Jakarta, 04 Oktober 2024

 

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Penghargaan Diberikan atas Keunggulan Dalam Penyediaan Solusi Keuangan pada Segmen UKM Konvensional dan Syariah

 

PT Bank Maybank Indonesia Tbk, (Maybank Indonesia atau Bank) meraih penghargaan the Indonesia Product Experience of the Year untuk kategori ‘SME Banking’ dalam ajang The Asian Experience Awards 2024.

Penghargaan yang diberikan oleh the Asian Business Review ini mencerminkan keberhasilan Bank dalam menyediakan beragam solusi keuangan untuk segmen non-retail, khususnya para pelaku usaha segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang didukung jaringan oleh cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan kapabilitas dalam mengolah serta menganalisa data (data analytic) yang andal.

Maybank Indonesia menyadari pentingnya peran UKM dalam menyokong perekonomian. Sektor UKM diketahui mampu menyumbang sekitar 60% terhadap Pendapatan Domestik Bruto nasional dan memperkerjakan 97% dari angkatan kerja*. Sejalan dengan misi Bank, yaitu Humanising Financial Services, segmen UKM turut menjadi fokus bisnis utama mengingat dampak yang ditimbulkan bagi kelangsungan ekonomi nasional.

“Penghargaan The Indonesia Product Experience of the Year ini merupakan apresiasi atas keberhasilan Maybank Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bisnis sektor UKM di tengah berbagai sektor yang turut memainkan peran dalam memajukan perekonomian di Tanah Air,” ujar Head SME Banking Maybank Indonesia, David Wongso.

Berkaitan dengan dianugerahkannya penghargaan The Indonesia Product Experience of the Year kepada Maybank Indonesia, khususnya lini bisnis SME Banking, David menambahkan, layanan SME Banking Maybank Indonesia telah terus ditingkatkan serta bertransformasi untuk mampu mengikuti karakter maupun model bisnis UKM di Indonesia.

Hal ini di antaranya, proses untuk mengajukan pembiayaan yang simpel dengan jangka waktu persetujuan yang cukup singkat, limit pembiayaan properti untuk keperluan komersil yang optimal hingga 100% dengan suku bunga yang tetap (fixed rate), memberikan value yang lebih bagi kelangsungan usaha UKM nasabah.

Sampai dengan Agustus 2024, Maybank Indonesia mencatat pertumbuhan total kredit segmen UKM yang mengesankan yakni sebesar 16,3% atau naik sebesar Rp2,93 triliun dibandingkan dengan capaian pada Agustus 2023. Pada periode yang sama, total kredit segmen UKM Bank tumbuh 10% yaitu sebesar Rp1,9 triliun year-to-date 2024.

Pertumbuhan pembiayaan segmen UKM yang dicatat oleh Maybank Indonesia ini pun melampaui pertumbuhan industri pembiayaan UKM seiring dengan langkah Bank dalam menghadirkan solusi keuangan yang dirancang khusus untuk bisnis segmen UKM.

Solusi dan layanan keuangan yang disediakan oleh Maybank Indonesia untuk segmen UKM meliputi di antaranya, fasilitas modal kerja untuk mendukung kebutuhan arus kas, kredit investasi guna ekspansi atau pengembangan usaha seperti pembukaan cabang usaha, pembangunan gudang dan peningkatan kapasitas mesin. Selain itu, tersedia juga pembiayaan untuk perdagangan ekspor dan impor. Bank senantiasa berupaya membangun kemitraan yang berkelanjutan dengan para nasabah.

“Kami berupaya mewujudkan layanan keuangan yang sesuai dengan karakter maupun tahapan dari setiap nasabah. Inovasi turut memainkan peranan penting dalam menghadirkan solusi yang mampu memberikan nilai tambah, serta terus mendorong para nasabah pelaku UKM untuk mencapai potensi penuh mereka yang berkelanjutan,” ujar David.

The Asian Experience Awards 2024 dianugerahkan kepada sejumlah perusahaan yang mampu menciptakan serta mewujudkan brand experience terbaik bagi nasabah. Bagi Maybank Indonesia, penghargaan ini semakin memperkuat reputasi Bank sebagai pemimpin di sektor keuangan.

 

Catatan:

*) berdasarkan siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 24 Agustus 2023

******

Catatan untuk Editor

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.

Per Juni 2024, Maybank Indonesia memiliki 327 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 KCP Mobile dan 735 ATM (termasuk 26 Cash Recycle Machines/CRM) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp115,58 dan memiliki total aset senilai Rp189,16 triliun pada Juni 2024.

Untuk informasi lebih lanjut:

Bayu Irawan
Head, Corporate Communications
Email: ccommunications@maybank.co.id
Telp: +6221 2922-888

Info Maybank SME
KLIK DI SINI