkin menggabungkan perangkat lunak yang ramah peretas.
-
Selalu log out dari Maybank2u ID segera setelah menyelesaikan transaksi.
-
Kosongkan cache Anda (informasi yang tersimpan di memori komputer Anda) setiap kali Anda logout.
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang email apa pun dari Maybank atau curiga bahwa seseorang mungkin mencoba mendapatkan PIN atau informasi akun Anda dengan alasan yang tidak benar, segera hubungi Call Center 1500611 kami.