02 Mei 2024

 

Kembangkan Ekosistem Halal, UUS Maybank Indonesia Gandeng PP Muhammadiyah sebagai Mitra Strategis


Yogyakarta
, 2 Mei 2024 –PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (“Maybank Indonesia” atau “Bank”), melalui Unit Usaha Syariah (UUS) menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan salah satu organisasi dakwah Islam terbesar di Indonesia, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, hari ini, di Yogyakarta.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Unit Usaha Syariah* Maybank Indonesia Romy Buchari dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Acara ini juga turut dihadiri oleh Komisaris Independen Maybank Indonesia Achjar Iljas, Head Syariah CFS Dandy Suprandono, serta jajaran anggota PP Muhammadiyah.

Melalui kerja sama ini, UUS Maybank Indonesia akan memberikan solusi finansial berbasis Syariah untuk PP Muhammadiyah beserta ekosistemnya. Solusi finansial tersebut berupa pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh PP Muhammadiyah untuk kebutuhan anggotanya secara bertahap. Hal ini meliputi, penyediaan fasilitas layanan perbankan Syariah mulai dari solusi pembiayaan, transaksi, hingga literasi keuangan dan di bidang pendidikan.

Merujuk pada tema Roadmap Pengembangan dan Penguatan Perbankan Syariah Indonesia 2023-2027, yaitu “Perbankan Syariah yang Tangguh, untuk Masyarakat yang Sejahtera", industri perbankan syariah memiliki peran strategis dalam membantu memberikan solusi untuk membangun masyarakat Indonesia yang semakin sejahtera. Selain itu perbankan Syariah juga terus berinovasi dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat melalui solusi-solusi keuangan yang unik. “Sebagai salah satu organisasi dakwah Islam terbesar yang ada di Indonesia dan berdiri sejak 1912, PP Muhammadiyah merupakan mitra strategis yang tepat untuk mencapai tujuan pengembangan perbankan Syariah Indonesia yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” tutur Direktur Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia Romy Buchari.

Romy melanjutkan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen Maybank Indonesia dalam mendukung pengembangan industri keuangan Syariah nasional dan ekosistem halal di Indonesia, sejalan dengan inisiatif dan strategi Grup Maybank, M25+, yaitu membangun kepemimpinan dalam perbankan Syariah di tingkat global. “Keberadaan kami tidak hanya sebatas membuka peluang bisnis baru dan aksi sosial semata, tetapi dengan kemitraan ini, menjadi jalur bagi UUS Maybank Indonesia untuk semakin aktif berpartisipasi dalam ekosistem Syariah di Indonesia dan memperluas jangkauan layanan berbasis Syariah yang UUS Maybank Indonesia miliki,” tutup Romy.

******
*Akan berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Catatan untuk Editor

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.

Per Maret 2024, Maybank Indonesia memiliki 327 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 KCP Mobile dan 734 ATM (termasuk 26 Cash Recycle Machines/CRM) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp117,22 triliun dan memiliki total aset senilai Rp177,65 triliun pada Maret 2024.


Untuk informasi lebih lanjut:

Dimas Tjahjono Dradjat
Head, Communications
Email: ccommunications@maybank.co.id  
Telp: +6221 2922-8888