Skip Ribbon Commands
Skip to main content

Dewan Pengawas Syariah
Dewan Pengawas Syariah
 


 
Dr. M. Anwar Ibrahim, MA.
 
Warga Negara Indonesia, 73 tahun.
Ketua DPS Maybank Indonesia UUS sejak 20 Mei 2003 dan diangkat kembali melalui RUPST dan RUPSLB Maybank Indonesia tanggal 19 April 2012.
 
Pengalaman
Aktif di Majelis Ulama Indonesia sebagai Wakil Ketua Komisi Fatwa sejak 2000 hingga sekarang, pengawas di beberapa UUS di Indonesia dan anggota Majelis Penasihat Ahli Syariah di Bank Negara Malaysia (BNM). Memiliki berbagai pengalaman mengajar dalam karirnya (1964–2013) dan saat ini mengajar pada Institut Ilmu Al Quran, Jakarta untuk bidang Studi Islam, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Trisakti.
 
Kualifikasi
Sarjana dalam Studi Islam dan Syariah dari Institut Agama Islam Raden Fatah, Palembang (1964), Master of Arts (1966–1969) dan Philosophy of Doctor dalam bidang Fiqh dan Ushululfiqh Perbandingan dari Al-Azhar University, Cairo (1974–1978).
 
 


 
Dr. Abdul Jabar Majid, MA.
 
Warga Negara Indonesia, 62 tahun.
Anggota DPS Maybank Indonesia UUS sejak 20 Mei 2003 dan diangkat kembali melalui RUPST dan RUPSLB Maybank Indonesia tanggal 19 April 2012.
 
Pengalaman
Karirnya dipenuhi dengan kegiatan mengajar dan pada saat ini mengajar pada Sekolah Tinggi Agama Islam Attaqwa dan Pasca Sarjana Universitas Islam 45, Bekasi.
 
Kualifikasi
Memiliki beberapa gelar kesarjanaan dalam Studi Islam, yaitu Tarbiyah Pendidikan Agama Islam dari Institut Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim, Riau (1975), Sarjana Ushuluddin Dakwah dari Al-Azhar University, Cairo (1979), S2 Pendidikan Islam dari Institute of Islamic Studies, Cairo (1991) dan S3 Kajian Islam dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta (2007).
 


Dr. Oni Sahroni, MA
 
Warga Negara Indonesia.
Anggota DPS Bank Maybank Indonesia diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham Bank Maybank Indonesia tangga 31 Maret 2017.
 
Pengalaman
Dr. Oni Sahroni menjabat sebagai Tenaga Ahli Syariah pada International Shariah Research Academy for Islamic Finance di Kuala Lumpur, DPS PT BNP Paribas Investment Partners, PT Adira Dinamika Multifinance dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, serta menjadi pengajar pada beberapa Universitas. Beliau juga merupakan anggota Dewan Syariah Nasional dan Direktur Lembaga Penelitian dan Riset di Syariah Economic and Banking Institute (SEBI).
 
Kualifikasi
Beliau memperoleh gelar Sarjana Syariah Islamiah dan Master Fiqh Muqaran dari Universitas Al Azhar di Kairo pada tahun 2000 dan 2005. Beliau melanjutkan pendidikan di Universitas yang sama yang memperoleh gelar Doktor Fiqh Muqaran (Islamic Law Comparative Study) pada tahun 2009 dengan predikat Summa Cum Laude. Dr Oni Sahroni adalah akademisi Indonesia yang pertama memperoleh gelar Doktor di bidang Fiqh Muqaran.