Memahami Kembali Apa Itu Kartu Kredit dan Pentingnya untuk Kehidupan Modern

27 Desember 2019

Kemajuan teknologi di tengah perkembangan zaman era milenial telah membentuk pola transaksi keuangan yang mudah dan praktis. Tidak melulu dalam bentuk tunai atau debit, kartu kredit kini telah menjadi favorit banyak orang. Tentunya, hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat kartu kredit bagi kebutuhan sehari-hari.

Serba-serbi Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit sudah dikenal sejak lama, namun pola transaksi keuangan masa kini membuat kartu kredit jauh lebih bermanfaat dan praktis. Tapi, apa sebenarnya kartu kredit itu? Mari simak lebih dalam mengenai kartu kredit agar Anda memahaminya dengan benar dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

Secara sederhana, pengertian kartu kredit adalah alat pembayaran berupa kartu yang dalam transaksi keuangan, biaya pembayaran akan dipenuhi terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu. Setelah itu, pemilik kartu kredit wajib melunasi utang pembayaran kartu tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit yang membayar dari uang Anda sesungguhnya, sehingga kartu kredit mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi yang menggunakannya.

Meski demikian, pada banyak aspek, kartu kredit tidak berbeda dengan kartu debit. Satu-satunya perbedaan hanyalah pada sumber dana yang digunakan. Sumber dana kartu kredit adalah saldo terutang yang memiliki limit terbatas dalam jumlah tertentu. Misalnya, kartu kredit bisa diberi limit 3 juta, 5 juta, 10 juta, atau lainnya sesuai dengan profil Anda. Umumnya, besaran limit kartu kredit tidak akan melebihi gaji bulanan Anda.

Pemilik kartu kredit akan dikenakan biaya-biaya tertentu yang muncul akibat penggunaan kartu kredit tersebut. Biaya tahunan dibebankan pada pengguna kartu kredit sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak bank. Pada banyak kasus, biaya tahunan untuk tahun pertama sering digratiskan untuk memberikan manfaat lebih bagi pengguna kartu kredit.

Selain itu, ada pula biaya keterlambatan dan bunga. Biaya keterlambatan dikenakan jika pemilik kartu telat membayar tagihan. Sementara bunga dibebankan jika Anda menggunakan kartu untuk melakukan pembayaran secara kredit atau cicilan. Jika Anda overlimit dalam menggunakan kartu kredit, ada pula biaya yang perlu Anda bayarkan.

Di luar biaya-biaya tersebut, masih ada lagi biaya untuk beberapa fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit seperti biaya tarik tunai dan biaya informasi tagihan. Biaya tarik tunai biasanya dibebankan jika Anda menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang tunai. Sementara biaya informasi tagihan dibebankan saat Anda membutuhkan informasi tagihan secara detail dan lengkap. Jika memungkinkan, pilih kartu kredit bebas biaya bulanan agar lebih ringan.

Pentignya_Kartu_Kredit

Peran Penting Kartu Kredit dalam Kehidupan Modern

Jika tidak jauh berbeda dengan kartu debit, lantas apa peran penting dan fungsi kartu kredit dalam kehidupan modern, khususnya dalam bidang keuangan? Tidak sulit menjawab pertanyaan tersebut. Simak beberapa manfaat dan kegunaan kartu kredit di bawah ini!

  • Bisa Bertransaksi Keuangan meski Sedang Tidak Punya Uang Kas
    Kartu kredit memiliki peran penting karena dengan menggunakannya, Anda bisa melakukan transaksi keuangan bahkan ketika Anda sedang tidak memiliki uang kas untuk melakukannya. Itulah keuntungan yang pertama sekaligus yang utama, yaitu Anda bisa bertransaksi dengan mudah saat tidak memiliki uang kas.
  • Tersedia Banyak Promo bagi Pengguna Kartu Kredit
    Bagi Anda yang gemar berbelanja, tersedia banyak promo jika Anda menggunakan kartu kredit secara aktif. Banyak merchant yang memberikan potongan harga jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli produk mereka. Tidak jarang juga, Anda bisa membeli produk dengan cicilan 0%.
  • Ada Beragam Reward yang Tersedia
    Tidak hanya promo dan potongan harga, saat Anda menggunakan kartu kredit, bank yang menerbitkan kartu kredit biasanya memberikan reward karena penggunaan Anda. Reward yang Anda dapatkan bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik, voucher, maupun berbagai hal menarik lainnya. Semakin sering Anda menggunakan kartu kredit, semakin besar pula reward yang diberikan.
  • Kemudahan Berbelanja Secara Online
    Tren belanja masa kini tidak jauh dari yang namanya belanja online . Untuk urusan belanja online , kartu kredit memberikan Anda kemudahan yang amat luas mulai dari teknis yang mudah dengan hanya memasukkan nomor kartu kredit saja, hingga potongan harga dan diskon yang hanya bisa didapatkan jika Anda membayar menggunakan kartu kredit.
  • Transaksi Bisa Dilakukan Di mana Saja
    Transaksi menggunakan kartu kredit bisa dilakukan di mana saja. Tidak terbatas di dalam negeri saja, Anda bahkan bisa menggunakan kartu kredit di luar negeri. Tidak perlu bingung soal mata uang dan sebagainya, bank yang menerbitkan kartu kredit akan mengurus semuanya.

