Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Halaman depan > Business Banking > Fasilitas Pembiayaan
Business Banking

Fasilitas Pembiayaan

Perekonomian Indonesia tidak terlepas dari kontribusi sektor riil dan UMKM, terlihat dari 99,9% dari total unit usaha Indonesia adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang telah memberikan kontribusi sebesar 57,9% terhadap PDB.

Kondisi ini menjadi pendorong utama terciptanya peluang yang semakin besar bagi pertumbuhan serta perkembangan UMKM. Maybank memandang, peluang UMKM untuk bertumbuh secara holistik masih besar. Mencermati peluang tersebut, Maybank dengan berpedoman pada filosofi asah, asih, asuh, telah meningkatkan pangsa pasar UMKM melalui pemberdayaan UMKM berbasis komunitas dengan memanfaatkan ekosistem yang terangkum di dalamnya.

Fasilitas pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh Debitur UKM & Komersial adalah:

  1. Kredit Modal Kerja
    Fasilitas pembiayaan yang dipergunakan untuk keperluan modal kerja berdasarkan siklus usaha debitur, biasanya batas waktu pinjaman, berjangka waktu pendek (tidak lebih dari 1 tahun). Yang termasuk kredit modal kerja:
    • Pinjaman Rekening Koran (PRK)
    • Pinjaman Promes Berulang (PPB)
    • Trust Receipt (T/R)
    • Fasilitas Negosiasi / Diskonto
  2. Kredit Investasi
    Fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk membiayai proyek investasi, perluasan usaha dan lain lain. Biasanya jangka waktu pinjaman bersifat jangka panjang. (lebih dari 1 tahun)
  3. Fasilitas Ekspor-Impor (L/C) dan Bank Garansi
    1. Letter of Credit (L/C)
      L/C adalah suatu surat perintah pembayaran yang dikeluarkan oleh bank atas nama nasabahnya (account party/import) untuk pembayaran kepada pihak ketiga (beneficiary/eksportir)
    2. Bank Garansi (BG)
      Fasilitas yang diberikan untuk menjamin/memenuhi suatu kewajiban pihak yang dijamin apabila pihak yang dijamin tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya (wanprestasi).
  4. Fasilitas Foreign Exchange Line (FX Line)
    Foreign Exchange Line (FX Line) merupakan jenis fasilitas yang diberikan kepada nasabah dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah terhadap suatu valuta asing (transaksi foreign exchange) seperti transaksi spot, forward, maupun swap contracts.​

Dengan semangat untuk bertumbuh bersama komunitas dan sebagai bentuk dukungan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, Maybank Business Banking memberikan layanan menyeluruh pada berbagai industri yang memiliki potensi untuk bertumbuh. Industri yang termasuk dalam kategori ini adalah : perdagangan, jasa keuangan, manufaktur, makanan dan minuman, produk kimia, logam dan peralatan, konstruksi, hotel dan restoran, telekomunikasi dan pertanian

Maybank Business Banking, menyediakan rangkaian program pengembangan usaha yang terintegrasi mulai dari tingkat dasar, hingga ke level yang lebih tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha, untuk keperluan investasi, modal kerja dan serbaguna. ..

Quick Access
» Fasilitas Pembiayaan
»  Persyaratan Pembiayaan
»  Program Pembiayaan
 
Tools
»   Kalkulator
»   Apply