Maybank menghimbau seluruh Nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan perbankan kepada siapapun dan agar selalu waspada terhadap upaya penipuan yang terjadi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, terdapat berbagai tindakan kejahatan perbankan dengan bermacam modus dan motif, seperti  Phising, Malware, Sim Swap, Phone Fraud dan kejahatan lainnya yang berbasis penyalahgunaan wewenang. #DatamuRahasiamu

Hati – hati dan selalu waspada terhadap berbagai modus atau tindak kejahatan perbankan  yang mengatasnamakan Maybank. Maybank tidak pernah meminta data perbankan Anda dengan alasan apapun dan melalui cara apapun. Nomor resmi Maybank Customer Care 1500611, tidak mengandung prefix* apapun atau tidak digunakan untuk menghubungi Nasabah. Abaikan telepon dari nomor yang menyerupai nomor resmi Maybank Customer Care, seperti di bawah ini dan nomor lainnya yang menyerupai nomor Maybank Customer Care:

+62 21 1500611            

+21 1500611

021 1500611

062 21 1500611

+69811

Keterangan:
*) Berupa nomor awalan sambungan telepon masuk yang disertai/tidak disertai simbol +, kode suatu negara maupun kota.

Maybank akan terus berupaya untuk mengembangkan fitur keamanan yang dapat melindungi informasi pribadi Anda dan mengutamakan keamanan dalam melakukan aktivitas perbankan Anda baik melalui M2U ID App, M2U ID Web, Maybank SMS+  Banking, Maybank ATM dan Maybank Kartu Kredit & Debit.

Beberapa tips keamanan dan kenyamanan bertransaksi: 

Rahasiakan Data Anda
  • Jangan pernah memberitahukan informasi kode One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code (TAC), passcode Secure2u, PIN, CVV/VC, user ID dan password kepada pihak lain, termasuk petugas Bank atau pihak lain yang mengaku dari Bank melalui cara apa pun.

    Maybank tidak pernah menghubungi Nasabah untuk meminta informasi data perbankan Anda seperti  One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code  (TAC), Passcode Secure2u, PIN,  CVV / CVC, user ID dan password Anda.

  • Jangan pernah posting  informasi pribadi seperti nomor NIK, tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nomor telepon, foto KTP, foto SIM dan data pribadi lainnya di sosial media.
 
  • Pastikan data pribadi Anda yang tercatat pada sistem Maybank terutama nomor handphone dan alamat email yang terkini atau saat ini Anda gunakan. Apabila mengganti nomor handphone ke operator, pastikan untuk melakukan pengkinian data nomor handphone Anda ke pihak Bank

    Segera lakukan pengkinian data dengan menghubungi Maybank Customer Care di 1500611 atau melalui M2U ID App. Panduan pengkinian data melalui M2U ID App Klik disini

    Maybank mengirimkan informasi dan data perbankan Anda, termasuk PIN, One Time Password (OTP), Transaction Authorization Code(TAC) ke nomor handphone (HP) yang tercatat pada sistem Maybank.
 
  • Gunakan password yang kuat untuk semua akses perbankan Kamu. Ubah password secara berkala .
    Contoh: jangan menggunakan tanggal lahir untuk password atau nama Kamu sebagai user ID (mobile banking/ internet banking).
  • Jika Anda menerima notifikasi pada M2U ID App atau M2U ID Web untuk mengganti password, mohon segera ubah password Anda. 
Transaksi kartu kredit & Debit serta digital banking.
Transfer ke rekening virtual account

 

Modus Penipuan dan Cara Menghindarinya

Skimming

Upaya pencurian informasi data pribadi Nasabah dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada magnetic stripe kartu kredit maupun debit secara ilegal.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari skimming:

  • Pastikan Anda telah menggunakan Maybank kartu ATM / debit berteknologi chip.
  • Utamakan menggunakan Maybank ATM.
  • Perhatikan  lokasi dan kondisi ATM yang Anda kunjungi, sebaiknya gunakan ATM yang berlokasi di cabang Bank tersebut.
  • Pada saat menekan PIN, biasakan untuk menutup dengan tangan Anda dan selalu waspada dengan orang dan keadaan disekitarnya.
  • Ubah PIN Anda secara berkala.
  • Periksa aktifitas rekening dan saldo Anda secara teratur. Jika ditemukan transaksi yang bukan Anda lakukan segera laporkan kepada pihak Bank.
  • Pastikan pihak Bank telah memiliki data pribadi Anda yang terkini seperti nomor telepon, karena kode otorisasi transaksi akan terkirim ke nomor telepon Anda.

