Cara Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga bagi Wanita Karier

15 Oktober 2018

Di zaman serba modern ini, wanita terus dituntut aktif dalam urusan ekonomi. Misalnya, dalam hal pengelolaan finansial keluarga. 

Women One Solusi Menabung Untuk Wanita Karir

  1. Adanya cashback belanja di berbagai merchant untuk setiap transaksi dengan Maybank Kartu Debit.
  2. Suku bunga tambahan hingga 3 kali lipat dari bunga normal, dilihat dari selisih kenaikan saldo rata-rata bulanan Anda sebesar Rp 10 juta.
  3. Bebas tarik tunai dan transfer ke sesama rekening Maybank Indonesia di Maybank ATM Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.
  4. Bebas biaya dan kemudahan menggunakan kartu debit untuk transaksi merchant berlogo Mastercard di seluruh dunia.
  5. Bebas biaya transfer ke bank lain di Maybank ATM atau Maybank SMS+ Banking, jika saldo sebelum transaksi minimal Rp 10 juta.
  6. Bebas asuransi untuk diagnosa pertama khusus penyakit kanker wanita dan osteoporosis, serta risiko kecelakaan diri.
  7. Kemudahan transaksi perbankan, baik melalui cabang serta berbagai layanan online, seperti ATM Maybank, Maybank2u, Maybank2u App dan Maybank SMS+ Banking.

Buka Tabungan Sekarang Sekarang

Kondisi itu berbeda dengan zaman dahulu yang cenderung mengutamakan pria untuk memegang kendali penuh masalah keuangan, sedangkan wanita lebih berperan dalam mengurus rumah tangga. Berkaca dari perubahan tren tersebut, pilihan menjadi wanita karier patut untuk dipertimbangkan. Berbagai manfaat bisa Anda peroleh dengan menjadi wanita karier. Sebagai contoh,  Anda bisa lebih mandiri dan tak perlu ragu untuk  membelanjakan uang pribadi.Tak hanya itu, uang tersebut bisa pula menjadi tambahan apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga. Sebagai contoh, jika terjadi kecelakaan pada salah satu anggota keluarga.

Agar lebih bijaksana, mari simak cara cerdas mengatur keuangan keluarga bagi wanita karier berikut ini.

1. Membuat daftar rencana pengeluaran keluarga dan pribadi

Perencanaan merupakan hal krusial sebelum memulai suatu hal. Itu pula yang harus dilakukan dalam sektor keuangan.

Cobalah catat pengeluaran yang wajib dibayarkan selama sebulan, seperti tagihan listrik, telepon, iuran bulanan, dan lain sebagainya. Catat juga daftar hutang yang sudah hampir jatuh tempo.

Pencatatan bertujuan untuk menghindari keterlambatan pembayaran sehingga tidak menghadirkan pengeluaran tak terduga yang lebih memberatkan lagi.

Gunakan uang pribadi Anda apabila uang dari suami tidak memenuhi. Akan tetapi, Anda harus ingat pula untuk tetap menyisakan sebagian uang keluarga dan pribadi untuk ditabung.

2. Menyiapkan dana investasi

Investasi bisa diibaratkan seperti menanam pohon agar bisa dipetik kemudian hari. Karena itulah, investasi menjadi penting dilakukan dalam hal keuangan, terutama bagi Anda yang sangat mudah membelanjakan uang tanpa pikir panjang.

Investasi dapat membantu Anda mempersiapkan masa depan keluarga dengan baik. Sebagai contoh, Anda bisa menyiapkan dana ketika anak mulai bersekolah.

Anda juga dapat memiliki modal untuk berwirausaha apabila telah pensiun atau mengundurkan diri dari dunia karier yang telah dijalani.

3. Mengantisipasi dana tidak terduga

Pada dasarnya, setiap orang ingin agar segala urusan berjalan lancar termasuk dalam mengelola keuangan keluarga.

Perencanaan keuangan yang matang sekali pun bisa berakhir berantakan apabila Anda tidak menyiapkan pos anggaran tidak terduga. Dana tidak terduga tersebut lazimnya sering terpakai untuk mengantisipasi kebutuhan biaya pengobatan dan rumah sakit serta kerusakan kendaraan maupun barang lain.

4. Memisahkan tabungan keluarga dan pribadi

Salah satu keuntungan menjadi wanita karier adalah Anda bisa menjadi mandiri. Anda akan memperoleh kebebasan untuk menggunakan penghasilan yang didapat sebagai pemenuhan kebutuhan pribadi atau keluarga. Agar keduanya seimbang, sebaiknya Anda memisahkan tabungan antara keluarga dan pribadi. Hal tersebut bertujuan memudahkan Anda mengeluarkan uang tanpa mengganggu rencana keuangan keluarga. Sebagai rekomendasi, cobalah menggunakan Maybank Tabungan Woman One yang memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah wanita.

Dengan menjadi nasabah Maybank Tabungan Woman One, Anda bisa menikmati cashback belanja di berbagai merchant untuk setiap transaksi dengan Maybank Kartu Debit. Tidak hanya itu, Anda berhak mendapat suku bunga tambahan hingga 3 kali lipat dari bunga normal, dilihat dari selisih kenaikan saldo rata-rata bulanan Anda sebesar Rp 10 juta. Masih banyak pula keuntungan lainnya dengan memiliki Maybank Tabungan Woman One.

Begitulah sejumlah cara cerdas yang dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan keluarga. Sudah siapkah Anda menjadi wanita karier yang baik?