Pentignya_Kartu_Kredit

Jenis-jenis Kartu Kredit

Ada berbagai jenis kartu kredit yang tersedia saat ini. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal dari kartu kredit, Anda harus memahami berbagai jenis kartu kredit tersebut. Berikut jenis-jenis kartu kredit yang umum tersedia di Indonesia.

  • Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitny
    Kartu kredit dibagi menjadi beberapa jenis kartu berdasarkan limit yang diberikan bank pada pengguna kartu, yaitu
    • Classic
    • Gold
    • Platinum
    • Signature
    • Infinite
  • Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasinya
    Berdasarkan afiliasinya, kartu kredit dibagi menjadi kartu kredit affinity (seperti kartu kredit mastercard dan visa), kartu kredit co-branding, dan kartu kredit private label.

Pentignya_Kartu_Kredit

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Meski kartu kredit memberikan banyak kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan, namun seseorang akan mudah terlilit hutang jika menggunakan kartu tersebut secara sembarangan. Untuk itu, ada beberapa cara menggunakan kartu kredit dengan aman.

  • Membatasi Pengeluaran Saat Menggunakan Kartu Kredit
    Tidak harus menunggu mencapai batas limit untuk membatasi pengeluaran kartu kredit. Gunakan hanya seperlunya saja agar tidak menanggung terlalu banyak hutang di bulan yang akan datang.
  • Tidak Pernah Terlambat Membayar Tagihan
    Selain adalah kewajiban pemilik kartu kredit, membayar tagihan tepat waktu akan menghindarkan Anda dari denda yang besar. Banyak orang terjebak denda dan akhirnya gagal bayar karena terlambat membayar tagihan.
  • Kendalikan Diri Saat Ada Promo
    Promo yang didapat saat menggunakan kartu kredit juga tidak harus selalu digunakan, sebab itu akan membuat Anda terjerumus untuk makin banyak berhutang. Kendalikan diri untuk membeli seperlunya saja meskipun ada promo atau potongan yang menggiurkan. Hati-hati pula dengan tawaran rewards atau potongan dari merchant yang berafiliasi dengan kartu kredit Anda. Terkadang, promo menggiurkan dari mereka membuat Anda menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.
  • Selalu Cek Data Tagihan dengan Cermat
    Sebaiknya Anda selalu mencatat penggunaan kartu kredit secara pribadi. Perhatikan dengan baik tagihan yang datang setiap bulan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan pencatatan transaksi oleh bank atau bisa bermanfaat jika terjadi pembobolan kartu kredit.
  • Perhatikan Keamanan PIN Anda
    PIN adalah kunci untuk persetujuan transaksi. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan PIN Anda . Pastikan juga Anda tahu cara menutup kartu kredit agar bisa mengambil tindakan jika terjadi apa-apa.
  • Stop Tarik Tunai dari Kartu Kredit
    Sebisa mungkin, jangan menarik uang tunai melalui kartu kredit. Bunga yang dibebankan oleh bank cukup tinggi, bisa mencapai 4-5% per bulan. Bunga sebesar itu bisa memberatkan kondisi keuangan jika income bulanan tidak berlebih.
  • Bayar Tagihan Rutin Bulanan dengan Kartu Kredit
    Tagihan rutin bulanan bisa memberikan bonus reward bagi Anda. Apalagi biasanya bunga yang diberikan tidak terlalu besar, atau bahkan ada yang tidak dikenakan bunga.

Pentignya_Kartu_Kredit

Mendapatkan kartu kredit tidaklah sulit. Anda bisa datang langsung ke bank untuk mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit. Salah satu pilihan kartu kredit terbaik bagi Anda adalah Maybank Kartu Kredit. Tersedia berbagai pilihan untuk disesuaikan dengan beragam kebutuhan Anda. Berikut produk Maybank Kartu Kredit yang bisa Anda pilih:

Maybank Kartu Kredit Visa Infinite

Produk kartu kredit dari Maybank ini ditujukan untuk berbagai kegunaan dan kepentingan transaksi keuangan. Maybank Kartu Kredit Visa Infinite  adalah kartu kredit yang ditujukan untuk Anda yang ingin menikmati indahnya hidup tanpa batas. Kartu ini memberikan TREATS Points reward yang kompetitif sehingga Anda dapat terbang gratis lebih cepat dengan menukarkan ke Mileage. Anda juga dapat mengakses dengan gratis berbagai airport lounge domestik atau menikmati complimentary green fee di berbagai lapangan golf dalam dan luar negeri yang bekerja sama. Nikmati juga complimentary birthday gift berupa 2 tiket nonton di XXI Premier.