Phising

Upaya penipuan melalui email dan situs internet yang dikirimkan kepada banyak orang dengan tujuan agar  Nasabah memberikan data pribadi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan Anda login atau mengakses informasi dari website yang resmi dan terpercaya. Pastikan alamat website dimulai dengan https://.... (terdapat huruf s) bukan http://.... Huruf s merupakan tanda bahwa situs telah dilindungi oleh enkripsi data.
    - Corporate Website Maybank : https://maybank.co.id
    - M2U ID Web (Internet Banking) : https://m2u.maybank.co.id
    - M2E untuk Nasabah Korporasi : https://m2e.maybank.co.id
  • Install software untuk keamanan dan tetap melalukan update antivirus.
  • Hindari akses perbankan online menggunakan jaringan WIFI ditempat umum.
  • Jangan melakukan klik link atau mengunggah lampiran jika  Anda menerima email, terutama informasi yang memberikan hadiah untuk Anda. Sebelum klik link yang terdapat pada email, arahkan kursor ke link yang tertera pastikan keterangan link Anda terima sesuai dengan pengirimnya.
 

SIM Swap

Upaya memperoleh akses transaksi perbankan Anda dengan melakukan duplikasi atau pengambilalihan SIM card ponsel Anda secara illegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari SIM Swap:

  • Jika layanan komunikasi melalui ponsel Anda tidak dapat digunakan, seperti tidak ada SMS dan telepon yang masuk, segera hubungi operator selular.
  • Segera hubungi pihak bank dan operator selular jika menemukan indikasi SIM Swap.
  • Jangan mempublikasikan nomor ponsel atau email Anda di media sosial. Gunakan nomor ponsel atau email yang berbeda khusus untuk transaksi perbankan.
  • Selalu cek dan membaca SMS atau email notifikasi transaksi yang dikirimkan Bank.
  • Jika menerima SMS atau email yang meminta Anda untuk mengklik situs yang tidak jelas, jangan dilakukan.

Virtual Account

Modus Penipuan Menggunakan Virtual Account

Modus penipuan semakin marak dan beragam, salah satunya melalui virtual account. Selalu waspada berbagai upaya penipuan melalui transfer ke rekening virtual account:

  1. Mengaku sebagai saudara dekat atau teman.
    Pura-pura kenal dan mengaku sedang kena musibah atau kondisi terdesak, dan membutuhkan dana dalam waktu cepat.
  2. Penawaran investasi bodong
    Dapat penawaran investasi yang menjanjikan dengan keuntungan yang fantastis dan mengajak peserta mentransfer sejumlah dana melalui virtual account
  3. Belanja di e-commerce atau online store fiktif
    Belanja melalui sosial media/ online store/ e-commerce dan mengharuskan melakukan pembayaran diluar metode pembayaran resmi.
  4. Undian berhadiah palsu
    Waspada jika ada telepon atau pesan, yang menyatakan mendapatkan hadiah undian dan diminta transfer sejumlah dana dan meminta data perbankan dengan alasan tertentu.
 

Modus Penipuan Berkedok File .APK & .PDF!

Aksi penipuan melalui pengiriman File ataupun Link yang memuat .apk & .pdf  tengah marak disebarkan melalui aplikasi WhatsApp berkedok, undangan pernikahan, seminar, pesan dari kurir paket, tagihan/invoice, dll

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya:

  1. Jangan membuka/meng-klik /men-download  File apapun yang diterima dari Nomor yang Anda tidak kenal.
  2. Jangan membalas/merespon pesan dari Nomor yang Anda tidak kenal atau sumber mencurigakan yang mengaku dari Pihak Maybank.
  3. Selalu rahasiakan Data Pribadi Anda seperti: Nomor NIK/KTP/SIM/dll, Tanggal Lahir, Nama Gadis Ibu Kandung, Nomor Telepon, Foto, dan Data Pribadi lainnya dari pihak manapun, termasuk:
    1. OTP / TAC
    2. CVC / CVV (3 angka di belakang Kartu)
    3. User ID dan Password
    4. Nomor dan PIN Kartu Debit ATM / Kartu Kredit
    5. PIN Secure2U

Maybank tidak pernah meminta ataupun mengirimkan File maupun Link untuk diklik Nasabah dan juga tidak pernah meminta data Nasabah yang bersifat pribadi/rahasia/confidential.

Kenali akun-akun dan media komunikasi resmi Maybank Indonesia!        

Instagram

@maybankid

Twitter

@MaybankID

Facebook

MaybankIndonesia

Youtube

Maybank Indonesia

Whatsapp

Maybank (centang hijau) 0811 1055 1000

Maybank Customer Care

Hubungi 1500611 / +6221-78869811 (dari luar negeri)

Email  Maybank Customer Care

customercare@maybank.co.id