Home / Solutions / Reksa Dana

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat, untuk selanjutnya diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam Portofolio Efek. Keuntungan yang diperoleh berupa kenaikan nilai investasi seiring dengan berjalannya waktu periode investasi.

 

Manfaat Reksa Dana

Manajer Investasi bertanggung jawab dalam pengelolaan investasi termasuk diantaranya melakukan analisa makro dan mikro, memilih emiten yang tepat, menentukan alokasi aset, menentukan alokasi sektor, melakukan transaksi dengan pialang, dan melakukan pengawasan terhadap kinerja portofolio serta melakukan penyesuaian.

 

Diversifikasi Investasi

Salah satu faktor penting dalam berinvestasi adalah diversifikasi aset. Hal ini adalah melakukan investasi pada berbagai macam instrumen efek untuk mengurangi risiko (don’t put your egg in one basket).

 

Likuiditas Tinggi

Reksa Dana dapat dibeli dan dicairkan (dijual kembali) setiap hari di cabang Maybank sesuai cut-off time yang berlaku. Kinerja dan nilai aktiva bersih Reksa Dana dipublikasikan setiap hari melalui berbagai macam media seperti surat kabar, website, majalah dan sebagainya. Manajer Investasi juga menyediakan laporan kinerja Reksa Dana secara berkala melalui Fact Sheet bulanan dan prospektus.  Nasabah secara rutin memperoleh Laporan Bulanan atas perkembangan Reksa Dana yang dimiliki, dan juga bukti kepemilikan atas Reksa Dana-nya (Confirmation Notice) pada setiap transaksi yang dilakukan.

 

Manajer Investasi yg Bekerjasama dengan Maybank:

  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT Danareksa Investment Management
  • PT Mandiri Manajemen Investasi
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT RHB Asset Management Indonesia  
  • PT Schroder Investment Management Indonesia
  • PT Maybank Asset Management

 

Catatan: Produk ini mengandung risiko, namun tidak terbatas pada risiko yang melekat seperti risiko pasar, risiko likuiditas, risiko kredit, risiko operasional, risiko ekonomi & politik dan risiko lainnya.