Maybank White Card

Maybank White Card  didesain khusus dan ditujukan untuk pekerja muda dan profesional muda yang suka melakukan traveling. Berbagai fitur Maybank White Card  benar-benar ditujukan untuk memudahkan aktivitas traveling. Kartu ini memberikan garansi nilai tukar rendah baik transaksi di mesin EDC maupun transaksi online. Anda juga dapat mengubah transaksi Anda di hotel, airlines, travel agent, dan transaksi di mesin EDC di luar negeri menjadi cicilan 0% hingga 12 bulan. Dengan melakukan pembelian tiket pesawat menggunakan Maybank White Card, Anda mendapatkan asuransi perjalanan gratis dengan nilai pertanggungan hingga Rp1 miliar dan asuransi ketidaknyamanan perjalanan seperti keterlambatan pesawat atau kehilangan bagasi dengan nilai pertanggungan hingga Rp10 juta.

Maybank Kartu Kredit JCB

Untuk Anda yang menyukai segala hal tentang Jepang, bahkan suka bepergian ke Negeri Sakura tersebut, Maybank Kartu Kredit JCB  wajib dimiliki. Lewat kartu ini, Anda bisa menikmati beragam promo menarik yaitu lebih hemat hingga Rp 2 juta untuk persiapan perjalanan Anda ke Jepang dengan pemesanan melalui Traveloka. Anda juga dapat mengakses dengan gratis Sapphire Blue Lounge di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dengan menunjukan tiket penerbangan Anda ke Jepang dan akses gratis ke JCB Airport Lounge dan JCB Plaza di berbagai negara.

Tersedia juga fitur cicilan 0% hingga 36 bulan untuk transaksi di mesin EDC yang menggunakan mata uang Yen. Dengan terus bertransaksi, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk terbang gratis ke Jepang dengan menggunakan mileage. Kartu ini juga memberikan perlindungan terhadap barang belanjaan Anda di luar negeri dengan nilai pertanggungan hingga Rp20 juta.

Maybank Kartu Kredit Visa Corporate

Jika Anda lebih sering menggunakan kartu kredit untuk keperluan perusahaan atau korporasi, maka Maybank Kartu Kredit Visa Corporate adalah pilihan yang paling pas. Anda bisa dengan mudah mengelola transaksi keuangan untuk kepentingan perusahaan dengan batas kredit yang fleksibel. Kartu Kredit ini juga memberikan kemudahan untuk mengatur dan memonitor pengeluaran Karyawan sebagai Pemegang Kartu.

Maybank Kartu Purchasing

Kartu kredit tidak hanya bermanfaat bagi individu pekerja saja, namun juga bagi para Retailer dan Distributor. Maybank Kartu Purchasing ditujukan untuk para Pedagang dan Pengusaha, baik sebagai Retailer maupun Distributor. Berbagai keuntungan seperti perpanjangan waktu pembayaran hingga 55 hari dan pengurangan biaya transaksi dan proses bisa Anda dapatkan lewat kartu ini.

Beragam produk Maybank Kartu Kredit memberikan Anda keleluasaan untuk memilih mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda. Semakin sering Anda menggunakan Maybank Kartu Kredit, semakin banyak pula keuntungan yang Anda terima dan nikmati. Cara pengajuan kartu kredit Maybank mudah dan cepat, syarat membuat kartu kredit juga tidak sulit, jadi segera ajukan dan nikmati berbagai keuntungannya!

Source:
https://www.finsy.co.id/7-alasan-pentingnya-memiliki-kartu-kredit-sendiri-di-zaman-modern/
https://www.cermati.com/artikel/kenapa-anda-wajib-memiliki-kartu-kredit-ini-dia-alasannya
https://economy.okezone.com/read/2018/01/26/320/1850568/8-keuntungan-kartu-kredit-jika-digunakan-dengan-tepat
https://money.kompas.com/read/2016/04/16/123000526/Ini.Jurus.Jitu.Maksimalkan.Penggunaan.Kartu.Kredit.Tanpa.Takut.Terbelit.Utang?page=all
https://djawanews.com/bisnis/berbagai-manfaat-kartu-kredit-bagi-masyarakat-modern/mafiakartukredit.com/2011/07/kegunaan-kartu-kredit-di-zaman-modern.html
http://cosmopolitan.co.id/article/read/7/2018/14326/yes-ini-manfaat-kartu-kredit-bagi-milenial-indonesia
https://www.cermati.com/artikel/tips-pintar-menggunakan-kartu-kredit-agar-kamu-makin-untung
https://money.kompas.com/read/2017/04/01/120000426/5.cara.memakai.kartu.kredit.agar.anda.makin.beruntung?page=all